Yuk Kenalan Sama Danau Kelimutu-nya Jogja, Telaga Biru Semin

Ngadem.com – Bila kamu sedang mencari destinasi wisata di Jogja yang cocok untuk bersantai sekaligus main air, cobalah datang ke Telaga Biru Semin di Gunungkidul. Tempat wisata yang belum satu tahun umurnya ini menawarkan sensasi yang tak kalah dengan tempat wisata lainnya di Jogja. Terletak di Dusun Ngemplak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Telaga yang dijuluki Blue Lake ini semakin memperkaya pilihan destinasi wisata di Jogja, khususnya Gunungkidul.

Awalnya, Telaga Biru Semin adalah area bekas pertambangan yang lambat laun tergerus air hujan dan membentuk danau. Sumber airnya sendiri dari air hujan, dan mengapa warna airnya bisa sebiru itu masih misteri sampai sekarang. Menarikanya, ada 4 kolam yang persis seperti Danau Kelimutu. Jadi, ya bisalah disebut Danau Kelimutu-nya Jogja. Debit dan warna airnya pun tergantung dari curah hujan yang turun. Kadang berwarna biru, kadang berwarna hijau.

Kedalaman dari tiap danau sendiri bervariasi, antara 5 sampai 8 meter. Tenang saja, kalau kamu mau nyebur tinggal bilang pada penjaga di sekitaran telaga, nanti kamu akan dipinjami pelampung.

Blue Lake Semin gunungkidul foto dari @hauptmann_artwork

Rute Jalan Telaga Semin

Untuk rute jalannya cukup mudah, bila kamu berangkat dari Jogja bisa langsung ke Jalan Solo, kemudian saat sampai di Prambanan dan Klaten belokkan kendaraanmu ke arah Cawas. Nanti kamu akan menemui pertigaan, belok kiri dan ambil arah Sukoharjo. Saat sampai di tugu perbatasan Sukoharjo dan Gunungkidul ada jalan cor blok, ikuti saja jalan tersebut. 2 KM berikutnya kamu sudah tiba di Telaga Biru Semin. Kalau bingung, kamu bisa menggunakan Google Map dengan koordinat 7° 48′ 56.81″ S 110° 45′ 50.08″ E

Tiket Masuk Telaga Biru Semin

Untuk tiket masuknya kamu hanya membayar parkir sebesar Rp 2.000/motor. Kalau kamu mau meminjam pelampung tinggal tambah Rp. 10.000/pelampung. Cukup murah bukan? Oh ya, sekedar saran, bila kamu tak bisa berenang sebaiknya jangan nyebur. Kamu bisa duduk-duduk santai sambil menikmati panorama alam Gunungkidul atau foto-foto.


Baca Juga:

Jalan-jalan Sore: Green Village Gedangsari, Gunungkidul

Guys, Udah Tahu Kalo Ternyata Mall Terbesar di Jawa Tengah Ada di Gunungkidul?

Meluruhkan Penat di Pantai Ngitun, Gunungkidul

6 Pantai Baru Untuk Camping di Gunungkidul

Ngadem di Bukit Kosakora dan Pantai Drini, Gunungkidul

7 Tempat Wisata yang Lagi Nge-Hits di Jogja


Telaga Biru Semin memang belum setenar dan semegah Danau Kelimutu, tapi pesona dan biaya yang harus dikeluarkan sungguh bisa diadu. Ditambah, tempat wisata ini masih terbilang baru di Jogja, dan belum terlalu ramai dikunjungi. Kamu bisa leluasa menikmati keindahan Telaga Biru Semin yang sungguh memesona.

Jadi siapa orang yang ingin kamu ajak ke sini?

(Foto featured [email protected]_artwork)

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut
Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable
Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja