Tempat Ngadem Hits di Purbalingga: Rumah Pohon Igir Wringin

Ngadem.com – Mendoan. Siapa yang tak suka dengan cemilan tradisional satu ini. Cemilan yang berbahan dasar tempe dan tepung ini menjadi sajian pendamping yang lezat nan menggiurkan. Mendoan biasa disajikan bersama hidangan lainnya seperti nasi, bakso, mie ayam, soto, sop, bahkan sate. Mendoan semacam gorengan yang digoreng setengah matang. Nah, di Indonesia tempat yang terkenal dengan mendoannya adalah Purbalingga. Buat kamu yang penasaran dengan cita rasa mendoan, kamu bisa berkunjung ke kawasan Pantura, khususnya Purbalingga.

Purbalingga merupakan salah Kabupaten di Jawa Tengah. Di mana di bagian utara berbatasan dengan Pemalang, di bagian timur dan selatan berbatasan dengan Banjarnega, dan di bagian barat berbatasan dengan Banyumas.

Selain terkenal dengan mendoan, Purbalingga juga memiliki banyak tempat wisata yang memesona, dua di antaranya adalah Wisata Air Owabong dan Pendakian Gunung Slamet via pos Bambangan. Namun, jangan kira cuma itu saja yang ada di Purbalingga. Ada sebuah spot wisata yang terbilang masih baru di Purbalingga. Keberadaannya pun mulai terekspos media sejak akhir 2015 lalu. Spot yang satu ini cocok banget buat kamu yang memang suka treking, namanya Rumah Pohon Igir Wringin.

igir wringin foto dari @agusz_bramasta

Rumah Pohon Igir Wringin berada di Dsa. Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Desa Panusupan memang terkenal sebagai Desa Wisata. Adanya Rumah Pohon Igir Wringin diharapkan mampu memajukan sektor wisata di Purbalingga.


Baca Juga:

7 Tempat Wisata Hits di Purbalingga ini Bakal Buatmu Candu

8 Tempat Wisata Tersembunyi di Banjarnegara yang Akan Buatmu Enggan Pulang

12 Curug Cantik yang Tak Boleh Kamu Abaikan Saat Singgah di Banyumas


Rumah Pohon Igir Wringin menyuguhkan pesona luar biasa. Sesampainya di puncak kamu akan menyaksikan landscape kota Purbalingga yang dilatarbelakangi oleh kemegahan gunung Slamet. Memang, untuk bisa sampai puncak kamu akan dibawa melalui trek yang terbilang ekstrim. Namun percayalah, sesampainya di puncak, lelahmu pasti terbayarkan dengan suguhan pemandangan yang luar biasa indahnya.

Tiket dan akses Rumah Pohon Igir Wringin

Untuk bisa menikmati pemandangan di Rumah Pohon Igir Wringin, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang dan Rp 2.000 untuk biaya parkirnya. Masih cukup terjangkau bukan? Akses menuju lokasi Rumah Pohon Igir Wringin cukup baik. Di beberapa titik pun sudah terpampang papan penunjuk arah menuju Rumah Pohon Igir Wringin. Kamu akan dibawa melewati jalanan yang berliku. Biar perut tak terasa mual sebaiknya minum obat anti mabuk sebelum berangkat. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan meneduhkan khas pedesaan.

Oh iya, sebelum berangkat menuju lokasi, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan. Apa saja? Simak nih tipsnya.

[list icon=”fa-check”]

  • Karena untuk sampai lokasi kamu akan melewati perjalanan panjang, ada baiknya cek terlebih dahulu kondisi kendaraanmu. Pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima dan full bensin. Sangat tidak lucu kalau tiba-tiba kendaraanmu mogok di jalan karena kehabisan bensin.
  • Karena kamu akan melewati perjalanan yang panjang, pastikan juga tubuhmu dalam keadaan sehat, karena tidak lucu juga jika kamu berhenti di tengah jalan karena kondisi badan yang tidak sehat. Hal tersebut bukan hanya menyulitkan dirimu sendiri, tapi juga menyulitkan orang lain. Jadilah orang yang tidak merepotkan orang lain.
  • Karena untuk mancapai puncak Rumah Pohon Igir Wringin memakan waktu sekitar 1,5 jam, pastikan kamu membawa bekal yang cukup seperti minuman dan cemilan. Buat kamu yang suka trekking, tempat ini bisa menjadi pilihan.
  • Ini juga penting, karena kamu akan treking, jadi usahakanlah menggunakan alas kaki yang memang dikhususkan untuk treking. Hal tersebut dilakukan tentu untuk keamanan. Karena pulang dengan selamat itu lebih diutamakan.
  • Tips yang satu ini juga nggak kalah penting. Sangat dianjurkan banget buat para pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarang. Sangat dianjurkan benget buat para pengunjung menjaga kelestarian dan kebersihan alam sekitar.
  • Karena Purbalingga terkenal dengan mendoan, jangan lupa pulangnya beli mendoan untuk dicemil saat perjalanan pulang.

[/list]

Nah, itu salah satu tempat wisata hits di Purbalingga dan hal yang harus kalian perhatikan. Buat siapa saja yang udah sering banget treking dan hiking, pasti udah hafal banget dengan tips-tips di atas. Jika ada yang ingin menambahkan, monggo tambahkan di kolom komentar. Semoga infromasi ini bermanfaat.  Selamat jalan-jalan.

(Foto featured dari @agusz_brama)

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com – Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.