9 Tempat Wisata Baru di Sukabumi yang Nggak Kalah Sama Bandung

Ngadem.com – Bagi beberapa orang yang tinggal di luar Jawa Barat dan ingin berwisata ke Jawa Barat, pasti destinasi wisata yang akan mereka tuju adalah Bandung. Ya, sudah terlalu mainstream bahwa tempat wisata yang kaya pilihan di Jawa Barat adalah Bandung. Tapi tunggu dulu, di Jawa Barat juga ada Sukabumi. Kota yang beberapa waktu belakangan kian dilirik para pelancong ini, menyimpan destinasi wisata keren yang akan membuatmu kian percaya bahwa Indonesia itu sungguh mengagumkan.

Dari beberapa sumber, Ngadem.com merangkum 9 wisata baru di Sukabumi yang kini tengah hits dan bisa kamu jadikan alternatif tujuan wisata saat ke Jawa Barat.

1. Bermain air di bawah megahnya Curug Cirajeg

Foto by @bolangdekil
Foto by @bolangdekil

Curug yang secara administratif berada di Dusun Cirajeg, Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Sukabumi ini dinamai oleh Komunitas Backpacker Sukabumi pada November 2014 silam. Curug Cirajeg terbilang asing bagi wisatawan luar Jawa Barat, bahkan Sukabumi sendiri. Letaknya yang berada di tengah-tengah sawah membuat Curug Cirajeg terbilang unik dan mengesankan. Untuk mencapainya, kamu akan membutuhkan waktu tempuh selama 2 jam dari Kota Sukabumi. Yang harus kamu perhatikan adalah: cek kondisi fisikmu sebelum ke tempat ini. Letaknya yang cukup tersembunyi bisa menguras tenagamu untuk melalui jalan-jalan setapak yang membingungkan. Tapi tenang saja, sepanjang perjalanan ke tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan alam khas Jawa Barat yang sungguh puitis.

2. Ngadem asik di Situ Gunung

Foto by @ekaputragal
Foto by @ekaputragal

Situ Gunung berada di Kecamatan Kadudampit, Sukabumi. Masih jadi satu bagian dengan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Yang menarik dari tempat ini adalah adanya sebuah danau bening yang di sisi-sisinya bisa kamu jadikan tempat asik untuk ngadem. Saat sampai lokasi kamu akan disambut dengan kicau burung dan harum pohon pinus yang sungguh mendamaikan. Letaknya yang berada di ketinggian 1000 mdpl, membuat Situ Gunung jadi pilihan tepat untuk melakukan kegiatan alam seperti kemah atau bersantai. Oh ya, ada juga sampan yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi danau.

3. Melihat Sukabumi dari Bukit Karang Numpang

Foto by @asep_saprudin
Foto by @asep_saprudin

Berada di Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi. Bukit yang beberapa waktu belakangan tengah trend di media sosial ini, terbilang baru bagi para wisatawan. Kian hari, kian banyak pendaki yang mengujungi Bukit Karang Numpang. Lokasinya sungguh asik untuk memandang indahnya Kota Sukabumi dari jauh. Kamu akan melihat barisan rumah dan lahan persawahan yang tampak seperti miniatur. Oh ya, bila kamu ingin berkunjung ke sini, jangan nyampah ya… soalnya, banyak penduduk sekitar yang merasa terganggu dengan sampah-sampah di sekitaran Bukit Karang Numpang.

 4. Melihat uniknya Danau Cikembar

Foto by @di.augustian
Foto by @di.augustian

Danau yang biasa disebut Danau Bacan ini terletak di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi. Awalnya, destinasi wisata ini adalah areal eks pertambangan batu, yang kemudian berubah menjadi sebuah danau unik berwarna hijau kehitaman seperti jenis batu akik. Saat kemarau, air yang keluar dari danau sering dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari. Karena terbilang wisata baru di Sukabumi, kian hari, Danau Cikembar banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Nah, buat kamu yang suka dengan wisata alam, Danau Cikembar bisa jadi destinasi selanjutnya, nih!

5. Menikmati luasnya bebukitan Sukabumi di Curug Sodong

Foto by @tjapnonaayong
Foto by @tjapnonaayong

Curug Sodong atau Curug Penganten ini terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Aksesnya terbilang baik dengan jalan yang sudah beraspal. Saat mengunjungi tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan sawah yang masih sangat asri. Karena airnya yang bersih, Curug Sondong sering dijadikan lokasi untuk melakukan aktivitas kemah. Oh ya, ketika mandi di sini harap berhati-hati ya, karena kontur tanah di bawah grujugan airnya tak stabil.

6. Bersantai sambil menikmati hamparan lautan di Puncak Darma

Foto by @drondondon
Foto by @drondondon

Puncak Darma terletak di Desa Girimukti, Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Memiliki ketinggian 230 mdpl. Untuk mencapainya kamu akan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam-an. Yang menarik dari tempat ini adalah; di seperempat awal perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan desa-desa dan pohon-pohon yang rindang. Ada juga perkebunan lengkuas, kunyit, jahe dan cengkeh. Percayalah, rasa bosan tidak akan kamu rasakan saat mengunjungi Puncak Darma.

7. Di Curug Cimarinjung, kamu akan serasa berada di latar film Flintstones

Foto by @d3d1s
Foto by @d3d1s

Curug yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter ini berada tidak jauh dari pantai Cimarinjung di teluk Ciletuh. Berada di Desa Ciemas, beberapa kilometer dari pesisir Pantai Palangpang. Ketika masuk ke kawasan Desa Ciemas, Curug Cimarinjung sudah bisa kamu lihat. Suasana pedesaan dan ladang persawahan yang alami akan segera menyambutmu di sepanjang perjalanan. Untuk mencapai titik lokasi kamu harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak selama 30 menit. Nah, inilah yang menarik, pemandangan Teluk Ciletuh dan Samudra Hindia bisa kamu lihat dengan mata telanjang.

8. Pesona Sukabumi dari atas Curug Cigangsa

Foto by @balnyes
Foto by @balnyes

Curug Cigangsa lebih akrab disapa Curug Luhur oleh warga sekitar. Curug ini memiliki tiga tingkat dan terbentuk akibat gempa yang mengakibatkan longsor. Memiliki debit air yang kecil, karena di bagian hulunya dibendung untuk irigasi. Yang menarik dari tempat ini adalah kamu bisa melihat dinding batunya yang berwarna kehitaman dan sebuah batu bernama Batu Masigit, atau Batu Masjid. Di sini kamu bisa menikmati keindahan curug dari dua arah, yakni dari atas dan dari bawah.

9. Meski sudah terlalu mainstram, Curug Cikaso akan selalu bisa menghipnotismu

Foto by @effendidani
Foto by @effendidani

Curug Cikaso terletak di selatan Kabupaten Sukabumi. Untuk mencapainya, kamu akan memakan waktu tempuh sekitar 3 jam-an dari Kota Sukabumi. Curug ini memang sudah sejak lama dikenal para pelancong dari berbagai daerah. Oh ya, letak Curug Cikaso juga tak terlalu jauh dari Wisata pantai Ujung Genteng dimana kamu bisa melihat penangkaran penyu. Jadi kamu bisa dapet 2 tempat wisata deh.

Nah, gimana? Tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata baru Sukabumi di atas? Atau ada yang kurang? Yuk, share :)

Komentar

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.