Sidoarjo Nggak Seserem yang Kamu Kira. Nih, Masih Ada 9 Tempat Wisata dan Spot Foto Kecenya

Ngadem.com – Siapa yang menyangka di balik kepiluan bencana besar yang menenggelamkan separuh wilayah Kabupaten Sidoarjo itu tersembunyi beberapa pesona wisata yang kece. Ya, sebagian wilayah Sidoarjo memang tenggelam lebih dari 10 tahun lamanya dalam pekat lumpur lapindo namun jangan salah, kehidupan masih berlangsung di kota ini.

Bahkan dibalik bencana mengerikan itu, Sidoarjo masih menyimpan pesona wisatanya yang bakal membuatmu ingin segera berkunjung kesana. Apa aja sih? Yuk cek lewat rangkuman Ngadem.com di bawah ini.

1. Menyaksikan Lumpur Lapindo dari Dekat

Lumpur Lapindo Foto Dari @katonsamudra14

Lautan lumpur panas di Dusun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo kini menjadi tempat wisata. Gak tahu deh ini kabar gembira atau kabar menyedihkan yang jelas genangan lumpur itu tidak henti-hentinya menarik pengunjung. Apalagi setelah seorang seniman membuat patung-patung dari lumpur panas ini, jumlah pengunjung kian meningkat. Kabar gembiranya, kamu bisa berwisata disini.

2. Belanja Tanaman di Puspa Agro

Puspa Agro Foto Dari @richardsawong

Puspo Agro merupakan pasar yang menjual barang-barang yang berkaitan dengan pertanian, perkebunana, perikanan, peternakan dan industri. Berlokasi di Jemundo Sidoarjo, Puspa Agro berdiri di atas lahan seluas 12 hektar. Konon Puspa Agro ini merupakan pasar tanaman terluas kedua di Asia Tenggara setelah Pasar serupa di Thailand.

Gak hanya menjual produk-produk sebagaimana yang udah disebutin sebelumnnya, di Puspa Agro kamu juga bisa menyicipi fasilitas Balai Lelang, PUJSERA, Rusun, Camping Ground, hingga Area Outbond. Saatnya memuaskan hobby bercocok tanammu neh.

3. Mancing dan Makan Ikan di Delta Fishing

Delta Fishing Foto Dari @venywe

Nah pemancingan kece ini adalah andalan bagi warga Sidoarjo yang hobby memancing. Terletak di Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, tempat ini gak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat weekend dan hari libur tiba. Gak hanya menyiapkan lokasi pemancingan, Delta Fishing juga punya fasilitas Outbound, Kolam Renang, Flying Fox, Sepeda Air, Warung Lesahan dan banyak permainan untuk anak-anak loh. Jadi, cocok banget untuk acara liburan plus kumpul-kumpul keluarga.

Harga tiket masuk Delta Fishing saat weekdays hanya Rp 10.000 dan menjadi Rp. 15.000 saat weekend atau hari libur. Jika kamu ingin berkunjung, Delta Fishing buka mulai jam 08:00-18:00. Buat kamu yang ingin memancing tapi gak punya alat pancing, gak usah galau, di Delta Fishing kamu bisa kok menyewa perlengkapan memancing.

4. Menyaksikan Peninggalan Kerajaan Majapahit di Candi Pari

Candi Pari Porong Foto Dari @shafyna_

Peninggalan Kerajaan Majapahit tersebar ke penjuru negeri. Nah salah satunya di Sidoarjo. Wujud peninggalan Kerajaan Majapahit di Sidoarjo terlihat dari keberadaan Candi Pari yang terletak di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong atau berada tidak jauh dari pusat semburan lumpur Lapindo.

Candi ini memiliki bentuk yang berbeda dengan peninggalan-peninggalan Kerajaan Majapahit di tempat lain karena bentuk candi yang menyerupai Candi Khamer di Birma dan Champa Thailand. Hem, jadi penasaran nih.

5. Menyusuri Pantai Hingga Hutan Bakau di Pantai Ketingan

Pantai Ketingan via iwantantomi.wordpress.com

Kepentingan atau Ketingan adalah pantai yang tersembunyi di Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Desa ini sangat jauh dari keriuhan kota. Bahkan bisa dikatakan cukup terisolasi. Tapi siapa yang menduga dibalik itu, Desa Sowahan menyimpan Pantai Ketingan.

Untuk mencapai Pantai Ketingan hanya bisa dicapai dengan perahu yang disewakan di Desa Sawohan, Kec. Buduran atau Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati. Kamu akan dimanjakan oleh pemandangan pantai yang masih sangat alami dan sepi pengunjung. Gak hanya pantai, kamu juga akan dimanjakan dengan hamparan Hutan Bakau dan kicau burung bangau. Gimana, kamu tertarik?

Gak hanya 5 wisata yang sudah dirangkum di atas, Sidoarjo juga punya spot foto kece loh. Intip aja yuk!

6. Foto-Foto di Porong Railway

Porong Railway Foto Dari @leorizzz

 

7. Kawasan Kajeksan Tulangan

Around Kajeksan Tulangan Foto Dari @aprilsusanto

 

8. Kawasan Lingkar Timur Sidoarjo

Around Lingkar Timur@lilianabudi

 

9. Kawasan Tambak Oso Sedati

Around Tambak Oso Sedati Foto Dari @zamyzamm

 

Gimana, wisata dan spot foto di Sidoarjo kece-kecekan? Ternyata Sidoarjo tuh gak seserem yang kamu pikirin kok. Yuk, ke Sidoarjo.

Komentar

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.