Asyikin Dirimu di 8 Tempat Wisata Asyik di Mojokerto Berikut

Ngadem.com – Mojokerto adalah salah satu kota Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota Mojokerto terletak kurang lebih 50 km barat daya Surabaya. Mojokerto memang kota mungil karena luas wilayahnya merupakan terkecil di Jawa Timur. Tapi jangan meremehkan kemungilannya. Mojokerto masuk sebagai salah satu wilayah metropolitan Surabaya.

Bukan berarti Mojokerto gak punya wisata alam yang kece yak. Kota yang terkenal dengan camilan onde-onde ini menyimpan banyak potensi wisata yang kece-kece loh. Yuk, intip pesona wisata di Mojokerto lewat rangkuman Ngadem.com di bawah ini.

1. Pantang Mati Sebelum Mendaki Gunung Penanggungan

Penanggungan Foto Dari @nithaoy

Gunung Penanggungan disebut-sebut sebagai miniatur dari Gunung Semeru. Hal itu karena puncak kedua gunung ini yang sama-sama berpasir dan bebatuan. Gunung Penanggungan atau yang dulu dikenal dengan nama Gunung Pawitra memiliki ketinggian 1.653 mdpl. Letak gunung ini beraada antara dua kabupaten di Jwa timur yaitu Kabupaten Mojokerto di sisi barat dan Kabupaten Pasuruan di sisi timurnya.

Jalur pendakian menuju Gunung Penanggungan ada empat jalur loh guys yaitu jalur pendakian Betro Desa Wonosunyo Kecamatan Gempol, Petirtaan Jalatunda di Desa Seliliman Kecamatan Trawas, LMDH Tamiajeng di Desa Tamiajeng Kecamatan Trawas, dan via Kecamatan Ngoro. Sedangkan untuk harga tiket masuk wisata Gunung Penanggungan sangat murah loh. Cuma Rp. 6.000 per orang dan bayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000 untuk sehari semalam per motornya.

2. Air Terjun Coban Canggu: Tempat yang Siap Membuatmu Adem Seharian

Coban Cangu Mojokerto Foto Dari @fitrianaby

Pacet adalah salah satu dari wilayah kecamatan di Kabupaten Mojokerto yang terkenal karena potensi wisatanya. Yang paling terkenal di Pacet tentu saja Pemandian Air Panas Pacet tapi kali ini kami akan membahas hal lain yang tersembunyi di Pacet. Namanya Air Terjun Coban Canggu. Air terjun ini berada tidak jauh dari lokasi wisata Pemandian Air Panas Pacet, tepatnya di daerah Padusan Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Kondisi jalan menuju Air Terjun Coban Canggu ini bisa dibilang cukup mudah loh guys. Kamu bisa mencapainya baik dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Setibanya di gapura pintu masuk lokasi wisata, kamu langsung belok kiri saja. Harga tiket masuk menuju lokasi air terjun cukup Rp. 7000 saja. Disini juga sudah disiapkan lahan parkir juga loh. Air Terjun Coban Canggu memiliki ketinggian sekitar 70-80 meter dengan batu cadas yang berdiri kokoh dibelakangnya. Air Terjun Coban Canggu ini berada di lereng utara Gunung Welirang pada ketinggian ± 800 meter di atas permukaan laut.

3. Melamun Cantik di Pinggir Waduk Tanjungan Yuk

Waduk Tanjungan Foto Dari @faridcahyod

Waduk Tanjungan berlokasi di Kemlagi, tepatnya di Desa Tanjungan, Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto. Lokasi waduk ini tidak jauh dari pusat Kecamatan Kemlagi.

Biaya masuk menuju Waduk Tanjungan terbilang cukup murah loh, cuma Rp. 5000 aja. Waduk Tanjungan yang dibangun pada masa Pemerintahan Orde Baru tepatnya pada tahun 1981. Waduk Tanjungan memiliki luas area sekitar 40 Ha yang terbagi menjadi 19 ha yang merupakan area waduk dan 21 ha sebagai daerah hutan jati.

Huuuh, bisa kamu bayangkan seberapa sejuknya daerah Waduk Tanjungan ini? Banyak warga sekitar menghabiskan waktu di sekitar waduk dengan memancing atau sekedar duduk santai menikmati kesejukan udara disekitar waduk. Waduk ini kian ciamik karena sudah dilengkapi fasilitas seperti toilet, tempat parkir dan pendopo untuk melepas lelah.

4. Karena Hutan Pinus Selalu Berhasil Bikin Foto Biasa Jadi Luar Biasa, So Kamu Wajib Ke Hutan Pinus Jubel

Hutan Pinus Pacet Mojokerto Foto Dari @rizqisulthon

Hutan Pinus Jubel ini berlokasi di sekitar Desa Kembang Belor Kecamatan Pacet Mojokerto. Desa ini lebih terkenal dengan nama Desa Jubel karena desa ini merupakan desa terakhir karena selanjutnya hanya ada sawah. Pedesaan ini terbilang cukup sejuk dan berada di dataran tinggi. Hal itu membuat di sekitar desa banyak ditumbuhi atau ditanami pohon pinus. Naaah saking banyaknya, malah jadi hutan pinus. Buat kamu yang ingin foto-foto dengan latar hutan pinus, mungkin kamu bisa coba datang langsung ke Hutan Pinus Jubel ini.

5. Dingin-Dinginan Sama Doi di Kawasan Wisata Sendi Yuk

Rest Area Sendi Cangar Foto Dari @alvinchabi

Kawasan Wisata Sendi berada di antara peretemuan lereng Gunung Welirang dan Anjasmoro. Udaranya dijamin sejuk abis. Sangat cocok untuk relaksasi setelah nyaris seminggu sibuk bekerja di kota yang sumpek dan macet.

Kawasan wisata Sendi berada di Desa Sendi, Kecamatan Pacet. Lokasi berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Pacet. Hal kece yang bisa kamu lakukan di kawasan wisata ini adalah bermain air terjun yang sejuk sepuasnya. Kawasan wisata Sendi sering digunakan sebagai rest area kendaraan yang akan menuju Malang atau pun Mojokerto.

Gak hanya puas main air, di kawasan ini kamu juga bisa memuaskan lapar dan dahagmu di warung-warung lesehan yang berjamur disitu. Gak hanya itu, disini juga sudah ada fasilitas musholla, toilet dan lahan parkir yang cukup luas loh.

6. Hiasi Foto Instagrammu dengan Gapura Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang Mojokerto Foto Dari @queen_azizah

Gapura Wringin Lawang tersusun dari bata merah dengan bentuk khas gapura Bali ini sering dikunjungi anak muda untuk sekedar berfoto ria. Gapura ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit abad ke-14 yang berlokasi di Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Nama Wringin Lawang merupakan nama yang menggunakan bahasa Jawa dengan arti Pintu Beringin. Gapura yang terbuat dari bata merah ini memiliki luas sekitar 13 x 11 meter dengan tinggi gapura yang mencapai 15,5 meter.

Pasti diantara kamu ada yang bertanya, gapura ini pintu masuk menuju kemana? NAh, guys banyak sejarawan berpendapat bahwa gapura ini adalah pintu masuk menuju ke kediaman Mahapatih Gajah Mada. Heeem, apapun fungsinya, gapura Wringin Lawang ini cukup kece kalau di foto.

7. Karena Candi Gak Pernah Bikin Kamu Gagal Hits, Yuk Ke Candi Brahu

Candi Brahu Trowulan Mojokerto Foto Dari @ganangaditama

Candi Brahu adalah salah satu candi yang berada di kawasan situs arkeologi Trowulan. Jadi, konon Trowulan merupakan wilayah bekas ibu kota Majapahit. Candi Brahu berlokasi di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Berjarak sekitar 2 km ke arah utara dari jalan raya Mojokerto-Jombang.

Candi Brahu tersusun dari batu bata merah dengan panjang sekitar 22,5 m, lebar 18 m, dan tinggi yang mencapai 20 meter. Bangunan candi ini kental dengan gaya dan kultur Budha. Candi  yang didirikan pada abad ke-15 Masehi ini bisa kamu datangi secara gratis loh guys.

8. Mau Foto Sama Patung Budha Tidur? Gak Usah Jauh-Jauh Ke Thailand atau Nepal

Budha Tidur Trowulan Foto Dari @amorrbruce

Patung Budha Tidur di Indonesia tuh ada tiga loh guys. Salah satunya ada di Mojokerto. Patung Budha Tidur yang ada di Mojokerto di bangun pada tahun 2001, konon merupakan Patung Budha Tidur terbesar ketiga di Asia. Patung ini memiliki panjang sekitar 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi sekitar 4, 5 meter.  Woooow.

Patung ini berada di lokasi Maha Vihara Mojopahit, Trowulan, Mojokerto. Untuk melihat atau sekedar berfoto dengan Patung Budha Tidur berwarna emas ini kamu gak perlu merogoh kocek sepeserpun guys. Yang penting menjaga ketetangan saja karena patung berada di komplek tempat ibadah.

8 wisata kece di Mojokerto udah Ngadem.com rangkum buat kamu. Udah lengkapakan? Masih kurang ding. Kurang kamu yang langsung kesana.

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.