Kekecean Kota Khatulistiwa yang Buatmu Bersyukur Jadi Orang Indonesia

Ngadem.com – Apa yang kamu ketahui dari Kota Pontianak? Ok, Kota yang dilalui garis khatulistiwa! Yup betul. Itu mah pelajaran SD dulu. Jadi kita sejak masih imut-imut juga udah pada tahu kalau Pontianak itu Kota Khatulistiwa. Gak hanya itu guys.

Pontianak ternyata punya banyak banget keunikan loh. Jadi, gak hanya dilalui garis Khatulistiwa, kota ini juga dilalui Sungai Kapuas loh. Itu loh sungai terpanjang di Indonesia. Heeeeem. Berarti Pontianak tuh kece banget ya. Emang! Apalagi kalau kamu intip pesona wisatanya berikut ini, pasti pujianmu buat Pontianak bakal nambah deh. Yuuuuuk.

1. Mulai dari Guling-Guling Sampai Kejar-Kejaran di Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang, sekitar 17 km dari Kota Singkawang Foto Dari @jelajahpontianak

Pantai ini memiliki pesona pasir putihnya yang akan membius siapa saja yang berkunjung. Pantai ini berada di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Ok, kenapa namanya Pantai Pasir Panjang ya? Nama itu diberikan bukan tanpa alasan ya guys. Ya nama tersebut cocok banget karena katanya pantai ini membentang sejauh 3 km gitu. Jadi, kamu bisa main guling-gulingan atau kejar-kejaran sepuasnya.

Pantai dengan ombak yang tenang ini pastinya sangat cocok untuk berenang juga loh. Aksesnya yang mudah dari pusat kota Singkawang juga jadi alasan kenapa pantai ini selalu jadi tujuan utama warga Singkawang dan sekitarnya saat weekend tiba. Ok, perlu kamu ketahui guys, biaya masuk ke pantai ini murah banget. Cuma Rp. 5000 aja.

Gak hanya main pasir, berenang atau foto-foto. Di sekitar pantai ini kamu juga bisa melihat Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan, wooow. Karena kece aja gak cukup, pantai ini pun menyiapkan banyak banget fasilitas yang bisa bikin kamu kian betah berlama-lama di pantai ini yaitu penginapan, restoran, kafe, warung makan, pusat informasi pariwisata, persewaan perahu motor, arena bermain anak-anak, sepeda air, dan toko souvenir. Bahkan juga ada kolam renangnya loh. Duuuh, gak sabar lagi. Bawa adek bang! Bawa adek.

2. Masih Ke Pantai, Yuk Ke Pantai Tanjung Bajau

Pantai Tanjung Bajau foto dari @septiandyryan

Gak jauh dari Pantai Pasir Panjang, ada pantai yang gak kalah kece. Yup, Pantai Tanjung Bajau. Pemandangan saat senja atau pun terbit matahari adalah pesona yang tiada duanya. Pantai Tanjung Bajau masuk dalam kawasan Wisata Alam Tanjang Bajau yang menawarkan pesona liburan yang bertema pantai dan pegunungan. Heeem, kaya apa tuh?

Pantai Tanjung Bajau selalu menjadi destinasi favorit pengunjung saat liburan panjang loh karena sudah banyak fasilitas yang cocok banget buat acara liburan keluarga gitu. Jadi, sesekali gak ada salahnya ngajak keluargamu kesini deh guys.

Pantai Tanjung Bajau berada di Kota Singkawang atau hanya berjarak sekitar 18 km dari Pantai Pasir Panjang. Deketkan? Setelah puas main pasir di Pantai Pasir Panjang, gak ada salahnya mampir kesini apalagi tarif masuknya cuma Rp. 10.000. Murahkan?

3. Main Air di Taman Wisata Pancur Aji

Taman Wisata Panjur Aji foto dari @angah17

Wisata kece yang satu ini terletak kawasan perbukitan yang bersisian dengan teluk Sungai Kapuas. Nah yang kece dari Taman Wisata Pancur Aji adalah air terjunya. Dengan ketinggian sekitar 3-4 meter air terjun ini siap memanjakanmu.

Air terjun disini terkenal masih sangat jernih dan jernih soalnya airnya langsung datang dari wilayah pegunungan. Bahkan lokasi wisata ini masih menyatu banget sama alam loh. Jadi jangan heran kalau pas lagi asyik mandi, tiba-tiba ada  rusa atau orang-utan yang ikutan nyemplung (hehehehehe becanda guys). Yang jelas kawasan sekitar Wisata ancur Aji tuh memng masih natural banget. Jadi cocok deh untuk relaksasi.

Wisata Pancur Aji terletak di Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat atau berjarak sekitar 6 km dari kota Sanggau. Gak jauh kok bahkan kondisi jalan raya menuju pintu gerbang air terjun juga bisa kamu capai baik pakai kendaraan roda dua maupun empat.

Tapi, perlu kamu ketahui guys, untuk menuju lokasi air terjun, kamu harus sedikit berjuang yak. Kondisi jalan menuju air terjun cukup terjal dan berkelak-kelok gitu deh. Tapi dijamin setiap detik dari rasa letihmu akan tergantikan setibanya di air terjun ini. Apalagi fasilitas yang disiapkan sudah sangat memanjakanmu seperti udah ada kamar mandi, spot untuk duduk-duduk asyik, dan tentunya gazebo. Ulalalalalalala……

4. Lebih Dekat dengan Alam di Rumah Pelangi

Rumah Pelangi, Sui. Ambawang foto dari @ariejanuariee

Keberadaan Rumah Pelangi berangkat dari semangat konservasi lahan hutan gundul yan dilakukan oleh Pastor Samuel Oton Sidin yang khawatir karena banyak lahan gundu dan gersang di sekitar kawasan Trans Kalimantan.

Rumah Pelangi berada di Dusun Gunung Benuah, Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya dengan berjarak sekitar 60 km dari kota Pontianak. Oleh warga sekitar, Rumah Pelangi  juga dikenal dengan nama Bukit Tunggal.

Mulanya, Pastor Samuel hanya mendirikan sebuah pondok di wilayah yang terbakar pada tahun 1997. Lalu beberapa tahu kemudian, doi mulai menanami lahan sekitar 90 ha dengan berbagai tanaman lokal, buah-buahan, bunga, dan juga membuat sebuah bendungan kecil untuk mengaliri sawah yang juga berada tidak jauh dari lokasi Rumah Pelangi. Gak hanya tanaman, Rumah Pelangi juga punya koleksi landak yang populasinya terus menurun.

5. Kongkow Asyik Bareng Teman-Temanmu di Pelabuhan Seng Hie Yuk

Pelabuhan Seng Hie foto dari @rockerkecil

Kongkow di pelabuhan dijamin akan membuat tingkat kekecanmu meningkat deh guys. Why? Soalnya, terkadang pelabuhan bisa jadi ciamik saat di foto. Lumayanlah buat mamer-mamer foto kece di instagram. Yang jelas melewatkan sore di pelabuhan pasti akan mengesankan harimu karena kamu bisa saja menyaksikan keindahan senja guys.

Buat, kamu anak gaul Pontianak pasti udah gak asing sama Pelabuhan Seng Hei? Iya dong. Ok, buat kamu yang masih asing sama nama pelabuhan ini akan kami kasih tahu. Pelabuhan Seng Hie adalah tempat bongkar muat kapal-kapal barang atau pun penumpang yang terletak di Pontianak.

Jadi selain bisa menikmati senja, kamu juga bisa tuh foto-foto dengan background kapal-kapal mulai dari yang berukuran kecil sampai besar. Perlu kamu tahu guys,  pelabuhan ini adalah pelabuhan pertama dan tentunya menjadi pelabuhan tertua di Kota Pontianak. Sedangkan nama dari pelabuhan sendiri, diambil dari nama seorang saudagar keturunan Cina gitu. Kayanya kamu harus kongkow disini deh.

Ok guys, 5 tempat wisata udah Ngadem.com rangkum buat kamu. Tapi, kita punya bons tiga spot foto kece buat kamu yang sukanya cekrek-cekrek nih.

6. Abadikan Keunikan Jembatan Tol Kapuas dengan Tustelmu

Jembatan Tol Kapuas foto dari @adrahelaaw

Perhatikan baik-baik maka kamu akan temukan uniknya jembatan tol ini. Pastikan kamu pulang ke rumah dan membawa foto jembatan ini. Biar keluarga, teman-teman dan pacarmu lihat betapa ngerinya melintas di Jembatan Tol Kapus dengan motor.

7. Karena Foto Jembatan Gak Ada Matinya. Mari Cekrek-Cekrek di Jembatan Tayan

Jembatan Tayan foto dari @cresentiavsukardi

Karena diperkirakan foto di jembatan masih akan tetap tampak kece hingga akhir tahun ini, maka gak ada salahnya abadikan momenmu saat melintas di Jembatan Tayan ini.

8. Gay-Gaya di GOR Velodrome Tanpa Berdesak-Desakan dengan Suporter Bola

Velodrome GOR foto dari @vanessaadevaa

Moto-moto di GOR gak perlu pas nonton timnas tanding yak, kalau kamu kebetulan lagi di Pontianak mampir aja di Komplek Gedung Olah Raga (GOR) Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Pontianak, dijamin fotomu bakal apik.

Guys….

Guys….

Ok, selamat menempuh hidup baru, eh… maksudnya selamat berkunjung ke Pontianak. Ati-ati yak!

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.