Samarinda dan 5 Wisata Kecenya yang Harus Kamu Intip Biar Gak Gagal Eksis

Ngadem.com – Haaaaay guys. Beberapa hari kemarin Ngadem.com lagi fokus banget explore pesona wisata di Pulau Sumatera. Pokoknya semuanya sudah kita rangkum buat kamu-kamu yang mungkin lagi galau nentuin destinasi tujuanmu saat musim liburan panjang tiba. Ok, kali ini Ngadem.com akan bergeser ke Pulau Kalimantan neh guys. Nah, di tulisan kali, kami akan membahas tentang wisata di Samarinda.

Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Perlu kamu ketahui, kota ini dibelah Sungai Mahakam yang luas banget. Duh kece bangetkan? Kota dengan makanan khas Bubur Pedas ini gak hanya kece karena kotanya yang ciamik, Kota Samarinda juga punya wisata hits yang udah terkenal banget di kalangan anak muda. Apa sih? Yuk cek aja.

1. Ngadem di Pantai Tanah Merah Samboja Yuk

Pantai Tanah Merah Samboja Foto dari @wahyuprst

Buat kamu yang gaul dan ingin main ke pantai saat ke berkunjung ke Samarinda, jangan sampai kamu mengabaikan Pantai Tanah Merah. Pantai Tanah Merah berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur atau berada tidak jauh dari Tanjung Harapan. Hanya berjarak sekitar 14 km dari persimpangan Jalan Raya Balikpapan-Samarinda. Selain terkenal sebagai daerah penghasil minyak bumi dan gas alam, Samboja juga terkenal dengan Pantai Tanah Merahnya yang hits banget loh.

Ok, hitsnya pantai ini dijamin gak akan membuatmu kecewa saat mengunjunginya. Ditambah kemudahan akses menuju lokasi pantai yang dijamin gak akan buat kamu pusing tujuh keliling. Kamu bahkan udah bisa ke pantai ini menggunakan angkutan umum loh guys.

Hal yang perlu kamu ingat dengan baik, jangan tertipu nama guys. Memang ada embel-embel tanah merah di nama pantai ini, tapi jangan langsung membayangkan kalau kamu akan menemui pantai dengan pasir berwarna merah yak. Pantai ini sama dengan pantai pada umumnya, yaitu berpasir putih menawan.

Selain bisa guling-gulingan sepuasnya di pasir putih yang menghampar luas, selama berada di pantai ini kamu bisa berkemah, memancing dan tentunya berenang sepuasnya. Pantai ini udah dilengkapi banyak fasilitas loh guys seperti toilet, gazebo, masjid, dan penginapan. Nah tiket masuk ke Pantai Tanah Merah cuma Rp 3.000 belum termasuk parkir ya. Gak mahalkan?

2. Nongkrong Asyik di Wisata Bukit Batu Putih

Batu Putih foto dari @anak.halus

Ini adalah tempat wisata yang baru-baru ini hits di kalangan anak muda Samarinda. Namanya Batu Putih. Sebenarnya Batu Putih adalah kawasan perbukitan batu gamping gitu taip aktifitas penambangan yang berlangsung terus-menerus telah mengubah bukit biasa ini menjadi bukit yang luar biasa fotogenik.

Terletak di Air Putih, Kecamatan Samarinda Ulu, Propinsi Kalimantan Timur dianggap sebagai titik tertinggi di Samarinda. Ok, itu artinya kalau kamu berada di puncak Batu Putih, kamu nyaris bisa melihat pemandangan Kota Samarinda guys.

Ok, silakan tentukan waktu terbaikmu untuk mengunjungi tempat wisata hits ini. Perlu kamu ketahui, Batu Putih biasanya ramai dikunjungi anak muda saat sore hari. Soalnya, tempat ini jadi spot yang kece buat ngamatin senja gitu.  Gak hanya itu, spot di Batu Putih emang ciamik banget buat foto-foto. Kabar gembira lainya, buat kamu yang suka climbing, kamu bisa loh puaskan hobbymu disini. Gimana, sudah penasaran?

3. Satu Lagi Bukit yang Asyik Buat Ngecengin Senja. Namanya Bukit Anggana

Bukit Anggana foto dari @andihamz

Satu lagi bukit batu keceh dan petcah abis di Samarinda, namanya Bukit Anggana guys. Nah, Bukit Anggana ini juga dikenal dengan nama Bukit Teletubbies loh. Why? Soalnya, hamparan bukit yang berhiaskan rumput hijau ketika musim penghujan tiba, emang mirip banget sama bukitnya Teletubbies. Masa sih?

Bukit Anggana terletak di bekas Kesultanan Kutai Kartanegara atau hanya berjarak kurang lebih 9 kilometer dari pusat  Kecamatan Sebulu. Dari Kota Samarinda dapat ditempuh dengan 2 jam perjalanan. So, pasti kamu pada bertanya-tanya, “trus apa yang bisa aku lakuin di Bukit Anggana?”. Ok, disini kamu bisa foto-foto, guling-guling, pacaran, mesra-mesraan sama doi atau sekedar duduk menghabiskan soremu. Mungkin buat kamu yang ingin camping, bisa dicoba.

4. Ada Juga Bukit Tanjung di Lempake

Bukit Tanjung, Lempake foto dari @bim_biem

Masih belum puas main ke bukit-bukit? Masih mau nambah lagi? Ok, ini kami kasih Bukit Tanjung khusus buat kamu. Seperti dua bukit sebelumnya, bukit ini juga cocok banget buat mantengin sunrise ataupun sunset. Gimana, Samarinda kurang keceh apa coba?

Ok, lokasi menuju Bukit Tanjung dijamin gampang banget. Kamu tinggal melintas di Jalan. Ahmad Dahlan, Lempake sampai menemukan SMP 13 Lempake. Nah, bukit ini berada tidak jauh dari SMP ini. Kalau kamu kebingungan, kamu bisa kok nanya sama warga sekitar yang dijamin ramah-ramah banget, So gak akan nyasar deh guys.

5. Masih di Lempake, Ada Bendungan Benanga Nih

Bendungan Benanga Lempake foto dari @auliabasuni

Sudah! Cukup sudah main-main di bukitnya. Saatnya, akhiri perjalananmu di Samarinda dengan mengunjungi waduk atau bendungan Benanga. Nah Bendungan Benanga ini masih ada di wilayah Lempake juga loh. Memang sih letak lokasi bendungan ini agak jauh dari Kota Samarinda atau sekitar memakan waktu satu jam perjalanan tapi akses menuju lokasi wisata kece ini  bisa kamu capai  menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat loh guys.

Konon waduk ini adalah spot untuk foto landscape andalan para tukang foto loh. Masa sih? Memangnya apa sih hebatnya waduk ini? Ya udah dari pada nggerutu terus, mending kamu langsung cek ke TKP aja deh.

Guys, memang Samarinda cuma punya 5 wisata hits tapi jangan salah, mereka masih punya banyak banget tempat wisata tersembunyi yang siap menggoda imanmu. Mau tahu? Ikuti terus Ngadem.com yak!

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.