6 Tempat Wisata di Sampang Ini Lagi Hits Banget, Guys!

Ngadem.com – Sampang adalah salah satu Kabupaten yang berada di Pulau Madura. Kabupaten Sampang kira-kira berjarak 100 km dari Surabaya atau 1, 5 jam perjalanan via Jembatan Suramadu dan 45 menit berlayar dengan perahu. Duuh, kok kayanya asyik yak ke Sampang pakai sampan.

Ok, sebagaimana tradisi di Ngadem.com yang selalu mengabarkan tempat wisata kece buat kamu, kali ini kami akan merangkum 6 wisata di Sampang yang usut punya usut, lagi hits dan murah meriah banget guys. Duh, yang murmer selalu bikin melelehkan? Ya udah deh langsung cek aja yuk.

1. Ini Dia Air Terjun Toroan yang Mirip Air Terjun Jogan di Jogja

Air Terjun Toroan Foto Dari @aqinfhy_

Pernah berkunjung ke air terjun Jogan di Gunung Kidul? Kalau udah berarti kamu sudah bisa membayangkan seperti apa wujud dari Air Terjun Toroan yang ada di Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang. Pokoknya dua-duanya sama-sama air terjun yang terjun dan mengalir langsung ke laut. Air terjun ini masih berada di satu kawasan yang sama dengan Pantai Nepa dan Hutan Kera Nepa. Kurang lebih hanya berjarak 5 km perjalanan saja.

Akses jalan menuju lokasi air terjun yang pernah dikunjungi salah satu acara perjalanan yang kaosnya dipakai sejuta umat itu terbilang cukup mudah kok guys. Terdapat dua pilihan jalan yang bisa kamu gunakan untuk mencapai lokasi air terjun ini.

Pertama, kamu bisa melewati jalur Pantai Utara di Kabupaten Bangkalan atau langsung melintasi hiruk-pikuk jantung kota Sampang. Tapi kalau menggunakan kapal di Pelabuhan Kamal, sebaiknya kamu memulai perjalanan via jalur Pantai Utara saja karena jaraknya yang lebih dekat. Kalau kamu datang dari Tol Suramadu kamu bisa langsung menuju Kecamatan Ketapang.

Sejauh ini belum ada tarif masuk menuju lokasi air terjun ini. Tapi kamu harus dan wajib membayar  ongkos parkir ya guys. Gak mahal ko cuma Rp. 5.000 aja untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat. Air terjun Toroan menawarkan susana wisata yang masih sangat alami. Jauh dari hiruk-pikuk khas tempat wisata. Cocok banget untuk menenangkan diri.

Kedalaman kolamnya mencapai 2 meter so kamu harus berhati-hati ya guys. Dengan ketinggian sekitar 20 meter, Air Terjun Toroan memuntahkan aliran air yang lumayan deras dan pastinya segar banget. Perlu kamu pertimbangkan ya guys. Di sekitar lokasi air terjun ini belum ada fasilitas apapun. Baik toilet maupun kamar ganti jadi silakan kamu pikirkan sendiri cara untuk mengganti pakian setelah puas main air. Ok?

2. Lagi Butuh Vitamin Sea Tapi Juga Pengen Bercengkrama Sama Kera? Langsung Ke Pantai Nepa Aja

Pantai Nepa Sampang Foto Dari @bellvaries

Sudah saatnya kamu berhenti beranggapan bahwa Madura cuma kota yang bisa memasok kebutuhan garam di dapur Ibumu. Karena ternyata, di balik asin garam itu ada potensi wisata yang ciamik banget. Salah satunya adalah Pantai Nepa. Pantai ini berada di Desa Batioh, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pantai ini berada tidak jauh dari Air Terjun Toroan.

Pantai Nepa sebenarnya berada dalam kawasan Objek Wisata Hutan Kera Nepa. Jadi kamu bisa dapat vitamin sea plus foto-foto cantik dan kece sama kera. Uuuuuh, dapat banyakkan? Akses menuju Pantai Nepa ini gak susah-susah amat kok. Buat kamu yang datang dari luar Pulau Madura kamu cukup menempuh perjalanan sejauh 90 km atau dua jam perjalanan. Adapun alternatif jalan yang lebih dekat yaitu via Kota Bangkalan. Dari Bangkalan kamu cukup mengarahkan kendaraanmu ke Pantai Utara.

Kalau bingung, kamu bisa kok menggunakan angkutan umum yang sudah banyak menjamur di Kota Sampang. Kamu cukup bayar Rp. 15.000 udah bisa langsung ke Pantai Nepa. Untuk menuju pantai kamu akan melewati Hutan Kera terlebih dahulu. Mungkin inilah saat yang tepat untuk berselfie sama kera.

Sama halnya dengan tempat wisata di Sampang pada umumnya, Pantai Nepa ini pun masih sangat alami dan sepi dengan pasir putih yang terhampar di sejauh mata memandang. Bikin kamu gak kuat untuk gak guling-guling. Gak ada ongkos sepeserpun untuk memasuki kawasan Hutan Kera maupun Pantai Nepa kamu cukup membayar tarif parkir aja, sebesar Rp. 3.000. Oh my good, hari gini masih ada objek wisata kece yang gratis?

3. Get Lost di Pulau Mandangin

Pulau Mandangin Sampang Foto Dari @amufids

Pernah gak sih terbersit dalam benakmu untuk tersesat di sebuah tempat? Atau di sebuah pulau ala-ala film Castaway? Mungkin itu adalah hal paling gila tapi kamu bisa kok mencoba sensasi tersesat di pulau sepi jika kamu berkunjung ke Pulau Mandangin. Memang sih pulau ini bukan pulau yang benar-benar tak berpenghuni tapi rasanya bakal tetap sama karena pulau masih sepi banget.

Satu-satunya cara untuk mencapai pulau Mandangin adalah berlayar dengan perahu motor yang murah banget. Cuma Rp. 10.000. Tapi buat kamu yang agak sentimen sama perahu motor mungkin kamu bisa minum obat anti mabuk sebelum berlayar.

Kamu akan berlayar dari Pelabuhan Tanglok, Sampang, Madura sekitar 30 menit untuk mencapai pulau ini. Setibanya disana kamu akan menjumpai beberapa penduduk yang sedang mencari ikan. Ya, memang itulah pekerjaan penduduk pulai ini. Pulau ini benar-benar masih sangat sederhana. Perumahan penduduk saling berhimpitan satu sama lain. Jalanan kampung bukan jalan mewah yang beraspal, tidak ada Pajero Sport yang melintas di pulau ini. Di tiap halaman rumah, penduduk menjual ikanya. Duuuh, mungkin kamu juga bisa menuntaskan hasrat makan ikan bakarmu disini.

Pulau ini akan bertambah keindahannya saat matahari terbit atau pun tenggelam. Bakal teduh banget. Kalau kamu ingin menyaksikan kemolekan matahari yang terbit kamu bisa ke Mandangin Timur begitu pun sebaliknya. Oh iya di Pulau Mandangin belum ada hotel loh jadi kalau kamu tidak punya kenalan sebaiknya bawa perlengkapan camping yak.

4. Nongkrong di Goa Lebar Yuk Guys

Goa Lebar Foto Dari @choirur_roziqin

Goa gak ada matinya. Selalu aja bikin para petualang ingin menusuri tubuhnya yang terpendam di bawah sunyinya bumi (duh kok jadi alay gini yak). Tiap goa punya karakternya masing-masing. Punya keunikannya masing-masing. Begitupun dengan goa Lebar di Sampang di Pulau Madura.

Goa ini gampang banget di akses soalnya letaknya yang berada di tengah kota Sampang tepatnya di Jalan Pahlawan, Kelurahan Rongtengah, Kecamatan Sampang Kota, Kabupaten Sampang. Kamu bisa mengandalkan warga sekitar karena Goa Lebar ini udah sangat familiar buat mereka. Jangan malu bertanya yak.

Goa ini terbentuk secara alami dengan lebar sekitar 200 meter dan kedalaman hingga 300 meter. Untuk menambah daya tarik pengunjung, pengelola juga menyiapkan fasilitas gazebo untuk pengunjung yang lelah setelah puas melihat-lihat pesona Goa Lebar. Oh iya, tiket masuk goa gratis loh. Yakin gak mau kesini?

5. Di Sampang Ada Waduk Loh. Namanya Waduk Klampis

Waduk Klampis Foto Dari @ifalfajrul

Waduk Klampis terletak di Dusun Kramat, Desa Komis, Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang dengan suasana yang sejuk dan tentunya asyik untuk bercengkrama bersama keluarga atau orang-orang yang kita cintai.

Suasana di Waduk Klampis memang sangat cocok untuk menenangkan diri karena hijaunya pohonanan yang berjajar dingin menghiasi waduk. Perjalanan menuju Waduk Klampis memang agak mblusuk jauh dari jalan raya tapi tenang aja pematang sawah yang membentang siap melenakanmu dari lelahnya perjalanan. Tiket masuk ke sini gratis loh guys. Duh, kok di Sampang wisatanya gratis semua sih? Hehehe

6. Nongkrong Asyik di Bukit Masegit

Bukit Masegit Omben Sampang Foto Dari @ditasubi

Bukit-bukit batu kayanya bakal terus menghiasi jutaan foto yang seliweran di Instagram. Gak tahu trend ini akan berakhir kapan. Pokoknya sebelum trend ini berakhir, pastikan dirimu sudah mengabadikan momen di Bukit Masegit.

Bukit Masegit terletak di Kecamatan Omben Kabupaten Sampang, Pulau Madura atau terletak di Utara Kota Sampang. Bukit batu yang menjulang tinggi ini menyajikan panorama kota Sampang yang bersahaja. Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit Masegit tentu saja saat matahari terbit atau saat matahari akan tenggelam. Dijamin, fotomu bakal di double tap sama ribuan umat (wkwkwkwk).

6 wisata kece tapi murah meriah abis di Sampang sudah Ngadem.com rangkum buat kamyuuu yang cantik dan istimewa. Gimana, kamu mau ke sana? Atau kamu punya list lain? Tidaaaaaak, jangan diam aja langsung tambahkan di kolom komentar yak, yak, yak, yak. Ditunggu loh!

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Pesona Wisata Baru Cianjur, Curug Luhur yang Sangat Tersembunyi
Bogor Lantai Dua: Rumah Pohon Curug Ciherang Kece Buat Foto-Foto
Pesona Bukit Seribu Bintang (BSB): Tempat Wisata Baru di Kuningan