Untuk Kamu yang Patah Hatinya, 7 Tempat Wisata di Sulawesi Tengah Ini Siap Jadi Penyembuh

Ngadem.com – Baru putus sama dia yang kamu sayang banget dan menemani hari-harimu dalam beberapa tahun ini adalah hal yang tentunya sangat berat. Bukan tentang melepasnya namun juga merelakan semua yang telah dibangun bersama-sama. Tapi kamu harus tetap berjalan dan bila perlu berlari melanjutkan hidupmu dengan rasa sakit yang dalam.

Rasa sakit dan kehilangan itu akan tetap mendiami jantungmu dan tentunya sangat menyesakkan. Tapi kamu perlu mengobati luka hatimu. Kamu harus sembuh. Salah satu cara agar sembuh yaitu membuat dirimu bahagia kembali. Temukan kebahagiaan itu dengan berlibur.

Kamu bisa melirik sebentar ke Pulau Sulawesi. Tepatnya di Sulawesi Tengah. Ok, sebelum kamu cus ke sana, ada baiknya kamu perlu tahu sedikit tentang Sulawesi Tengah; Sulawesi Tengah adalah salah satu provinsi di Pulau Sulawesi dengan Palu sebagai kota provinsinya. Pulau ini menyimpan sejuta keindahan yang kapan pun siap jadi penyembuh lukamu!

1. Memandangi Indahnya Pulau Sombori Adalah Cara Terbaik untuk Mulai Menemukan Kembali Kebahagiaan yang Lain

alignment 10 px margin Ads7 :
Pulau Sombori foto dari @grandisaji

Tidak bisa dipungkiri, akan ada banyak orang yang mengatakan bahwa kamu tengah berlari dari lukamu. Haaah, tahu apa mereka. Mantapkan niatmu untuk mengunjungi pulau ini. Pulau yang masuk sebagai Kawasan Konservasi Perairan Sombori di Kabupaten Morowali ini akan membukakan matamu pada betapa indahnya alam ciptaan Tuhan yang tentunya akan membuatmu lebih banyak bersyukur ketimbang menggerutu.

Pulau Sombori mungkin tidak sekece Raja Ampat. Bahkan pesona bawah lautnya tidak sepopuler Bunaken di Manado tapi mencicipi keindahan yang belum banyak dinikmati oleh banyak orang adalah cara yang mulia untuk memberi hadiah pada diri sendiri.

Keheningan dan kealamian pulau ini akan mengobati lukamu. Memberimu lebih banyak ruang dan waktu untuk diri sendiri. Tidak hanya menyicipi manisnya alam yang memukau tapi kamu juga bisa bertemu dengan Suku Bajo yang mendiami pulau ini.

Gak hanya itu guys, di pulau ini kamu juga bisa menengok ke Gua Tengkorak dan Gua Berlian. Tapi kamu harus mempersiapkan dirimu dengan baik ya guys karena belum ada fasilitas apapun di pulau kecil ini.

2. Setelah Semua yang Kamu Lewati Bersamanya, Saatnya Mencoba Hal-Hal Baru di Pulau Peling

Lukpanenteng foto dari @thohacr

Pulau kecil ini adalah mutiara yang tersembunyi di Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Pesona dan kecantikannya siap mengajarkan hal-hal baru. Kamu dijamin akan siap menatap hari esok tanpa dia lagi.

Untuk mencapai pulau ini kamu bisa langsung menyebrang dari pelabuhan Luwuk. Perlu kamu ketahui guys, ada dua alternatif menuju lokasi pulau ini yang bisa kamu coba. Dari tematmu berada langsung cus ke Makasar lalu menuju Kota Luwuk sebagai Ibu Kota Kabupaten Banggai. Sedangkan alternatif kedua yang memakan waktu lebih lama karena jaraknya yang lebih jauh. Dari tempatmu berada terbang ke Bandara Mutiara Palu lalu bersiap menuju Luwuk yang bisa  ditempuh dengan bus. So, kamu tinggal pilih yang mana.

Setibanya di pulau ini kamu siap memanjakan dirimu dengan hal-hal baru bukan untuk menggantikan hal-hal lama yang masih membekas, tapi sekedar menepi sejenak. Ayolah, menepilah sedikit dari rasa sakit dengan menjelajahi pulai ini. Salah satunya dengan mengunjungi Pantai Sabang.

3. Mengapa Kamu Harus Menepi ke Pulau Dua? Tidak Ada Maksud Lain. Kamu Hanya Perlu Sendiri untuk Memikirkan Segala Hal yang Masih Tercecer di Hatimu

Pulau dua foto dari @annisasariningpuspa

Pulau Dua berada di Desa Kampangar Kecamatan Balantak Kabupaten Banggai. Kekecean pulau ini membuatnya di dapuk sebagai ikon wisata di Sulawesi Tengah. Pulau ini dihuni oleh Suku Balantak. Akses menuju pulau pun terbilang mudah guys. Kamu bisa mencapai lokasi pulau menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Dari Kota Luwuk kamu langsung ke Pulau Dua dengan jarak sekitar 150 kilometer dengan jarak tempuh 3 jam perjalanan. Di pulau ini saatnya mencoba melakukan banyak hal seorang diri. Kamu bisa snorkelin, diving, atau menelusri pulau seorang diri. Karena saat sendiri kita bisa lebih banyak berbicara sama diri sendiri. Mendengar suara-suara dalam kepala dan membereskan semua yang terlampau rusuh.

4. Karena Mengikhlaskan Sama Susahnya dengan Memulai, Setidaknya Mulailah Melepaskan Dia dengan Berguru Pada Pantai Bambarano

Pantai Bambarano foto dari @_whyspty

Mengikhlaskan adalah bagian paling sulit dari menjadi manusia maka kamu perlu latihan. Bagian terbaiknya adalah perlahan melepaskan. Akan ada masa sulit dari proses ini dan biarkan Pantai Bambarano menemanimu untuk lebih mudah melewatinya.

Pantai yang masih asri dan belumbanyak di eksplor ini siap membantumu. Pantai ini berada di Desa Sabang Kecamatan Damsol Kabupaten Donggala. Hanya berjarak sekitar tiga setengah jam perjalanan dari Kota Palu. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua untuk mencapai lokasi pantai ini.

Pantai yang sepi dan bersahaja tentunya dengan pemandangan memukau siap mengajarkanmu hal-hal baru. Mengembalikan semangatmu untuk lebih siap melepaskannya. Belum ada fasilitas atau wahana apapun yang bisa kamu cicipi selama berada di Pantai Bambarano, jadi kamu harus siapkan segala kebutuhan yang kamu perlukan. Bisa bawa tenda untuk berlindung dari dinginnya udara laut saat malam menjelang.

5. Kamu Pun Bisa Belajar Cara Mengikhlaskan dari Kebersahajaan Air Terjun Wombo

Air Terjun Mapanegaya Wombo Palu Foto Dari @explorepalu

Air Terjun Wombo terletak di Desa Wombo Pantolon. Kamu bisa mencapai lokasi air terjun ini dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Jaraknya juga sangat dekat loh dari Kota Palu. Hanya berjarak 30 menit perjalanan.

Kamu hanya perlu berkendara sampai desa terakhir dan memarkirkan kendaraanmu di rumah warga sekitar. Nah, selanjutnya kamu akan berjalan kaki menelusuri jalan setapak kurang lebih 1-2 jam perjalanan.

Air Terjun Wombo terdiri dari tiga tingkat dengan lokasi sekitar air terjun yang sangat sejuk tentunya akan banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan. Kamu mungkin bisa coba memanjat tebing air terjun tapi tentunya harus hati-hati. Jangan sampai usaha move onmu justru membahayakan dirimu.

6. Atau Belajar Mengikhlaskan dari Langkah Kecilmu untuk Mencapai Air Terjun Lumarang

Air Terjun Lumarang foto dari @dilss14

Langkah-langkah kecil yang menuntunmu menuju air terjun Lumarang akan mengajarkan bahwa sesulit apapun hal yang terjadi dalam hidupmu, waktu akan membuat semuanya berlalu. Air terjun yang terletak di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai ini tahu banget apa yang ingin kamu capai.

Kamu tinggal melajukan kendaraanmu ke Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro di Kalumpang yang hanya berjarak 10 menit perjalanan dengan kendaraan roda dua atau empat. Tapi kondisi jalannya agak tidak bersahabat sih. Jadi sebaiknya pakai kendaraan roda dua aja.

Naaah, tidak jauh dari sini kamu sudah tiba dan parkirkan kendaraanmu di rumah penduduk. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit menyusuri sungai. Kondisi jalan yang curam dan licin harus kamu waspadai yak.

Sesampainya di Air Terjun Lumarang kamu bisa mendirikan tenda dan bersiap-siap menyebur. Ingin bermalam? Sangat boleh. Agar kamu bisa menikmati momen malam di hutan yang damai,lalu terbangun di pagi hari dan menemukan dirimu jauh lebih bahagia dari hari sebelumnnya.

7. Waktumu Selesai. Tapi Jangan Lupakan Air Terjun Wera Sebab Ia Siap Menyempurnakan Kesembuhanmu!

Air Terjun Wera foto dari @muhmano

Air Terjun Wera terletak tidak jauh dari Kawasan Wisata Wera yang berada di lereng Gunung Watusidae. Air terjun dengan ketinggian 80 meter ini siap mengakhiri petualanganmu di Sulawesi Tengah.

Terletak di Desa Balumpewa, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, air terjun ini hanya berjarak 19 km dari Kota Palu dan dapat ditempuh dengan 1 jam perjalanan. Gak hanya itu, kamu bahkan bisa menggunakan kendaraan umum guys.

Nah  dari Desa Balumpewa kamu harus sedikit berpetualang dengan berjalan kaki melintasi jalan setapak sekitar 2 km. Bahkan kamu juga melintasi hutan Wera. Menyebrangi sungai nan sejuk. Gak hanya mandi atau berenang selama berdaa di Air Terjun Wera kamu juga bisa hiking sejenak menuju bukit dan melintasi hutan atau camping.

Berpergian saat sedang terluka bukan berarti lari dari masalah namun sekedar menepi sejenak mencari alasan lain untuk lebih bahagia dari sebelumnya. So daripada mengerutu mending jalan-jalan karena banyak tempat yang menanti untuk menyembuhkan lukamu. Tempat wisata Sulawesi Tengah di atas contohnya :)

Komentar

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.