12 Tempat Wisata di Trenggalek Ini Siap Mengobati Lukamu

Nggalek, Nggalek, Nggalek…” Suara lantang Pak Kondektur ini akan kamu dengar ketika kamu sampai di terminal Surodakan, Trenggalek. Ya, tak banyak yang menyangka kalau kota kecil yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Tulungagung, dan Kabupaten Pacitan ini mempunyai seabrek tempat wisata yang istimiwir sekali. Mulai dari tempat wisata yang udah booming, sampai yang belum banyak dijamah pun ada di sini.

Tempat wisata yang ada di Trenggalek meliputi: pantai, goa, air terjun, gunung, dan telaga. Cukup banyak, kan? Nah, maka dari itu, kali ini Ngadem.com akan mengajak kalian buat menjelajahi pesona alam yang ada di Kota Trenggalek. Ada apa aja sih di kota ini? Yuk, yak, yuk, langsung kita cek aja, ya.

1. Awali Petualanganmu dengan Menyusuri Indahnya Pasir Putih yang Ada di Pantai Prigi.

Pantai Prigi foto dari @maharanikputri

 

Pantai Prigi ini memiliki pesona pantai berpasir putih yang lembut dan tampak begitu anggun. Lokasinya terletak di Desa Tasimadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Kalau kamu dari pusat Kota Trenggalek, pantai ini bisa kamu tempuh dengan jarak sekitar 48 km, atau sekitar 1 – 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Istimewanya, obyek wisata ini mempunyai garis pantai sepanjang 4 km dan dilengkapi dengan dermaga yang cocok buat berfoto. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan yang indah, nyiur melambai, serta deburan ombak di seberang teluk yang menghantam bukit. Adapun fasilitas yang bisa kamu pakai meliputi: rumah makan, cafe, bumi perkemahan, tempat olahraga, taman bermain, toilet, tempat parkir yang cukup luas, dan lain sebagainya.

Selain itu, di pantai ini kamu juga bisa berenang, bermain pasir pantai, serta menjajal perahu yang siap mengantarkanmu untuk mengelilingi lokasi ini. Untuk biaya perahunya, bisa kamu sewa dengan harga Rp 100.000,00/perahu atau Rp. 10.000,00/orang. Tiket masuk ke Pantai Prigi ini pun cukup murah, yakni Rp 10.000,00 saja. So, kamu udah siap untuk berkunjung ke Trenggalek?

2. Selagi di Trenggalek, Jangan Lupa untuk Menjajal Syahdunya Pantai Pelang

Pantai Pelang foto dari @ambulanzigzag

 

Ya, Pantai Pelang merupakan salah satu pantai yang mempunyai air terjun di pesisir pantainya. Letaknya berada di desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Atau sekitar 57 km dari pusat Kota Trenggalek. Untuk menuju ke tempat ini, kamu hanya butuh waktu sekiranya 2-3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa :D

Nih, lihat pesona air terjunnya…

Air Terjun Pantai Pelang foto dari @diandjokaw

 

Untuk memasuki kawasan Pantai Pelang ini, kamu hanya akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 15.000 pada hari libur, dan Rp. 10.000 pada hari biasa. Di lokasi ini juga terdapat beberapa gazebo yang bisa kamu manfaatkan untuk berteduh. Nah, kalau kamu tidak membawa perbekalan dari rumah, kamu pun tak perlu khawatir. Soalnya di kawasan parkir Pantai Pelang ini juga banyak tersedia penjaja makanan-minuman. Selain itu, terdapat juga area kemah dan penginapan untuk kamu yang pengin menghabiskan malam di pantai ini. Pokoknya liburanmu bakalan seru kalau kamu menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantai ini.

3. Pantai Karanggongso Ini Juga Tak Kalah Kece dengan Kedua Pantai di Atas.

Foto dari @srofah007

 

Pantai ini terletak di Kampung Karanggongso, Desa Tasik Madu, Kecamatan Watu Limo, Kabupaten Trenggalek. Jaraknya dengan Pantai Prigi cukup dekat, yakni sekitar 3 km saja. Tapi kalau kamu dari pusat Kota Trenggalek, pantai ini bisa kamu tempuh dengan jarak sekitar 45 km saja. Nah, kalau kamu beruntung, kamu juga bisa melihat acara labuh laut yang dilakukan setiap bulan Suro.

Pantai ini menyediakan beragam fasilitas yang terbilang memadahi, meliputi banana boat, perahu wisata, rompi pelampung, dan masih banyak yang lainnya. Selain hal itu, dengan menggunakan perahu nelayan, kamu juga bisa menyempatkan diri buat berkunjung ke Pulau Mutiara yang letaknya tak jauh dari pantai ini. Ya, bisa dikatakan pantai ini mempunyai keindahan serupa Raja Ampat, lah. :D

Pulau Mutiara di Kawasan Pantai Karanggongso ini pernah menjadi tempat budidaya mutiara. Namun saat ini telah gulung tikar. Foto ini kami ambil dari @indahsugyno

 

Untuk biaya masuk ke lokasi wisata ini, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp 10.000,00/ orang. Kalau kamu pengin menaiki perahu, harganya juga cukup terjangkau, yakni Rp. 20.000,00/ perorang. Ohya, perahu ini juga bisa kamu sewa bersama-sama dengan tarif Rp. 150.000,00/ perahu, lho. Dan, kamu pun tak perlu khawatir jika ingin membersihkan diri setelah mandi di pantai. Sebab, fasilitas toilet juga telah disediakan di tempat ini. Komplit banget, kan? Iya, dong. Trenggalek gituuu…

4. Yuk, Lihat Anak Penyu yang Unyu-Unyu di Pantai Taman Kili-Kili

Pantai Taman Kili-Kili foto dari @muhammadtama6655

 

Pantai yang mempunyai nama nyentrik ini terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Sebenarnya, lokasi pantai ini berada persis di sebelah timur Pantai Pelang. Tapi karena adanya perbukitan karang yang cukup terjal dan tinggi, maka lokasi ini pun jadi agak tertutup. Nah, istimewanya, di tempat ini kamu juga bisa menemukan tempat konservasi pembudidayaan penyu.

Selain bisa melihat anak-anak penyu yang super unyu itu, kamu juga bisa mengikuti ritual pelepasan Tukik, atau anak penyu yang dilakukan setiap seminggu sekali. Gimana? Istimiwir sekali, kan? Nah, untuk fasilitasnya pun sudah cukup lengkap Sob, walau belum ada penginapan, sih. Dan kabar baiknya, untuk masuk ke lokasi pantai ini kamu tidak akan dikenai biaya retribusi. Wow, ciamik lah, yau?

5. Pantai Pulau Kapulogo, Pesona Wisata yang Belum Banyak Terekspos Media

Pantai Kapulogo foto dari @imam_malikiy

 

Pantai yang terdiri dari gugusan karang dan pulau kecil ini terletak di Desa Craken, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Lokasi pantai ini memang agak tersembunyi dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Biasanya hanya para nelayan dari Pantai Ngadipuro yang sengaja pergi ke pantai ini untuk mencari ikan, kerang, udang, ataupun hewan laut lainnya.

Nah, kalau kamu dari Pantai Ngadipuro, kamu bisa menyewa sebuah perahu untuk mengantarkanmu menuju Pantai Kapulogo ini. Harga sewanya sekitar 100 – 200 ribu, tergantung bagamana caramu menawar. Tapi, kalau kamu enggan menyewa perahu, kamu juga bisa menggunakan jalur darat dengan rute tracking sepanjang 2 km melewati bukit yang lumayan terjal.

Pantai Pulau Kapulogo foto dari @zainal_abiddin22

 

Selain memiliki gugusan karang dan pulau kecil, pantai ini juga memiliki pesona bawah laut yang lumayan oke. Sehingga sangat cocok buat kamu yang menyukai kegiatan menyelam. Tapi sayangnya, kamu perlu membawa peralatan snorkling-mu dari rumah. Sebab, di sini memang belum tersedia fasilitas yang memadahi. Ya, boro-boro penyewaan alat snorkling, Sob. Toilet aja belum ada.

Ohya, kalau kamu berniat untuk melakukan kegiatan snorkling, kami sarankan agar kamu lebih berhati-hati lagi, ya. Soalnya, arus air bawah laut di lokasi ini cukup ekstrim! Dan, jika air laut mulai pasang, lebih baik kamu segera meninggalkan lokasi ini. Oke?

6. Bosen Mainan Air di Pantai? Yaudah, Yuk Kita Ganti Suasana ke Jurug Terbang.

Jurug Terbang foto dari @rubiantoro_rizky

 

Lokasi Jurug Terbang ini terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek. Di kalangan masyarakat setempat, tempat ini terbilang cukup populer. Banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu di tempat ini untuk sekadar bersantai, atau melepas penat. Yap, jurug ini mempunyai daya tarik berupa air terjun berundak yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Di bawah air terjun ini juga terdapat sebuah cekungan yang berisi air sedalam 2 – 3 meter. So, jika kamu ingin basah-basahan, pastikan dulu kalau kamu bisa berenang!

Kawasan wisata ini juga dikenal sebagai penghasil buah durian yang lezat. Maka dari itu, siapkanlah uang tambahan kalau kamu pengin mencicipi legitnya buah durian khas Desa Karangrejo ini, Sob. Nah, untuk memasuki lokasi ini, kamu cukup membayarnya dengan menjaga kebersihan tempat ini. Ya kaliiik, udah dikasih gratisan kok nggak mau menjaga kebersihan. Malu, dong… :p

7. Yuhuuu, Gaes. Masih Ada Jurug Waru yang Kecenya Nggak Ketulungan, Nih.

Jurug Waru foto dari @linamadhiyana

 

Lokasinya terletak di Desa Pandean, Kecamatan Dongko, Trenggalek. Kalau kamu dari  jalan raya Dongko – Panggul, carilah pertigaan Pukesmas Pandean. Setelah itu belokkan kendaraanmu ke arah kiri. Nah, dari situ kamu bisa bertanya kepada warga sekitar. Soalnya, rute lokasi ini emang agak membingungkan, Sob. Ya, meskipun akses jalannya agak susah, tapi itu semua setimpal dengan keindahan yang akan kamu dapatkan.

Oke, sesampainya di lokasi ini, kamu bisa memarkirkan kendaraanmu di tempat parkir yang sudah disediakan. Biayanya sebesar Rp. 2000,00 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk masuk ke kawasan ini, kamu hanya ditarik biaya seikhlasnya saja. Nah, setelah itu kamu hanya perlu berjalan sebentar saja dan, taraaa…, keindahan Jurug Waru ini seketika akan membiusmu.

Jurug Waru foto dari @rohanda_wibi

 

Ya, Jurug Waru ini memiliki keistimewaan tersendiri karena dikelilingi oleh bukit-bukit yang indah banget. Airnya akan terus mengalir deras walau musim kemarau tiba. Selain itu, Jurug Waru ini juga aman digunakan untuk berenang. Tapi, kami sarankan agar kamu tetap harus waspada. Dan ingat, jika kamu tidak bisa berenang, maka jangan pernah memaksakan diri buat nyebur di sini. Ingat ituuu…

8. Emang, Trenggalek Nggak Ada Habisnya. Nih, Kami Kasih Kedung Maron Buat Kamu.

Kedung Maron foto dari @tukang_dolan_trenggalek

 

Panorama alam yang disajikan Kedung Maron ini tak kalah menariknya dengan tempat-tempat lain yang ada di Kota Trenggalek. Keindahan yang tergambar di sini merupakan kombinasi antara persawahan penduduk, sungai Kedung Maron, pemandangan alami perbukitan, serta pohon-pohon kelapa nan hijau yang tumbuh di sekitar lokasi.

Kedung Maron sendiri terletak di Desa Salam Wates, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek. Kamu tidak perlu membayar lebih untuk memasuki lokasi ini, karena memang belum ada pihak yang mengelolanya. Untuk tempat parkirnya, kamu bisa menitipkan kendaraanmu di halaman milik warga setempat. Tentu, kamu harus membayar dengan harga sepantasnya.

Oke, jika kamu berminat untuk datang ke sini, kami sarankan agar kamu membawa bekal dari rumah. Soalnya, lokasi Kedung Maron ini cukup jauh dari warung penjaja makanan dan minuman. Nah, buat kamu yang pengin berenang, jangan lupa juga untuk membawa baju ganti, ya. Have fun, Gaes!

9. Yuk, Sekalian Mampir ke Goa Ngerit. Goa yang Ada Air Terjunnya.

Goa Ngerit foto dari @wendy_wendor

 

Salah satu obyek wisata yang menarik dan wajib banget buat kamu kunjungi adalah Goa Ngerit. Goa yang terletak di Desa Senden, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, ini memiliki pesona alam yang sungguh menjanjikan. Bagaimana tidak? Di lokasi ini banyak ditemukan goa-goa kecil yang masih alami dan cukup menawan. Untuk memasuki goa ini pun kamu tidak perlu membayar; karena memang belum ada pihak yang mengelolanya.

Selain terdapat goa-goa kecil, kamu juga bisa menemukan aliran sungai yang cukup deras. Pohon-pohon yang ada di sekelilingnya pun akan menambah suasana sejuk layaknya di pedesaan yang terpencil. Nah, intinya, kawasan ini sangat cocok buat kamu yang suka berburu foto, Gaes. Kami sarankan agar kamu membawa kamera anti air juga, ya. Takutnya kalau kecipratan. Kan bahaya :)

10. Ternyata Batman Juga Pernah Tinggal di Trenggalek, Sob. Buktinya Ada Goa Lowo (Kelelawar) di Sini.

Goa Lowo foto dari @rinupamungkas

 

Goa Lowo ini terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Dari kota Tulungagung, kira-kira kamu harus menempuh jarak 30 km. Demikian juga apabila kamu datang dari kota Trenggalek. Nah, letak Goa Lowo ini kurang lebih 600 meter dari Goa Kedung Biru yang merupakan petilasan para pertapa. Jadi dengan mengunjungi goa ini, maka kamu akan mendapatkan dua spot sekaligus.

Hebatnya, Goa Lowo ini dinyatakan sebagai goa terbesar se-Asia Tenggara. Jadi nggak heran lah ya kalau Batman pernah bersarang di sini. Hehehe. Yap, Goa Lowo ini memiliki panjang sekitar 800 meter, dengan sembilan ruang yang luas dan beberapa ruang kecil yang ada di dalamnya. Pintu masuk ke goa ini pun terbilang unik, karena berupa jembatan dari sebuah sungai yang memisahkan tempat parkir dan area goa. Kamu harus berjalan beberapa ratus meter sebelum menemui anak tangga yang menurun menuju ke mulut goa ini.

Goa Lowo foto dari @dianrika

 

Begitu masuk ke lokasi ini, kamu akan disuguhi keindahan stalagtit dan stalagmit yang menghiasi badan goa. Keindahan itu ditambah dengan pencahayaan dari lampu berwarna-warni yang cukup menawan. Gemericik air dan cicit suara kelelawar juga bisa kamu dengarkan di tempat ini. Karena memang, goa ini dihuni oleh ratusan atau bahkan ribuan kelelawar. Untuk masuk ke lokasi ini, kamu diwajibkan membayar retribusi seharga Rp. 15.000,00/ orang. Sedangkan biaya parkirnya berkisar Rp. 2000,00 – Rp. 10.000,00 tergantung kendaraan yang kamu pakai. So, tunggu apa lagi?

11. Wisata Pantai Udah, Jurug Udah, Kedung Udah, Goa Juga Udah. Yap, Kini Saatnya Menjajal Wisata Atas Awan!

Bukit Banyon foto dari @ilhambagus87

 

Destinasi wisata selanjutnya adalah Bukit Banyon. Bukit ini berada di Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Untuk menjangkau lokasi ini, kamu tak perlu repot-repot jalan kaki, karena bisa dijangkau dengan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Ya, lokasi Bukit Banyon ini biasanya ramai dikunjungi para wisatawan pada akhir pekan. Oleh karena itu, kalau kamu tak ingin berdesak-desakan, ada baiknya kalau kamu ke sini pas di hari kerja.

Bukit Banyon foto dari @ridodiki

 

Hingga saat ini, warga setempat maupun pemerintah daerah belum menjadikan puncak Bukit Banyon ini sebagai kawasan wisata. Sehingga kamu bisa dengan leluasa menyaksikan keindahan alam tanpa harus membayar tiket masuk. Ohya, kami sarankan agar kamu bangun lebih pagi. Karena lokasi ini paling cocok buat kamu didatangi pas di pagi hari. Soalnya, pesona sunrise dari tempat ini sungguh luar biasa. Yuk, bangun pagi, yuk…

12. Selanjutnya, Kamu Bisa Menjajal Wisata Ekstrim Ini dan Rasakanlah Sensasi Menjadi Spiderman.

Gunung Sepikul Trenggalek via impalaub.or.id

 

Trenggalek memiliki beberapa Gunung yang sangat ideal untuk olahraga Panjat Tebing. Salah satunya adalah Gunung Sepikul yang terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Gunung ini sering digunakan untuk arena berlatih panjat tebing mahasiswa pecinta alam, ataupun klub pecinta alam dari dalam maupun luar negeri. Lokasi wisata ini berdekatan dengan Goa Lowo, dan aksesnya pun sudah cukup baik. Kamu siap menjajal wisata ektrim ini, Gaes?

Yoyoi, Gaes. 12 tempat wisata—baik yang udah populer maupun yang belum populer—di Trenggalek udah kami rangkumkan buat kamu, kamu, dan kamu. So, segera sambangi kota keren ini, ya. Nah, kalau infonya kurang lengkap atau pegimane, yuk share di kolom komentar bawah ini.

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.