Selain Air Terjun Nglirip, 7 Tempat Wisata di Tuban Ini Bisa Banget Kamu Ajak Selfie

Ngadem.com – Woy Genks, kamu tahu jalan Daendels, kan? Iya, itu tuh yang terkenal dalam buku-buku sejarah. Jalan di Pantai Utara ini membentang dari anyer sampai panarukan. Dan di sinilah kami akan mengajakmu untuk mengawali penjelajahan wisata. Tepatnya berada di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Yap, Pusat pemerintahan Kabupaten Tuban terletak 101 km sebelah barat laut Kota Surabaya dan 215 km sebelah timur Semarang. Nah, kamu tahu nggak sih kalau di Tuban ini banyak terdapat tempat wisatanya? Kalau belum tahu, yuk kita cari tahu lebih lanjut.

1. Klenteng Kwan Sing Bio: Satu Alternatif Wisata di Kota Tuban

Klenteng Kwan Sing Bio foto dari @litaoctaviana

Ya, salah satu tempat wisata yang menarik yang bisa kamu kunjungi selagi berada di Kota Tuban adalah obyek wisata Klenteng Kwan Sing Bio yang terletak di daerah jalur Pantura. Untuk menuju ke tempat ini kamu tinggal mengikuti rute berikut: Alun-alun Kota Tuban – Klenteng Kwan Sing Bio ( JL. RE. Martadinata, No. 1, Karangsari, Tuban). Jarak antara alun-alun kota dengan Klenteng sekitar 1,8 km, atau bisa kamu tempuh selama 8 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Istimenya lagi, Klenteng Kwan Sing Bio ini berada di Jalur Pantura yang langsung menghadap ke laut. Untuk berkunjung ke tempat ini, kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Cukup meninggalkan KTP atau kartu pengenal lainnya di Pos Satpam yang menjaga klenteng tersebut. Adapun hal yang unik dari obyek wisata ini adalah di gerbang pintu masuk ke Klenteng Kwan Sing Bio terdapat patung kepiting besar di atasnya dengan bangunan yang didominasi dengan warna merah sebagaimana identik dengan tempat ibadahnya orang Tionghoa pada umumnya.

2. Yuk, Jelajahi Goa Putri Asih yang Spesial Buat Kamu

Goa Putri Asih foto dari @saputradyanefendy

Lokasi surga bawah tanah ini terletak di kawasan hutan jati petak 37 A, RPH Nguluhan, BKPH Mulyoagung, KPH Parengan, atau persisnya berada di Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Tuban. Di sini kamu bisa menikmati berbagai ornamen goa yang terdiri dari stalaktit dan stalakmit yang menjadi tiang penyangga ruang kedua dan ketiga dalam goa. Ohya, secara keseluruhan, goa ini memiliki 6 ruangan yang cukup besar.

Keunikkan lainnya yang bisa kamu dapatkan di sini adalah ornamen korden batu yang terbentuk dari tetesan air yang sangat tipis hingga membentuk menyerupai kelambu atau selendang. Rangkaian ornamen lainnya di antaranya soda strav, flow stone, helektit atau batu yang tumbuhnya dari stalaktit secara menyamping. Yap, untuk masuk ke dalam goa ini, kamu akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 7000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua.

3. Kurang Puas? Nih, Kami Kasih Goa Ngerong yang Ada Sungainya

Goa Ngerong foto dari @joe.rtu

Goa Ngerong terletak di kaki bukit kapur yang memiliki kedalaman hingga 1,8 km. Tepatnya di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Goa Ngerong ini merupakan salah satu destinasi wisata paling hits di Kota Tuban dan sering dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat musim libur sekolah. Jadi, kalau kamu pengin ke sini pas lagi sepi, maka datanglah pada hari-hari kerja/ weekday.

Istimewanya, selain bisa menikmati pesona Goa Ngerong dari luar, kamu juga bisa masuk ke dalam goa dengan menggunakan perahu karet. Soalnya, di dalam Goa Ngerong ini terdapat sungai berukuran sedang yang mengalir dengan cukup deras. Air sungainya pun cukup jernih, sehingga kamu bisa melihat ikan-ikan kecil dan beberapa kura-kura putih di sebuah kolam kecil yang terdapat di dalam goa tersebut. Yap, untuk biaya masuknya dipatok dengan harga Rp. 5000,00. Sedangkan biaya parkirnya berkisar antara Rp. 2000,00 – Rp. 5000,00 tergantung kendaraan yang kamu pakai.

4. Tak Jauh dari Goa Ngerong, Kamu Juga Bisa Mlipir Sebentar ke Bukit Kapur Nan Eksotis

gunung kapur, rengel, foto dari @niaayua

Lokasinya tak begitu jauh dari Goa Ngerong, bahkan masih dalam satu kawasan yang sama, yakni di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Ya, obyek wisata berupa bukit kapur ini sebenarnya merupakan tempat penambangan yang dikelola oleh warga setempat. Potongan-potongan batu kapur itu membentuk sebuah bangunan yang begitu artistik dan sangat cantik untuk dipandang. Maka tak heran kalau tempat ini kemudian dikelola menjadi tempat wisata alternatif yang sering dikunjungi oleh muda-mudi hits Kota Tuban.

Untuk biaya masuknya, kamu tidak akan dikenai biaya sepeserpun, alias gratis. Tapi kamu diharuskan membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000,00 (motor) dan Rp. 5000,00 (mobil). Tempat ini paling ramai dikunjungi ketika sore hari. Soalnya, di sini kamu bisa melihat sunset atau matahari tenggelam dari ketinggian bukit yang begitu memukau. Dijamin kamu nggak akan nyesel, deh.

5. Habis Panas-Panasan di Bukit Kapur, Kini Saatnya Cari yang Seger-Seger di Pemandian Bektiharjo

Pemandian Bektiharjo,Semanding foto dari @anggasetiyakurniawan

Secara administratif Pemandian Bektiharjo ini terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kalau kamu berangkat dari pusat Kota Tuban, jaraknya bisa kamu tempuh sekitar 5 km ke arah selatan, atau sekiranya 15 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Untuk menuju ke tempat pemandian Bektiharjo tidaklah sulit, karena tempatnya bisa kamu akses dengan menggunakan trasportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Istimewanya, di tempat ini terdapat dua kolam pemandian yang dibedakan menurut jenis kelaminnya. Ya, kedua kolam tersebut bernama Sendang Lanang, yakni kolam khusus laki-laki, dan Sedang Wadon yang khusus diperuntukkan bagi kaum hawa. Namun, seiring perkembangan zaman, pemisahan fungsi dua sendang tersebut tinggallah sebagai sebutan belaka. Kini para pengujung bisa berenang secara bebas di kedua kolam tersebut, baik cowok maupun cewek. Nah, untuk biaya masuknya kamu akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 6000,00 dan biaya parkir sebesar Rp. 2000,00 untuk kendaraan roda dua.

6. Berendam Santai di Sejuknya Kolam Air Terjun Banyu Langse

Banyu Langse foto dari @brotosuseno

Air terjun Banyu Langse yang terdapat di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, ini merupakan wisata air terjun yang cukup indah dengan suasana dan pemandangan alamnya yang khas. Di kawasan ini, kamu bisa menemukan 3 buah air terjun sekaligus. Air terjun yang pertama berada pada tumpukan batu besar berbentuk bulat dengan dua batu di bagian bawahnya, sedangkan satu batu lagi terdapat di bagian atas. Bagian bawah air terjun ini memiliki kedalaman kurang lebih 5 meter. Sehingga kamu perlu berhati-hati jika hendak berenang di tempat ini.

Tak jauh dari air terjun yang pertama, terdapat air terjun yang kedua. Air terjun ini berundak dengan batu-batu besarnya. Sedangkan air terjun yang ketiga lebih kecil dibanding dengan air terjun yang pertama dan kedua. Masing-masing air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan mempunyai ciri khas yang unik dan mengesankan. Untuk masuk ke kawasan ini, kamu akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 8000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua. Yap, tetap jaga kelestariannya ya, Gaes!

7. Uji Nyalimu di Pegunungan Watu Ondo

Watu Ondo foto dari @fikri_fm_362

Lokasi obyek wisata ini terletak tak jauh dari Pemandian Bektiharjo, bahkan masih berada di desa dan kecamatan yang sama, yakni di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Kamu bisa menempuhnya dengan jarak 5 km dari lokasi Pemandian Bektiharjo. Akses jalannya sudah sangat memadai untuk dilalui segala jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Di kiri dan kanan jalannya dipenuhi oleh pepohonan dan ladang yang ditanami aneka tanaman. Mulai dari hutan jati, tebing batu kapur, kebun jeruk, dan kebun minyak kayu putih. Cukup lengkap, kan?

Di kawasan ini, kamu bisa menemukan 4 obyek wisata sekaligus, yakni Watu Planting, Ondo Nyikut, Ondo Dhuwur, dan Ondo Endek. Keempat lokasi tersebut memiliki ciri dan karakter masing-masing, sehingga kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginanmu. Nah, untuk biaya masuk ke Obyek Wisata Watu Ondo ini, kamu akan dikenai tarif masuk sebesar Rp. 7000,00. Sedangkan biaya parkirnya berkisar antara Rp. 2000,00 – Rp. 5000,00 tergantung kendaraan yang kamu pakai.

Oke, 7 destinasi wisata yang ada di Kota Tuban sudah kami rangkumkan buat kamu semua. Tetap sehat dan jangan lupa makan ya Genks, biar bisa jalan-jalan terus bersama Ngadem.com. Yihaaa…

Komentar

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.