16 Tempat Wisata Hits di Aceh Ini Cakepnya Totalitas Abis!

Ngadem.com – Aceh merupakan sebuah provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sumatra, sekaligus menjadi provinsi paling barat di Indonesia. Provinsi ini juga memiliki kekayaan sumber daya alam yang cukup melimpah, yakni minyak bumi dan gas alam. Bahkan, sejumlah analis memperkirakan bahwa cadangan gas alam yang ada di Aceh merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Selain itu, Aceh juga terkenal dengan hutannya yang terletak di sepanjang jajaran Bukit Barisan dari Kutacane di Aceh Tenggara sampai Ulu Masen di Aceh Jaya. Tak sampai di situ saja. Aceh juga mempunyai beragam tempat wisata kece yang wajib banget buat kamu sambangi.

Mulai dari gugusan pulaunya yang tampak menawan, sampai pemandangan air terjunnya yang begitu memukau. Nah, kalau kamu penasaran dan pengin tahu ada apa aja di Aceh, yuk langsung aja kita telusuri bareng-bareng!

1. Awali Perjalananmu ke Pantai Iboih yang Menawan

Pantai Iboih, Pulau Weh foto dari foto dari @ricky_angg

Pantai Iboih terletak di tepi barat Pulau Weh. Tepatnya di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Sabang, Provinsi Banda Aceh. Salah satu hal menarik yang bisa kamu lakukan di tempat ini adalah snorkeling. Ya, keindahan biota bawah laut yang dimiliki Pantai Iboih sudah cukup terkenal hingga ke mancanegara. Maka tak heran kalau banyak wisatawan—baik domestik maupun non-domestik—yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk merasakan sensasi ber-snorkeling di kawasan lepas pantainya. Nah, buat kamu yang tidak menyiapkan peralatan snorkeling tapi ingin melakukan kegiatan tersebut, di sini juga telah disediakan peralatan yang bisa kamu sewa dengan biaya sebesar Rp. 50.000,00/ orang. Ohya, di kawasan Pantai Iboih ini juga telah disediakan cottage buat kamu-kamu yang ingin menikmati malam di sini. Harganya juga cukup terjangkau, kok.

2. Menenangkan Diri di Pulau Batee yang Tak Berpenghuni

Pulau Batee, Aceh Besar foto dari @teuku_chaidil

Pulau Batee terletak di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Banda Aceh. Untuk menuju lokasi ini, kamu harus menempuh perjalanan dengan menggunakan perahu boat yang memakan waktu kurang lebih 20 menit perjalanan dari pusat kota Banda Aceh. Saat weekend atau hari libur, pantai ini akan dipenuhi para wisatawan, baik dari dalam maupun dari luar Aceh. So, kami sarankan agar kamu datang ke sini pas di hari kerja kalau tak ingin berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya.

Nah, istimewanya lagi, Pulau Batee ini memiliki ombak yang tenang. Keadaan pantainya pun cukup landai, sehingga sangat cocok jika kamu pergi ke sini bersama keluarga maupun pacar tercinta. Ya, coba bayangin aja kalau kamu lagi berada di sebuah pulau yang tak berpenghuni; duduk bersama sang pujaan hati sembari menikmati pesona sunset yang menawan. Ouh, pasti so sweet banget lah, ya? Dijamin deh, pacarmu akan langsung klepek-klepek.

3. Pulau Keluang Juga Tak Kalah dengan Kedua Obyek Wisata di Atas

Pulau Keluang, Aceh Jaya, Aceh foto dari @tahmidillh

Pulau Keluang terletak di Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Banda Aceh. Di sini kamu akan diajak berpetualang menikmati hamparan pasir putih, batu-batuan besar yang tersusun rapi di tepi pantai, serta hijaunya pepohonan yang banyak tumbuh di sekitar lokasi. Ohya, di sini juga terdapat pulau lain yang tak kalah kecenya. Namanya Pulau Sudheun. Untuk mencapai lokasi ini, pertama-tama kamu harus melajukan kendaraanmu menuju Jalan Lintas Banda Aceh – Geurutee. Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan perjalananmu dengan menggunakan perahu boat yang hanya berkapasitas 4 orang. Waktu tempuhnya sekitar 15 menit perjalanan. Dan setelah itu, sampai deh ke lokasi.

4. Mumpung Masih di Kawasan Pulau Keluang, Sekalian Aja Mampir ke Goa Sarang!

Goa Sarang, Sabang foto dari @azqartamliqa

Akses jalan menuju Goa Sarang memang agak sulit, karena belum adanya papan penunjuk jalan yang disediakan oleh pemerintah setempat. Oleh karena itu, kalau kamu udah sampai di Pulau Keluang, mendingan kamu tanya aja pada warga sekitar. Pasti mereka mau menjawabnya dengan suka-cita, kok. Selain belum disediakannya penunjuk jalan, untuk mencapai Goa Sarang ini juga dibutuhkan tenaga yang ekstra. Ya, kamu harus melewati jalur trekking dengan kondisi jalan yang berbatu. Selain itu, kamu pun harus melewati tebing-tebing curam dan bebatuan karang. So, kamu harus ekstra hati-hati kalau ingin berkunjung ke sini. Tapi jangan khawatir dulu, Genks. Setelah melakukan perjalanan yang lumayan melelahkan itu, kamu akan menemukan lokasi yang ciamik banget, kok. Ya, lihat aja tuh gambar di atas. Keren, kan?

5. Temukan Spot Kece di Ujong Seukee

Ujong Seukee, Sabang, Aceh foto dari @ambiya3

Ujong Seukee merupakan sebuah bukit karang yang terletak di sisi barat Pantai Momong. Lokasinya terletak di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Banda Aceh. Kawasan obyek wisata ini juga dikenal masyarakat sekitar sebagai tempat memancing yang paling kece. Maka dari itu, jika kamu tak ingin ketinggalan momen seru ini, kamu pun wajib membawa peralatan pancing dari rumah. Ya, selain bisa memancing di tempat ini, kamu pun akan diajak untuk menikmati panorama Pantai Momong dari ketinggian. Ditambah lagi pesona sunset yang memukau dari lokasi ini. Ombak lautnya pun cukup tenang. Warna airnya juga agak biru kehijau-hijauan. Dan yang paling penting, di sini banyak ikannya. Udah deh, gak perlu mikir lagi. Pokoknya tempat ini recommended banget buat kamu kunjungi.

6. Pulo Aceh, Destinasi Wisata Baru di Aceh

Pulo Aceh, Aceh Besar foto dari @aiukaze

Pulo Aceh merupakan sebuah nama kecamatan yang terletak di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Banda Aceh. Di lokasi ini kamu bisa mengeksplor puluhan obyek wisata sekaligus, antara lain Pantai Nipah, Pantai Deumit, Pantai Deudap, Pantai Alue Reuyeng, Pantai Pasi Raya, Pantai Meulingge, Pantai Balu, Pantai Alue Raya, Pantai Pasi Lambaro, Pantai Pasi Raya, Pantai Mata-ie, Pantai Krisek, Pantai Lapeng, dan beberapa teluk yang sangat indah. Memang, Aceh cukup dikenal dengan wisata baharinya, maka tak heran kalau banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk menghabiskan waktu berliburnya. Istimewanya, di kawasan ini kamu bisa ber-snorkeling dan menikmati indahnya panorama bawah laut yang memukau. Terumbu karangnya masih terjaga. Biota lautnya pun cukup lengkap. Jadi, tunggu apa lagi, Genks?

7. Nikmati Gugusan Pantai dari Ketinggian Mercusuar William Toren III

Mercusuar Willem Toren III, Pulo Aceh foto dari @iqbalhidayatullah08

Mercusuar William Toren III masih satu kawasan dengan obyek wisata Pulo Aceh. Maka dari itu, mumpung kamu masih di kawasan tersebut, sekalian aja deh sambangi tempat ini. Toh, gak ada ruginya juga kok. Hehehe. Ya, bangunan mercusuar ini sudah berdiri sejak zaman kolonial Belanda, tepatnya sudah berusia 140 tahun. Istimewanya lagi, mercusuar ini mempunyai ketinggian sekitar 85 meter. So, kamu bisa menikmati eloknya gugusan pantai yang ada di Pulo Aceh dari ketinggian mercusuar ini. Tunggu apa lagi?

8. Udah Puas Kan Eksplor Pantainya? Sekarang Kita Cari Air Terjun Yuk!

Air Terjun Pria Laot, Sabang foto dari @sheillagiusti

Selanjutnya, kami akan mengajakmu berpetualang menelusuri obyek wisata Air Terjun Pria Laot. Lokasi obyek wisata ini terletak di Desa Pria Laot, Sabang, Provinsi Banda Aceh. Kalau kamu berangkat dari pusat kota Sabang, maka kamu harus menempuh jarak sekitar 12 km untuk sampai ke lokasi. Keistimewaan air terjun ini terletak pada bentuknya yang bertingkat. Selain itu, di sini juga terdapat sebuah kolam alami yang posisinya berada tepat di bawah air terjun tersebut. Kolam alami ini bisa kamu manfaatkan untuk berenang. Tapi ingat, pastikan kamu membawa pakaian ganti kalau tak mau pulang dalam keadaan basah kuyup. Untuk fasilitas pun terbilang lengkap, mulai dari tempat istirahat, tempat ibadah yang luas, dan juga warung makan yang tersedia di sekitar lokasi.

9. Kurang Puas? Nih, Sambangi Juga Air Terjun Tansaran Bidin

Air Terjun Tansaran Bidin, Bener Meriah, Aceh foto dari @elfakarz

Sesuai namanya, air Terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter ini terletak di Desa Tansaran Bidin, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Banda Aceh. Ya, air terjun yang mempunyai pesona dan daya tarik yang begitu luar biasa ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Provinsi Banda Aceh. Butuh tenaga ekstra untuk mencapai lokasi ini. Pasalnya, akses jalan menuju air terjun Tansaran Bidin memang belum begitu bagus. Kamu harus menempuh perjalanan dengan melewati jalan setapak selama kurang lebih 1,5 jam. Agak melelahkan memang. Tapi, semua itu akan segera terbayar lunas ketika kamu sampai di sini. Nah, buat kamu yang punya hobi treking, kamu wajib banget untuk menyambangi tempat ini!

10. Wah, Masih Belum Puas? Masih Ada Nih, Namanya Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka Aceh Besar foto dari @niyya.1982!

Lokasi air terjun Kuta Malaka terletak di kawasan Samahani, Kabupaten Aceh Besar, Banda Aceh. Untuk mencapainya, kamu harus menempuh jarak sekitar 45 km dari pusat kota Banda Aceh. Setelah memasuki kawasan Aceh Besar, kamu akan disuguhi pemandangan sawah serta pergunungan dari sisi kanan dan kiri jalan. Pokoknya pemandangannya kece banget, deh. Apalagi kalau kamu datengnya pas di saat musim tanam padi. Suasana pedesaan yang asri akan langsung terasa begitu kamu melewati jalan ini. Nah, kalau kamu udah sampai di kawasan Samahani, perhatikan tugu yang berada di sebelah kanan jalan. Tugu tersebut menjadi petunjuk arah masuk menuju lokasi Air Terjun Kuta Malaka. Ohya, siapkan uang Rp. 10.000,00 untuk memasuki obyek wisata ini, ya.

11. Air Terjun Tahura Saree, Lokasi yang Pas Buat Basah-Basahan

Air Terjun Tahura Saree, Aceh, Indonesia foto dari @iam_sipop

Tak banyak yang tahu kalau di Lembah Seulawah Aceh Besar juga terdapat sebuah air terjun yang begitu indah dan memesona. Untuk mencapai air terjun ini memang dibutuhkan perjuangan yang lumayan melelahkan. Kamu harus melewati berbagai rintangan karena air terjun ini letaknya cukup jauh dari tempat parkir kendaraan. Bahkan, kamu harus masuk ke dalam hutan yang cukup lebat. Meskipun begitu, obyek wisata ini tetap menjadi primadona dan selalu ramai didatangi pengunjung. Nah, kalau kamu pengin ke sini, maka kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp. 10.000,00 sebagai biaya retribusi untuk memasuki obyek wisata ini. Setelah membayar biaya retribusi, kamu akan dibimbing oleh Polisi Hutan untuk mengantarmu sampai ke lokasi.

12. Menelusuri Jejak Keindahan Air Terjun Lhok Keutapang

Lhok Keutapang, Tangse, Pidie, Aceh Pidie foto dari @yose8rz

Sesuai namanya, air terjun ini terletak di Desa Lhok Keutapang, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Banda Aceh. Untuk mencapai lokasi air terjun ini memang gampang-gampang susah. Tapi banyak susahnya, sih. Hehehe. Ya, pertama-tama kamu harus menyusuri jalanan setapak, kemudian menuju ke hutan rimba, dan setelah itu menuruni jalanan berbatu yang agak licin dan curam. Total perjalanan yang akan kamu tempuh sekitar 1,5 jam. Tapi tenang, meskipun kawasan hutan ini masih lebat, tapi cukup aman kok. Soalnya udah banyak orang yang berlalu-lalang di sekitar lokasi ini. Istimewanya lagi, untuk memasuki obyek wisata ini kamu tidak akan dikenai sepeser pun.

13. Sejukkan Jiwa dan Ragamu di Kuala Paret

Kuala Paret, Aceh Tamiang Hulu, foto dari @aliyusuf_

Meskipun namanya kurang menarik, tapi ternyata tempat ini menyimpan keindahan alam yang begitu luar biasa dan menawan. Di sini kamu akan menemukan dinding batu alami yang dialiri air sungai yang cukup deras. Dinding batu tersebut membentuk sebuah cekungan yang menyerupai sebuah kolam, sehingga kamu bisa manfaatkannya untuk berenang. Untuk sampai di lokasi ini, kamu harus mengarahkan kendaraanmu ke Desa Kaloi, Tamiang Hulu, Banda Aceh. Dan memang, secara administrasi, lokasinya masih berada di kawasan perkebunan kelapa sawit PT. Ampli. Jaraknya pun cukup jauh dari pusat kota Kuala Simpang, yakni sekitar tiga jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. So, persiapkan segala kebutuhanmu sebelum pergi ke sini ya, Genks!

14. Wisata Aceh Memang Tak Ada Habisnya. Nih, Sambangi Juga Lingkok Kuwieng yang Ciamiknya Totalitas Banget!

Lingkok Kuwieng, Padang Tiji, Aceh foto dari @ishak_mutiara

Kali ini kita akan berpetualang menyusuri lembah ngarai yang terletak di Kecamatan Padang Tiji, Kapupaten Pidie, Banda Aceh. Nama obyek wisata ini adalah Lingkok Kuwieng. Untuk mencapainya, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Pidie. Begitu sampai di kawasan obyek wisata Lingkok Kuwieng, kamu akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 10.000,00/ orang. Dari pos penjagaan, kamu masih harus berjalan kaki menyusuri lereng lembah untuk mencapai lokasi ini. Total waktu yang kamu butuhkan sekitar 1 jam perjalanan dengan melewati jalan setapak bebatuan. Meskipun terasa begitu melelahkan, tapi semua akan terbayar lunas saat kamu melihat keindahan Lingkok Kuwieng ini. Selamat berlibur, Kawan!

15. Sedikit Bergeser ke Kota untuk Menyambangi Waduk Jeulikat, Lhokseumawe

Waduk Jeulikat, Lhokseumawe, Aceh  foto dari @fach_reza

Obyek wisata ini masih terbilang baru di Kota Lhokseumawe. Setiap senja tiba, lokasi ini selalu ramai didatangi pengunjung yang ingin melepas penat atau sekadar bersantai bersama kawan maupun kekasih. Nah, kalau kamu berminat mengunjungi tempat ini, lokasinya terletak di Desa Jeulikat, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Banda Aceh. Kamu tak perlu khawatir masalah biaya. Soalnya, tempat ini tidak menarik pungutan untuk setiap pengunjung, alias gratis! Meskipun begitu, kamu tetap diharuskan membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 3000,00 (motor) dan Rp. 5000,00 (mobil). Murah meriah, kan?

16. Bukit Jalin: Lokasi Paling Pas untuk Menjalin Ikatan Cinta

Bukit jalin, Jantho, Aceh Besar foto dari @ishak_mutiara

Mengapa dinamakan Bukit Jalin? Karena bukit ini menjadi tempat paling ciamik untuk menjalin kisah kasih. Hehehe. Tapi gak usah percaya ya, soalnya itu cuma buat seru-seruan aja! Oke, kembali ke topik utama. Bukit Jalin terletak di Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Banda Aceh. Dari atas bukit ini kamu akan disuguhi pemandangan kece berupa sungai, perbukitan, dan wilayah hutan yang masih lebat. Tak hanya itu, udara di sini pun juga terasa sejuk dan menyegarkan. Karena memang, kawasan ini didominasi pepohonan hijau nan rimbun yang siap meneduhkan hatimu. So, kapan kamu mau ke sini?

Pesona wisata Aceh cukup menggiurkan, ya? So, kapan kamu mau ajakin pacarmu ke sini? Kali-kali pacarmu itu mbok diajak traveling. Biar doi tambah sayang sama kamu. Nah, kalau udah jadi berangkat, tetep inget ya, jaga selalu kelestarian alam ini. Have fun, Beibeh! :*

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut
Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable
Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja