5 Tempat Wisata Hits di Kalangan Anak Muda Bangkalan

Ngadem.com – Apakah kamu pernah berkunjung ke Pulau Madura? Pernah tapi gak sempat mampir ke Kabupaten Bangkalan? Oh no! Itu kode keras kalau kamu wajib balik ke Pulau Madura lagi. Jadi, Kabupaten Bangkalan itu salah satu kabupaten di Pulau Madura yang letaknya di ujung paling Barat dari Pulau Madura. Bangkalan berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Sampang di timur serta Selat Madura di selatan dan barat.

Bangkalan punya potensi wisata yang kece banget. Mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner. Masa sih? Perasaan gak ada apa-apanya deh. Aaah, kamu aja yang kudet. Yuk, hentikan kekudetanmu lewat rangkuman Ngadem.com di bawah ini.

1. Di Urutan Pertama, Tentu Saja Bukit Jaddih

Bukit Jaddih Bangkalan Foto Dari @jazaulchusna

Bukit Jaddih sejatinya bukanlah tempat wisata. Waduuuh, terus tempat apaan neh? Ok, woles ya guys. Jadi, ceritanya Bukit Jaddih ini sebenarnya adalah tempat penambangan batu kapur putih. Loooh, kok bisa ya? Ya bisalah. Kan sekarang emang lagi ngetrend wilayah pertambangan yang tiba-tiba disulap jadi tempat wisata. Itu sebenanrnya karena jasa-jasa kamu para pengeksplor, jadi berbanggalah.

Bukit Jaddih terletak di Kabupaten Bangkalan yang hanya berjarak sekitar 27 km dari pusat Kota Surabaya. Ya, kira-kira 1-2 jam perjalananlah. Akses menuju Bukit Jaddih sudah bisa kamu akses menggunakan sepeda motor via Jalan Raya Labang jadi kamu gak perlu menerjang Kota Bangkalan.

Tapi kalau pakai mobil sih kayanya kamu harus memasuki Kota Bangkalan dulu deh solanya jika via Jalan Raya Labang ditakutkan mobil kecemu bisa lecet-lecet soalnya akses via Jalan Raya Labang yang agak ekstrim gimana getooh. Lewat jalur manapun, dengan menggunakan moda transportasi apapun, yang jelas Bukit Jaddih siap membiusmu dengan pesona bukit batu yang memiliki pola keceeeh abis dengan warna putih yang, duh duh gak nguati.

Gak hanya bisa berfoto-foto dengan background bukit batu yang ciamik, di sekitar lokasi Bukit Jaddih juga ada kolam renang loh. Namanya kolam renang Goa Potte. Duh, ini jadinya kolam renang apa goa seh? Kolam renang dong! Mungkin setelah berpanas-panasan dan puas mandi keringat di Bukit Jaddih kamu bisa langsung nyemplung ke kolam renang Goa Potte. Apa, kamu gak mau? Dijamin kamu bakal nyesel mengingat susanaa di Bukit Jaddih yang puanaaas e pol. Perlu diingat juga, di Bukit Jaddih tuh masih ada aktifitas pertambangan loh jadi ya gitu deh agak berdebu gimana gitu so jangan lupa bawa masker ya guys.

2. Masih di Perbukitan Kapur, Kali Ini Bergeser Ke Arosbaya

Arosbaya Bangkalan Foto Dari @ar.rums

Ini dia satu lagi bukit kapur di Kabupaten Bangkalan. Namanya Bukit Arosbaya. Nama ini di ambil dari nama Kecamatan dimana bukit tersebut berada. Sama halnya dengan Bukit Jaddih yang merupakan bekas pertambangan, Bukit Arosbaya ini juga bekas pertambangan gitu. Anehkan, pertambangan yang mengerikan justru melahirkan tempat wisata yang kece dan ciamik.

Bukit Arosbaya berada di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya. Akses menuju lokasi bukit juga tidak sulit kok. Apalagi buat kamu yang pernah berkunjung ke Wisata Religi Makam Para Raja Bangkalan Soalnya bukit Arosbaya berada tidak jauh dari wisata religi ini.  Gimana, kamu penasaran?

3. Dari Bukit, Mari Kita Ke Gunung Geger

Gunung Geger Foto Dari @fuad_hsn

Namanya Gunung Geger tapi ini sebenarnya hanya bukit batu yang menjulang gitu. Tapi dari dulu namanya udah kaya gitu, Gunung Geger. Tempat ini menyimpan cerita sejarah yang penting bagi masyarakat Madura. Bukit Geger berada kurang lebih 30 Km arah tenggara Kota Bangkalan, tepatnya di Desa Geger, Kecamatan Geger. Dari Kota Bangkalan lurus terus ke arah utara yaitu ke arah Kecamatan Arosbaya, lalu ke timur kearah Kecamatan Geger. Disitulah bukit itu berada. Bukit tersebut mudah dijangkau karena letaknya tepat dipinggir jalan raya.

Tapi kamu disarankan untuk membawa kendaraan pribadi karena akses ke bukit geger ini masih agak sulit gitu. Dan kamu juga harus dalam keadaan fit ya guys, karena untuk mencapai puncak bukit kamu harus mendaki ratusan anak tangga soalnya bukit ini berada di ketinggian sekitar 150-200 meter diatas permukaan laut. Gak tinggi-tinggi banget kok. Di Gunung Geger kamu bisa wisata alam, bahkan ada lahan untuk berkemah juga loh. Gimana, serukan?

4. Mantai di Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning Foto Dari @rikacalleria

Berkunjung ke Bangkalan tanpa mengunjungi Pantai Siring Kemuning tuh rasanya garing banget. Pantai yang terletak di desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi ini berjarak sekitar 41 km ke arah utara dari Kota Bangkalan. Sekitar satu jam perjalanan dan kamu disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum yang mencapai daerah Pantai Siring Kemuning.

Untuk menikmati pesona Pantai Siring Kemuning kamu gak perlu galau mikirin tiket masuk karena gratis guys. Tapi kamu tetap bayar parkir sih. Pantai Siring Kemuning menawarkan suasana pantai yang asri, sejuk dan tentunya masih sepi gitu. Cocok banget buat liburan. Kamu juga bisa kok duduk-duduk santai di bawah pohon yang rindang banget. Tapi perlu kamu ingat, pantai ini belum menyiapkan fasilitas apapun. Jadi kamu wajib membawa semua keperluanmu sendiri dari rumah yak.

Puas main-main di pantai kamu bisa merasakan sensasi kuliner dan belanja batik yang tidak jauh dari pantai ini yaitu  Bebek Sinjay Sambal Pecit yang kelezatannya sudah tersebar ke penjuru semesta (duuh alay banget yak). Gak cuma makan, kamu juga bisa berburu Batik di Batik Tanjung Bumi.

5. Ngintip Jejak Penjajahan Belanda di Mercusuar Sembilangan

Menara Samblingan Foto Dari @desytaayuu

Jejak penjajahan Belanda dalam hal pembangunan gak terhitung banyaknya. Nah, salah satunya ada di Kabupaten Bangkalan. Kamu bisa ngintip lewat Mercusuar Sembilangan. Mercusuar yang akrab dengan warga sekitar ini berdiri tahun 1879 pada masa pemerintahan Z.M William III.

Mercusuar ini terletak di Desa Sembilangan Kecamatan Socah Bangkalan. Cukup strategis karena tidak jauh dari pusat Kota Bangkalan atau hanya berjarak 6 km aja. Mercusuar ini memiliki ketinggian sekitar 78 meter yang terdiri dari 16 lantai biasa dan pada tingkat terakhir atau lantai ke 17 yang disiapkan untuk lampu mercusuar. Oh iya, hingga hari ini mercusuar ini masih berfungsi loh.

Pada malam hari lampu di puncak menara merupakan sahabat bagi ratusan kapal yang tengah mengarungi Selat Madura. Mercusuar Sembilangan berdiri di atas lahan seluas 1 Ha. Buat kamu yang pengen nongkrong disini, kamu gak akan dipungut biaya sepeser pun tapi wajib bayar parkir dan jaga kebersihan ya guys.

Guys, itu tadi 5 wisata di Bangkalan yang lagi hits di kalangan anak muda Pulau Madura dan sekitarnya. Kamu yang jauh dari Pulau Madura, kapan kesini? Buat kamu yang dari Pulau Madura khususnya Kabupaten Bangkalan, yuk nambahin list wisata kece di Bangkalan lewat kolom komentar di bawah ini.

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.