5 Tempat Wisata Hits di Blora yang Kece Abis Untuk Selfie

Ngadem.com – Blora merupakan sebuah kota kabupaten yang terletak di sebelah timur provinsi Jawa Tengah. Daerah ini memang dikenal dengan wilayahnya yang tandus, akan tetapi, daerah ini juga cukup dikenal sebagai penghasil minyak terbesar di Jawa Tengah. Dan jangan salah, meskipun kota ini tampak kecil, tapi di sini kamu bisa menemukan beberapa tempat wisata yang tak kalah asyik dari tempat lainnya.

Yup, ketika menuju Blora, kamu akan disuguhi pemandangan hutan jati dan pegunungan karst yang begitu cantik. Sungguh luar biasa. Keramahan warganya pun akan membuatmu merasa nyaman. Sehingga, kamu tak perlu merasa khawatir jika tiba-tiba tersesat dan tak tahu arah jalan pulang. Blora yang juga dikenal sebagai tempat kelahiran sastrawan Pramoedya Ananta Toer, mempunyai sejumlah tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika singgah ke sana.

Tak perlu panjang lebar, langsung saja kita telusuri tempat-tempat aduhai yang ada di Blora.

1. Cuci mata hati dan batin di Gunung Mangir.

Gunung Mangir via le-monde-en-marche.com

 

Bagi kamu yang mendambakan suasana perbukitan yang sejuk, jangan pernah melewatkan untuk singgah di tempat ini. Untuk menuju Gunung Mangir, kamu hanya perlu mencari Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Tempat ini tak begitu jauh dari pusat kota Blora, sehingga cukup mudah untuk menjangkaunya. Yap, di tempat ini, kamu akan disuguhi pemandangan padang rumput hijau, yang pastinya akan membuatmu terpukau. Selain itu, kamu juga bisa menemukan beberapa goa alami dan sendang bermata-air yang cukup jernih. Ya, sayang rasanya jika kamu melewatkan tempat ini.

2. Waduk Greneng: tempat paling asik untuk ngadem di Blora.

Waduk Greneng Tunjungan via @pippoalfarizi

Dari Gunung Mangir, kita akan berpindah haluan ke Kecamatan Tunjungan; untuk menyaksikan keindahan Waduk Greneng. Apa yang bisa kamu temukan di tempat ini? Tentu saja sebuah bendungan yang dipeduhi dengan air yang melimpah. Waduk ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga setempat. Mengingat, Blora adalah sebuah wilayah yang cukup tandus dan sering dilanda kekeringan. Tapi jangan kecewa dulu, Sob! Sebab kamu bisa menemukan hal-hal yang cukup aduhai di tempat ini.

Waduk Greneng menawarkan pesona senja yang begitu memikat. Ketika matahari mulai jatuh di atas air, seketika cahayanya akan berpenderan. Dan ketika itu, dapat dipastikan kamu akan terbawa ke sebuah suasana/momen yang romantis. Selain itu, ketika air waduk mulai melimpah, biasanya para warga berlalu-lintas dengan menggunakan rakit bambu, perahu kecil,  atau pun sampan. Bahkan beberapa masyarakat sekitar menjadikan waduk ini sebagai sumber kehidupan. Sambil menggunakan perahu tradisional, mereka mengayuh dayung menyusuri birunya air waduk, untuk mencari ikan di tempat yang telah dipasangi perangkap sebelumnya. Sungguh, di tempat ini kamu akan merasakan hangatnya suasana pedesaan.

3. Blora juga punya spot ‘sinar dari surga’ lho, namanya Goa Terawang.

Goa Terawang via @munirkwnol

Dari Waduk Greneng, kita berpindah ke Goa Terawang yang terletak di Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Mulanya, goa ini terbentuk karena adanya endapan batu kapur yang berumur kira-kira 10 juta tahun yang lalu. Lokasi goa terawang berada di kawasan goa seluas 13 hektar dan sekaligus menjadi kompleks goa terbesar di Jawa Tengah. Tak hanya itu. Di tempat ini kamu juga bisa menemukan goa-goa lain selain Goa Terawang. Adapun goa yang dimaksud adalah Goa Bebek, Goa Macan, Goa Kunir, Goa Menggah, Goa Kanggilon, dan Goa Gombak. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan cahaya matahari yang menembus dinding-dinding goa.

4. Mau basah-basahan? Coba deh ke Kedung Londo.

Kedung Londo via @wawanbenjo

Setelah puas menyusuri goa, ada baiknya kalau kita menuju ke Kedung Londo, sebuah tempat wisata air yang cukup menjanjikan. Yap, Kedung Londo sendiri terletak di Desa Gayam, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora.  Lokasinya cukup mudah dijangkau, sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Blora. Dari alun-alun kota Blora, kita menuju ke arah jalan Blora-Jepon, sampai di sekitaran pasar Jepon, terdapat penunjuk arah ke Bogorejo. Kemudian menyusuri jalan raya hingga terdapat papan nama Pencu, dan belok ke arah kiri. Tidak jauh dari situ, kita akan menemukan penunjuk arah ke Kedung Londo.

Sebelum sampai lokasi, kita akan disuguhi pemandangan berupa ladang persawahan,  perbukitan, sungai, hingga hutan jati yang begitu meneduhkan. Kedung Londo juga sangat cocok bagi pemburu foto. Maka tak heran jika tempat itu sering dijadikan spot untuk mengadakan pre-wedding. Selain itu, Kedung Londo juga memiliki pesona yang lainnya, meliputi pepohonan rindang, serta aliran air yang sangat jernih, sehingga kita tidak perlu khawatir terjangkit penyakit kulit.

5. Masih kurang basah-basahannya? Mlipir dikit deh ke Kedung Banyu Biru

Sungai Firdaus dari @indriantoyoggi

Dari Kedung Londo, kita beralih ke Kedung Banyu Biru yang terletak di kawasan persemaian jati milik BKPH, Blora. Kalau kamu dari arah Semarang, untuk sampai di lokasi ini bisa langsung mengambil arah Purwodadi-Wirosari, menuju ke Kunduran, dan berhenti di pertigaan Gagakan, depan Puskesmas Kunduran. Dari situ, Kedung Banyu Biru bisa ditempuh dengan jarak kira-kira 8 kilometer.

Suara gemericik air akan menyambut kedatanganmu sesampainya di lokasi. Kamu juga bisa menikmati dinginnya air yang begitu jernih. Maka, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak menceburkan diri; untuk mencicipi segarnya air Kedung Banyu Biru.

Nah, itulah 5 tempat wisata hits yang wajib kamu kunjungi ketika singgah di Blora. Untuk tetap melestarikan alam agar tetap terjaga, ada baiknya kalau kamu membuang sampah pada tempatnya ya. Dan kami sarankan, untuk kamu, kamu, dan kamu, agar tidak merusak alam yang begitu indah ini. Selamat berfoto-ria!

Komentar

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.