6 Tempat Wisata Hits di Garut yang “Sayangnya Minta Ampun” Kalau Kamu Lewatkan

Ngadem.com – Ketika kamu mendengar nama kota Garut pasti yang kamu bayangkan adalah Gunung Papandayan dan kelezatan dodolnya. Gunung Papandayan dan Dodol Garut itu memang dua hal yang tidak bisa lepas dari kepala saat mendengar kata Garut. Tapi kayanya nggak adil deh kalau kamu mikir saat berkunjung ke Garut, kamu cuma bisa ke Gunung Papandayan atau menikmati kelezatan dodol Garut aja, so sudah saatnya kamu tahu apa saja pesona tersembunyi di kota ini.

Berikut, 6 tempat wisata hits di Garut yang bisa jadi alternatif liburanmu:

1. Menyusuri “Tangga Para Dewa” di Curug Sangyang Taraje Garut.

Curug Sanghyang Taraje, Foto Dari @cecepcandra12

Mungkin kamu agak kesusahan untuk mengeja nama curug ini, tapi tenang saja kamu gak akan sesusah itu kalau ingin berkunjung dan merasakan kesegaran curug ini. Curug ini persisnya berada di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan. Menurut warga setempat, curug Sanghyang Taraje merupakan tangga yang digunakan dewa-dewa jika ingin ke khayangan.

Curug ini belum terlalu banyak terekspos padahal jarak tempuhnya dari kota Garut hanya 47 km atau kurang lebih dua jam perjalanan dengan pemandangan khas kota Garut yang agak berkabut-kabut gimana gitu. Untuk mencapai lokasi curug, kami sarankan kamu menggunakan kendaraan pribadi. Jika tidak membawa kendaraan, kamu bisa naik elf jurusan Bungbulang dari kota Garut dan berhenti di Cisandaan, dari Cisandaan bisa dilanjut dengan ojek ke lokasi curug.

Di curug ini belum disediakan akomodasi apapun jadi kamu bisa masuk gratis tapi jika kamu datang pada hari biasa atau bukan hari libur, kamu sebaiknya bawa bekal. Kan gak lucu kalau setelah seru-seruan berenang, kamunya malah kelaparan. Solanya di sini belum ada warung gitu.

2. Temukan Pasangan Hidupmu di Curug Cihanyawar Garut.

Curug Cihanyawar Foto Dari @garut_turunankidul

Curug yang satu ini mungkin bisa jadi curug favorit anak muda se-Indonesia karena ada mitos; kalau kamu mandi di curug ini, maka akan dapat jodoh. Ini mungkin curug yang sangat cocok buat kamu-kamu yang sedang galau mencari pasangan hidup. Jika kamu tertarik dan ingin mendatangi curug ini, jangan cemas karena tiket masuknya cuma Rp. 3000 maklumlah masih murah karena pengelolanya merupakan pemuda karang taruna dari desa sekitar curug.

Di area curug belum dilengkapi fasilitas baik mushola, toilet maupun parkir tapi karena jaraknya yang tidak jauh dari perkampungan akan memudahkan kamu. Bahkan di area sekitar curug juga sudah ada penginapan dan rumah makan. Jadi, selamat berenang ria sambil berdoa minta jodoh ya, gays.

Terletak di desa Sukamurni, Kec Cilawu, Kab Garut, curug ini hanya berjarak 15 km dari kota Garut. Curuk Cihanyawar berada di kawasan perekebunan teh Dayeuh Manggung, jadi setelah seharian berenang kamu bisa menikmati kesyahduan kebun teh.

3. Nikmati Lanskap Kemegahan Gunung Papandayan di Pantai Santolo.

Pantai Santolo Foto Dari @trian_dila

Pantai Santolo memang bukan destinasi wisata baru, namun luas bentang pantainya dan pasir putihnya yang halus akan terasa sayang dilewatkan jika kita ingin membahas tentang potensi wisata kabupaten Garut.

Meskipun sudah cukup terkenal keasrian pantai ini tetap terjaga loh. Daya tarik lain yang membuat pantai ini istimewa bagi wisatawan asal Bandung, Jakarta, dan Tasikmalaya adalah fenomena air laut yang mengalir ke darat. Bisa kamu bayangkan? Kalau gak bisa, kamu mending langsung kunjungi pantainya saja.

Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet Garut. Jika kamu berada di kota Garut, harus menempuh jarak kurang lebih 88 km untuk mencapai pantai ini. Di daerah Pantai Santolo kamu juga bisa menepi sebentar ke Pulau Santolo. Dari Pantai Sudah banyak jasa perahu yang disewakan untuk menyeberang ke pulau Santolo. Heeem, kapan lagi merasakan sensasi naik perahu , kalau bukan di sini?

4. Camping sambil nyunset dan nyunrise di Pantai Sayang Heulang Garut.

Pantai Sayang Heulang Foto Dari @hilmypf

Kok ada sayang-sayangnya, bikin penasaran ya? Ok, Pantai Sayang Heulang ini sebenarnya masih dekat dengan Pantai Santolo Pameungpeuk di atas. Jadi jarak tempuh dan rute menuju pantai ini bisa dicek di atas ya.

Tapi yang asyik di pantai ini disediakan lokasi untuk berkemah. Kamu bisa kemah ceria menikmati sunset plus sunrise sekaligus. Pantai ini terbilang unik, karena di pantai ini ada dua jenis pantai, pantai yang berkarang, dan pantai yang tidak berkarang. Kamu bisa pilih sendiri mau menghabiskan liburanmu di mana. Atau dua-duanya, bisa lah ya, toh cuma berdekatan.

Oh iya, jika kamu ingin berkunjung ke Pulau Santolo sebenarnya akan lebih mudah dan murah jika menyeberang dari pantai ini karena pulau Santolo masuk dalam wilayah pantai Sayang Heulang. Tinggal kamu pilih ya, mau menyebrang ke Pulau Santolo lewat pantai Santolo atau Pantai Sayang Heulang.

Sekedar mengingatkan ya gays, pantai ini langsung menghadap Samudera Hindia jadi maklum ya kalau saat pasang, ombaknya sangat besar. Nah, kalau kamu ingin berjalan-jalan cantik di pinggir pantai sebaiknya saat surut.

Sudah ya, dari curug kita lari ke pantai tapi kok kaya masih kurang ya. Masa jauh-jauh ke Garut cuma ke pantai dan curug aja. Ok, buat kamu yang ingin nambah koleksi di galeri foto, kamu bisa coba sambangi spot-spot di Garut yang ciamik banget ini:

5. Sensasi Padang Savana di Tegal Panjang.

Tegal Panjang Garut Foto Dari @tyuniar93

Tegal Panjang adalah savana luas yang bersembunyi di balik kemegahan Gunung Papandayan. Untuk mencapai Tegal Panjang ada dua alternatif jalan yang bisa ditempuh melalui Garut atau melalui Pengalengan. Kawasan Tegal Panjang merupakan daerah konservasi jadi kalian harus mendapatkan ijin dari Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam terlebih dahulu sebelum mengeksplor savana ini.

Mengurus perijinan yang mungkin agak ribet, melewati dua sungai, dan keluar masuk hutan, tidak akan kamu sesali setelah menemukan padang savana yang terebentang luas hingga 4.600 hektar ini. Siapkan kameramu guys. Oh iya, kamu bisa memilih sendiri akan datang saat musim hujan yang mana kamu akan disambut rumput hijau yang menyejukan mata atau berkunjung saat musim kemarau di mana semua rumput menguning bahkan kering dan kamu akan merasakn sensasi seolah berada di Afrika.

6. Menikmati Kecenya Hutan Mati Papandayan Bersama Orang Terkasih.

Hutan Mati Papandayan Foto Dari @dewimurtia

Hutan Mati Papandayan memang berada di sepanjang jalur pendakian gunung Papandayan, tapi kamu tidak perlu berdarah-darah untuk mencapai lokasi ini. Berada tidak jauh dari area camping Pondok Saladah, kamu sudah bisa menikmati pemandangan yang berbeda. Kabut dan sisa-sisa kayu cantigi yang mati terbakar akibat letusan gunung Papandayan akan memberikan kesan melankolik untuk foto-fotomu. Jika kamu belum yakin untuk berwisata sendirian ke Hutan Mati ini, kamu bisa kok memanfaatkan jasa pemandu wisata yang nongkrong di sekitar lokasi parkir Papandayan.

Oke deh, semoga kamu tertarik untuk berkunjung ke salah satu tempat di Garut yang sudah Ngadem.com rangkum.

Lets get lost, jangan lupa jalan pulang dan jaga kebersihan ya…

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Pesona Wisata Baru Cianjur, Curug Luhur yang Sangat Tersembunyi
Bogor Lantai Dua: Rumah Pohon Curug Ciherang Kece Buat Foto-Foto
Pesona Bukit Seribu Bintang (BSB): Tempat Wisata Baru di Kuningan