6 Tempat Wisata Hits di Karanganyar yang Harus (Pake) Banget Kamu Datangi

Ngadem.com – Siapa sih yang nggak kenal gunung Lawu? Pasti kenal dong. Gunung ini berada persis di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kalau kamu pernah mendaki gunung ini, kamu pasti paham betul dengan daerah Karanganyar, soalnya kalau kamu mendaki dari Jawa Tengah, kamu pasti melintasi kota kecil yang dingin banget dengan jalan yang berkelok-kelok, hamparan sawah, bukit dan jurang terjal ini.

Kok ngeri ya? Udah deh gak usah alay. Lupakan tentang gunung Lawu karena mendaki itu gak bisa sembarangan dan perlu persiapan yang matang. Jadi mending kamu nyicil ke wisata hits kota Karanganyar berikut ini aja deh.

Cek cek cek.

1. Uji Kekuatan Cinta Kalian di Air Terjun Grojogan Sewu.

Grojogan Sewu Foto Dari @echfan_sp

Siapa yang belum pernah merasakan kesegaran air terjun Grojogan Sewu? Pernah mencoba melintas di atas jembatan yang gagah berdiri di samping air terjunnya itu? Ayooo. Kamu tahu gak kalau ada mitos yang menyelimuti jembatan tersebut. Konon, jika pasangan yang melintas di atas jembatan itu berhenti di tengah jalan, maka sepulang dari air terjun hubungan mereka akan gonjang-ganjing. Oh mi got, kaya e kamu perlu uji kekuatan cinta kamu dan doi di jembatan ini deh. Kalau iseng-iseng nyebrang dan menguji mitos yang tersembunyi di jembatan ini kira-kira pada berani gak?

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah atau lebih tepatnya tersembunyi di lereng Gunung Lawu. Kalau kamu berangkat dari kota Karanganyar, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 27 atau selama 45 menit.

Air terjun Grojogan Sewu dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Jawa Tengah, loh. Masa sih, ya udah coba buktikan sendiri aja deh. Selain itu juga masuk dalam kawasan Hutan Wisata Grojogan Sewu yang memiliki luas sekitar 20 Ha. Hutan ini dihiasi jejeran pohon yang bisa bangat buat fotomu tambah kece. Dan kabarnya, di kawasan hutan ini banyak dihuni sekelompok kera jinak loh. Jadi, kamu juga bisa coba mengabadikan moment bersama kera-kera ini.

Air Terjun Grojogan Sewu sudah dilengkapi berbagai fasilitas dan wahana bermain loh guys, selain mengabadikan momen bersama Kera kamu juga bisa melihat binatang lain di Taman Binatang Hutan. Puas merasakan kesegaran air terjun? Kamu bisa berpindah ke kolam renang. Di sekitar air terjun juga sudah dilengkapi fasilitas berupa tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK. Untuk wahana permainan, kamu bisa mencoba bermain di Mini Waterboom, Mini Rafting, Out Bond dan Flying Fox. Dijamin semua wahana tersebut gak bikin kantongmu jebol.

Biaya masuk ke lokasi air terjun seharga Rp. 11.500 per orang di hari biasa, tapi kalau kamu datang saat hari libur, kamu harus membayar Rp. 13.500 per orang. Masih murahkan?

2. Puas Menikmati Kesegaran Air Terjun Grojogan Sewu, Gak Ada Salahnya Berkunjung ke Candi Ceto.

Candi Ceto Foto Dari @barrasaurus

Candi Ceto merupakan candi Hindu yang dibangun sekitar era Majapahit. Berarti candi ini sudah menyimpan sejarah sekitar ribuan tahun ya. Lokasi candi ini berada di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1496 dan secara administratif berada di dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi. Candi Ceto sering digunakan sebagai tempat berdoa oleh umat Hindu dan juga masyarakat kejawen. Tapi jangan khawatir ya guys, itu bukan berarti kamu gak bisa berkunjung dan mengagumi keindahan arsitektur candi ini. Candi Ceto sudah resmi menjadi kawasan wisata jadi jangan skeptis dulu ya.

Jalan menuju Candi Ceto memang agak menanjak, dan berkelok-kelok tapi dijamin kamu gak akan galau, karena perjalanan menuju Candi Ceto melintasi perkebunan Teh Kemuning yang segar dipandang. Kamu juga bisa mampir selfie di antara perkebunan teh loh. Untuk masuk ke kawasan Candi kamu harus bayar tiket Rp.7000 dan memakai kain kampuh. Ini sebagai wujud rasa hormat kepada tempat ibadah umat Hindu, jadi jangan ngeyel ya.

Jika cuaca cerah, kamu beruntung karena dari Candi Ceto kamu bisa melihat pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Lawu, dan di kejauhan tampak puncak Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Selain bisa melihat pemandangan gunung-gunung keren yang berjajar, kamu juga bisa menikmati pemandangan luas Kota Solo dan Kota Karanganyar loh. Selamat berlibur, jangan sembrono ya guys, ingat Candi Ceto adalah tempat ibadah jadi jangan merusak appun dan patuhi semua aturan yang berlaku di sekitar candi.

3. Adventure di Kali Pucung Kemuning. Ini Gak Jauh dari Candi Ceto loh, Mampir? Iyalah.

Kali Pucung Adventure Foto Dari @nupitanovita

Kali Pucung Adventure, berada di Desa Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. Rutenya gampang banget, cukup telusuri saja jalan menuju candi, nanti kamu akan bertemu papan petunjuk yang akan menyelamatkanmu. Apa yang akan kamu lakukan di Kali Pucung Kemuning? Belanja? Gaklah, adventure babeh. Adventure! Jadi, kamu akan diajak meluncur menyusuri kali Pucung. Kamu cukup bayar Rp.10.000 per orang untuk bisa menikmati fasilitas helm, pelampung, dan ban untuk perosostan. Panjang rute tubing ini sekitar 200an meter dengan melewati medan yang agak-agak ngeri gitu deh. Ada terowongan kecil juga. Auw, selamat mencoba ya.

4. Jalan Pulang dari Candi Ceto, Mampir Selfie-lah di Kebun Teh Kemuning.

Kebun Teh Kemuning Foto Dari @azisabdullah

Lokasi Kebun Teh Kemuning berada di kaki gunung Lawu, tepatnya di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Pokoknya, kalau kamu mau ke Candi Ceto, kamu pasti melewatinya -begitu pun sebaliknya. Kalau kamu sudah puas menikmati kemegahan arsitektur candi Ceto, kamu pasti melewati kebun teh ini.

Kebun teh Kemuning terbilang hits di kalangan anak muda Karanganyar loh. Mungkin cocok kali ya buat dua-duaan sama pacar, adem-adem gimana gitu.

Untuk masuk ke lokasi kebun teh kamu gak akan dikenai tarif sepeser pun. Aiiiih gratis neeeh, gratiiiiiis. Akses menuju kebun teh Kemuning juga mulus loh guys tapi jalannya agak ekstrem alias naik-turun gunung gitu. Bisalah buat nguji adrenalinmu.

Kamu bisa mencapai lokasi kebun teh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Dari Karanganyara kamu berjalan menuju Karangpandan. Tidak lama, kamu akan menjumpai papan petunjuk yang mengarah ke Candi Sukuh, Candi Ceto, Air Terjun Jumog, ambil jalur ke kiri dan ikuti jalan utama. Di sekitar Kebun Teh Kemuning sudah dilengkapi warung-warung yang menjajakan makanan, jadi gak perlu alay bawa bekal sekarung ya.

5. Puas jalan-Jalan di Tengah Dinginnya Udara Gunung, Ngeteh di Rumah Teh Ndoro Donker, yuk.

Rumah Teh Ndoro Donker Foto Dari @megayuntiana

Lokasinya tidak jauh dari area perkebunan Teh Kemuning. Rumah Teh Ndoro Donker lagi hits banget di kalangan anak muda Karanganyar dan sekitarnya. Iya dong, tempatnya asyik banget. Dengan bangunan gaya Belanda gitu deh. Ada macam-macam jenis teh yang bisa kamu coba dan dijamin semuanya terjangkau. Gak cuma teh loh, tempat ini juga menyiapkan berbagai menu makanan dan cemilan dan dijamin tempatnya instagramable abis. Udara dingin khas kota Karanganyar emang godaan banget untuk segera menikmati secangkir tehkan?

6. Selfie Cantik Bareng Hantu di Kampung Halloween Bukit Sekipan.

Kampung Halloween Foto Dari @liliqhann

Kamu penyuka tontonan (bukan) Dunia Lain? Berarti kamu suka lihat hantu-hantu gitu ya? Udah deh, dari pada cuma bisa nongkrong di depan tv mending kamu langsung aja ngerasain sensasi bertemu hantu-hantu(an) di Kampung Hallowen Bukit sekipan Karanganyar. Kampung Halloween ini jika dilihat dari luar mungkin gak ada ngeri-ngerinya tapi jangan salah duga, coba masuk deh, kamu akan bertemu dengan hantu-hantu yang selama ini cuma kamu pantengin di tv. Kamu bisa selfie-selfie sama mereka juga loh. Kampung Halloween berada di kawasan bukit Sekipan tepatnya di desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu. Pemiliknya adalah Bapak Joko Sutrisno. Kampung Halloween dibuka pertama kali pada bulan Juli 2015. Jadi ya masih baru gitu deh.

Tempat ini tidak hanya menampilkan hantu-hantu aja, tapi juga menyediakan area pemancingan, out bond, restauran, kolam renang untuk anak-anak dan taman bermain. Ya udah deh langsung aja, siapkan kamera dan mentalmu untuk berjumpa dengan hantu-hantu(an).

Sudahkan? Sudah ya. Itu tadi rangkuman Ngadem.com seputar wisata hits di Karanganyar. Selamat jalan-jalan, jangan merusak apa pun dan jangan buang sampah sembarangan ya.

Have fun!

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Pesona Wisata Baru Cianjur, Curug Luhur yang Sangat Tersembunyi
Bogor Lantai Dua: Rumah Pohon Curug Ciherang Kece Buat Foto-Foto
Pesona Bukit Seribu Bintang (BSB): Tempat Wisata Baru di Kuningan