Selain Sedudo, 7 Tempat Wisata Ini Lagi Hits Banget di Nganjuk

Ngadem.com – Nganjuk adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Jombang, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Madiun. Kota yang terkenal dengan julukan Kota Angin ini sangat potensial untuk bercocok tanam. Tidak hanya itu, kota yang diapit Gunung Wilis dan pegunungan Kendeng ini juga menyimpan pesona wisata yang siap memanjakanmu saat weekend atau hari libur. Yuk, intip wisata Nganjuk lewat rangkuman Ngadem.com di bawah ini.

1. Berendam Cantik di Air Terjun Singokromo

Air Terjun Singokromo, Foto dari @noeha_creation

Air terjun Singokromo memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan suasana sekitar air terjun yang masih sangat sejuk. Air terjun yang terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk ini belum dikelola oleh pemerintah sebagai tempat wisata, hal itu membuat akses menuju lokasi menuju air terjun masih agak sulit gitu. Air terjun Singokromo berjarak sekitar 2,5 km dari Kota Nganjuk. Untuk mencapai lokasi air terjun, kamu cuma bisa menggunakan kendaraan roda dua. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki di atas setapak kurang lebih 500 meter atau sekitar 15 menit.

2. Belum Puas Berendam di Air Terjun Singokromo, Mampir Aja Ke Sendang Putri Wilis

Sendang Putri Wilis foto dari @dikie.putra

Sendang Putri Wilis Singokromo siap membiusmu dengan pesona alam sekitar sendang yang masih sangat asri. Dengan suasana khas lereng gunung, kamu bisa menikmati kejernihan air di sendang ini. Sendang Wilis berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan. Sendang ini sebenarnya berada tidak jauh dari air terjun Singokromo atau hanya berjarak sekitar 200 meter dari tempat parkir, sedangkan untuk menikmati kesejukan air di sendang ini, kamu cukup membayar Rp. 5.000.

3. Grojogan di Grojogan Sumbermiri Yuk

Grojogan Sumbermiri, foto dari @hendrikseptiaji

Grojogan Sumbermiri berada di Desa Sumbermiri, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk. Grojogan ini masih tersembunyi jadi bisa dikatakan tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin menyepi. Dengan membayar Rp. 5000 untuk memarkirkan kendaraan, kamu sudah bisa liburan seru di Grojogan Sumbermiri. Sebaiknya bawa bekal dari rumah ya, soalnya disekitar kawasan wisata ini belum ada warung.

4. Belum Puas Main Air? Langsung Ke Air Terjun Sumbermanik Aja.

Air Terjun Sumbermanik foto dari @jbxrl

Air terjun ini terletak di Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Akses menuju lokasi air terjun memang masih sulit tapi kamu bisa mengandalkan warga sekitar untuk menemanimu menuju lokasi air terjun. Dari Desa Blongko, kamu akan melewati jalan terjal dan berbatu jadi kamu harus hati-hati ya guys. Namun, semua rasa letihmu akan terbayar tuntas saat tiba di air terjun setinggi 35 meter tersebut. Air terjun yang berada tepat di lereng bukit Punjul Gunung Wilis ini dijamin seger bangeeet!

5. Selfie-Selfie di Bukit Batu Songgong atau Bukit Batu Ngroto Yuk

Bukit Ngroto foto dari @eepe77

Bukit Batu Songgong berada di Dukuh Ngroto, Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Tempat wisata yang lagi hits di kalangan anak muda Nganjuk ini, mulanya adalah kawasan Gunung Wilis yang beberapa waktu lalu dikembangkan menjadi tempat wisata. Lokasi Bukit Songgong tidak terlalu jauh dari jalan raya Sedudo-Sawahan. Bukit ini menampilkan panorama khas lereng Gunung Wilis yang menyejukan mata. Untuk mencapai lokasi Batu Songgong, dari Kota Nganjuk arahkan kendaraanmu ke Sawahan Ngroto. Sampai di sini kamu bisa bertanya pada warga sekitar.

6. Seru-Seruan di Taman Pandan Wilis

Foto dari @thresiaprawesti

Taman ini merupakan taman Kota Nganjuk yang baru resmi dibuka pada tahun 2015 lalu. Nama taman sendiri diambil dari nama Pegunungan Wilis yang menjadi pesona bagi Kota Angin ini. Taman Wilis tidak hanya menawarkan suasana tenang khas taman kota namun juga menawarkan kenyamanan bagi pengunjung dengan menyiapkan tempat duduk. Berlokasi di  Kelurahan Werungotok, Kecamatan Nganjuk Kota, Kabupaten Nganjuk menjadi pilihan warga sekitar atau bahkan muda-mudi untuk menghabiskan sore. Sekali-sekali nyore di taman kota bakal romantis kali ya?

7. Menyaksikan Kemegahan Pura Kerta Bhuwana

Foto dari @renirisnawaati

Jangan meremehkan Pura Kerta Bhuwana ini. Kenapa? Karena Pura ini merupakan Pura tertua di Pulau Jawa. Lokasi Pura yang berada di balik lereng Gunung Wilis atau lebih tepatnya Dusun Cukrik, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, membuat tempat ini cocok banget buat ngadem sejenak. Udara yang sejuk dan kondisi sekitar Pura yang senyap cocok banget untuk relaksasi. Bahkan kemolekan arsitektur Pura juga bisa mempercantik foto-fotomu di Instagram loh.

Itu tadi 7 pesona wisata di Kota Nganjuk yang siap memanjakanmu. Kalau kamu punya list tempat kece lainnya di Kota Nganjuk jangan malu-malu untuk ngasih komentar ya.

Komentar

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.