Lelah? 9 Pantai Hits di Aceh Ini Bisa Buatmu Fresh Kembali!

Ngadem.com – Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang beberapa waktu belakangan ramai diberbincangkan karena keindahan bawah lautnya. Terletak di ujung utara Pulau Sumatera dengan Ibu Kota Banda Aceh. Aceh menjadi tempat penyebaran agama Islam tertua di Indonesia. Itulah mengapa tingkat kereligiusitasan di Aceh tinggi sekali. Aceh memiliki SDM (sumber daya alam) yang melimpah, termasuk gas alam dan minyak bumi. Selain kaya akan Sumber Daya Alamnya, Aceh juga kaya akan pilihan destinasi wisatanya, salah satunya adalah wisata pantainya. Nah, kalau kamu ingin jalan-jalan ke Aceh, berikut ini adalah pantai-pantai cantik  yang harus kamu sambangi:

1. Pantai Iboih si Taman Firdaus

Foto dari @mutiarahayu__

Pantai Iboih merupakan satu dari sejumlah pantai yang ada di Pulau Weh, Aceh. Pantai Iboih menyuguhkan surga bawah laut yang sudah bisa dinikmati meski menggunakan mata telanjang. Banyak wisatawan asing maupun lokal yang datang silih berganti mengunjungi pantai Iboih. Selain mememiliki surga bawah laut, pantai Iboih juga memiliki hutan lindung yang bergaris pantai menawan dengan pasir berwarna keemasan dipadu bebatuan besar, bahkan sejumlah wisatawan menyebut tempat ini sebagai taman firdaus. Pantai Iboih juga kaya akan flora dan fauna.

2. Pantai Lange, Tempat Dimana Kamu Bisa Menemukan Padang Rumut yang Hijau

Foto dari @rizkipj

Pantai Lange berada di Lam Lhom, Aceh Besar, Aceh. Pantai ini memiliki pesona tak biasa dibanding dengan pantai pada umumnya. Di pantai ini, kamu bisa menikmati keindahan laut biru yang cantik, hamparan pasir putih nan lembut, padang rumput yang begitu hijau, dan ratusan rumput laut yang berwarna kecokelatan. Hal menarik lainnya dari pantai ini adalah adanya air mancur yang muncul dari sela-sela bebatuan. Berada di sini, dijamin; bahagia hatimu.

3. Pantai Lhok Mata Ie, Surga Tersembunyi Dibalik Rimbunnya Pepohonan

Foto dari @hadisyafputra

Pantai Lhok Mata Ie berada di Ds. Gampong Ujong Pancu, Kec. Peukan Bada, kab. Aceh Besar. Memakan waktu tempuh sekitar 15 menit dari kota Banda Aceh. Perjalanan menuju pantai Lhok Mata Ie ini cukup melelahkan, kamu akan dibawa mendaki bebukitan dan rimbunnya hutan sepanjang perjalanan. Meski demikian, pantai yang terbilang tersembunyi ini mampu meluruhkan lelahmu dengan pemandangan malamnya yang cantik rupawan.

4. Pantai Momong, Spot Asik Bagi Kamu yang Suka Mancing

Foto dari @alsabario

Pantai Momong terletak di Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar. Buat kamu yang suka pantai, pantai yang memikili nama cukup unik ini wajib kamu sambangi. Meski untuk sampai lokasi kamu harus terlebih dahulu berninja hatori, tak apa, sebab pesona di dalamnya benar-benar indah sekali. Di pantai ini kerap juga dijadikan spot untuk para pemancing, jika beruntung kamu juga bisa menyaksikan atraksi monyet-monyet berekor panjang yang bergelantungan.

5. Pantai Pandrah, Spot Tepat Untuk Melepas Lelah

Foto dari @saifulmulia

Pantai Pandrah terletak di Bireuen, Aceh. Menyuguhkan pesona yang menawan, pantai ini kerap menjadi tujuan para wisatawan. Pasirnya yang putih, pepohonan yang hijau alami, dan sebuah bukit yang bisa dijadikan spot untuk duduk-duduk cantik sembari merelaksasikan diri. Di sini, kamu juga bisa melihat sunset yang pelan-pelan tenggelam begitu eksotis.

6. Suka Snorkeling atau Ingin Nyuset? Coba deh datang ke Pantai Lampuuk

Foto dari @ucok_silampung

Pantai Lampuuk terletak sekitar 20 KM dari Banda Aceh, tepatnya di Ds. Meunasah Masjid, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar. Akses menuju pantai ini bisa dibilang cukup bagus. Nah, buat kamu yang suka snorkeling, cobalah datang ke pantai ini. Di pantai ini, banyak spot asik buat kamu yang hobby berenang maupun snorkeling. Selain itu, pantai ini juga memiliki sunset yang sungguh mengagumkan. Namun, tetap jaga kebersihan dan jangan egois dengan mengabaikan peraturan ya…

7. Pantai Pasir Tinggi, Spot Asik Untuk Merelaksasikan Diri

Foto dari @arienwilda

Pantai ini terletak di pulau Simeulue, tepatnya di Desa Pasir Tinggi, Kecamatan Teupah Barat, Aceh. Berada di sini kamu akan dihadiahi pasir putih yang lembut nan bersih, sepoi angin yang romantis, ratusan karang-karang coklat yang imut, dan gradasi warna laut yang begitu terlihat eksotis, seolah menjadi daya tarik tersindiri dari pantai ini. Berada di sini; luruh penatmu.

8. Suka Surfing? Cek Pantai Riting!

Foto dari @ikutijejaktravellers

Pantai Riting terletak di Lhoknga, Aceh Besar. Pantai yang langsung bertatapan dengan Samudera Hindia ini dikelilingi pegunungan dan sungai. Itulah mengapa pantai ini menjadi lokasi favorit bagi para penggemar kitesufing dan windsurfing, karena memang memiliki gelombang ombak yang besar. Selain itu, karena Aceh memang salah satu daerah yang memiliki curah angin yang besar sehingga menjadikan ombak-ombak di kawasan aceh cukup besar. Nah, bagi kamu yang menyukai olahraga kitesufing dan windsurfing, coba deh ke Pantai Riting.

9. Pantai Ujung Batee, Tempat Keren untuk Quality Time Bersama Keluarga Besar

Foto dari @ulfanibj

Pantai Ujung Batee terletak di Mesjid Raya, Banda Aceh. Memakan waktu tempuh kurang lebih 20 menit dari kota Banda Aceh. Saat weekend atau hari libur, pantai ini akan dipenuhi para wisatawan. Ombaknya yang tenang dan landai, menjadikan pantai ini ccocok sekali untuk wisata keluarga. Duduk bersama keluarga besar di tepian pantai, santai-santai, disambut dengan pesona sunrise yang menawan serta sepoi angin yang menyegarkan badan. Duh, nikmat yang mana lagi yang kau dustakan? So, ingin quality time berbeda bersama keluarga  besar? Ke Pantai Ujung Batee saja, dijamin tidak membosankan.

Nah, itulah 9 pantai cantik di Aceh yang sekarang lagi hits. Jika masih ada yang kurang atau ada yang mau menambahkan, silhkan tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Selamat liburan. Selamat jalan-jalan.

Komentar

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.