Tepis Bising dan Riuhnya Bali di Air Terjun Tembok Barak

Ngadem.com – Mendengar nama Bali, kira-kira apa yang terbersit di pikiranmu? Hmmmm… Pasti deretan pantainya yang eksotis dan bule-bule yang seksi abis. Sebagai obyek wisata dunia, Bali memberikan fasilitas sangat lengkap untuk bisa memuaskan para wisatawan. Tak heran, bila banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini dan selalu tertarik untuk kembali lagi, lagi dan lagi.

Pasti akan sangat membahagiakan jika bisa mempelajari budayanya, berenang di pantai-pantainya, menyapa warganya yang ramah, menikmati sepoi angin di tengah-tengah desa, dan keindahan lainnya yang ada di Pulau Dewata. Berbicara tentang obyek wisata Bali, memang tak akan pernah ada habisnya.

Jika wisata pantai atau bukit terlalu maenstream di Bali, ada wisata alternatif lainnya yang bisa kamu kunjungi di Bali. Ya, kamu harus tahu, bahwa Bali memiliki surga air terjun yang benar-benar mampu memanjakan mata, salah satunya yang masih terbilang baru adalah Air Terjun Tembok Barak.

Air Terjun Tembok Barak mulai hits sejak akhir 2015 lalu. Letaknya yang cukup tersembunyi menjadi alasan kenapa Air Terjun Tembok Barak baru terekspose media. Air terjun Tembok Barak seperti liliput diantara wisata-wisata Bali lainnya yang sudah lebih dulu mendunia.

Air Terjun Tembok Barak foto dari @putuadiyudas

Sejarah nama Air Terjun Tembok Barak

Kenapa dinamakan Tembok Barak? Jadi awalnya begini, kata “tembok” artinya adalah“dinding”. Sementara kata “barak” diambil dari bahasa Bali yang artinya adalah merah. Jadi, Air Terjun Tembok Barak sama artinya dengan Air Terjun Dinding Merah. Kenapa dinamakan “Dinding Merah”?  Karena dinding melatarbelakangi air terjun berwana merah.

Lokasi Air Terjun Tembok Barak

Air Terjun Tembok Barak terletak di Sambangan, Sukasada, Singaraja, Buleleng, Bali. Memakan waktu tempuh sekitar 30 KM dari pusat kota, atau memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam  menggunakan kendaraan pribadi. Waktu yang cukup singkat bukan? Yang penting tetap jaga keselamatan.

Tiket masuk menuju Air Terjun Tembok Barak

Mulanya, untuk bisa menikamti keeksotisan air terjun Tembok Barak tidak dipungut biaya sepeser pun. Namun karena semakin banyaknya travelers yang berkunjung, tiket masuk akhirnya diberlakukan. Hal tersebut dilakukan untuk melengkapi kebutuhan fasilitas yang masih belum lengkap. Karena kenyamanan dan keselamatan pengunjung paling diutamakan.

Akses menuju lokasi Air Terjun Tembok Barak

Akses menuju lokasi bisa dikatakan cukup baik dan mudah. Bukan hanya itu, selama perjalanan, kamu juga akan disuguhi view alam sekitar yang begitu mendamaikan. Kamu akan dibawa melewati pedesaan dengan sapaan ramah warga Sambangan, kamu juga akan dibawa melewati gank cengkeh di mana di tepian jalannya di penuhi dengan tanaman cengkeh. Selain itu, kamu juga akan disuguhi pemandangan persawahan yang hijau dan hutan-hutan yang begitu mendamaikan.

Oh iya, kamu harus persiapkan fisikmu karena 700 meter sebelum sampai lokasi kamu harus berjalan kaki untuk melewati jalan setapak. Jadi, pastikan kendaraanmu dititipkan di tempat yang aman.


Baca Juga:

Bali Punya Bukit Putung: Tempat Wisata Hits nun Cocok Untuk Ngadem

Bali Gak Melulu Tentang Pantai Kuta! Coba Deh ke 7 Desa Unik di Bali Berikut

Puas Jalan-Jalan di Bali, Yuk Mampir ke 5 Cafe Dengan Pemandangan Alam yang Wah Banget Ini

Natural Swimming Tembeling, Alternatif Lain yang Bisa Kamu Coba di Nusa Penida, Bali

Sebelum Keduluan Bule, Tempat Wisata Baru di Bali Ini Harus Segera Kamu Ajak Selfie

Nih Genks, Ada 6 Tempat Wisata Asik di Nusa Penida, Bali


Tempat ini recommended buat kamu yang ingin mengasingkan dari dari keriuhan kota Bali. Jangan lupa bawa baju ganti dan kamera underwater. Pastikan juga bawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Yang perlu diingat lagi yaitu, ramahlah pada penduduk setempat, jangan bersikap arogan, hargai budaya dan adat setempat, jangan buang sampah sembarang. Dan, tetap menjaga kelestarian alam sekitar. Oke deh, semoga perjalananmu menyenangkan.

(Foto fetured [email protected]_kardana)

Komentar

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.