Tlogo Putri, Destinasi Wisata Alam Terlengkap di Jogja

Ngadem.com – Kaliurang merupakan daerah di bagian utara Yogyakarta, di lereng Gunung Merapi dan populer sebagai tempat istirahat dan resort pariwisata. Ada banyak pilihan kegiatan untuk menghabiskan liburan Anda di sini. Ada pos pengamatan Merapi, Museum Ullen Sentalu, Kaliurang Guest House, Museum Merapi dan Tlogo Putri. Tlogo Putri sendiri merupakan kombinasi dari wisata air dan wisata alam yang dikelola oleh Administrasi Pariwisata Sleman. Jika dalam bahasa Jawa, kata Tlogo berarti danau. Tapi tidak pernah membayangkan bahwa Anda akan menemukan sebuah danau besar seperti Telaga Sarangan di lereng Gunung Lawu. Danau di Tlogo Putri mengacu pada bendungan dengan perahu sewaan.

Meskipun hanya sebuah bendungan, namun adalah layak dikatakan sebagai sebuah objek wisata yang patutu dikunjungi. Tlogo Putri dikunjungi oleh semua orang dari segala usia, anak-anak, dewasa dan orang tua. Berbagai wahana akan menambah kenikmatan dari liburan keluarga. Jika Anda suka petualangan Anda bisa berjalan ke hutan, menelusuri jalan yang akan membawa Anda ke Kaliadem atau Kalikuning, bahkan ke Watu Kemloso.

Apa yang berkesan di Tlogo Puteri?

Keren, tenang, menyegarkan dan nyaman. Meskipun bendungan tidak terlalu besar, masih terlihat cantik. Latar belakang pandangan Tlogo Putri adalah hutan lebat, orang-orang mengayuh kano dan wahana air. Pandangan ini mengingatkan kita dengan pandangan bukit di negara-negara Eropa. Menjelang sore, kabut turun menutupi ujung pohon di bukit dan hutan, sehingga membuat suasana lebih menyenangkan dan eksotis.

Ada banyak activies yang dapat Anda lakukan saat Anda berada di Tlogo Putri. Anda dapat berjalan di sekitar bendungan untuk menikmati udara segar dan menghilangkan stres; atau mengambil kano atau wahana air lainnya; mencoba flying fox, jungkat-jungkit, atau hanya mengambil gambar. Ada monyet yang tinggal di sekitar Tlogo Putri, dan mereka sering muncul. Mereka ramah kepada wisatawan jika wisatawan memperlakukan mereka dengan baik.

Jika Anda suka berjalan malam, masuk lebih dalam ke hutan. Mendaki jalan setapak naik ke atas di mana Anda dapat melihat pemandangan Gunung Merapi. Berjalan di tengah-tengah hutan yang masih perawan akan menjadi pengalaman baru bagi Anda. Dan jika Anda beruntung, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk melihat elang Jawa terbang di antara pepohonan.

Setiap hari Minggu atau setiap liburan, ada pertunjukan seni di daerah Tlogo Putri. Di antaranya pertunjukan Jathilan (kuda menari), musik campursari, kubro siswo, topeng ireng, orkestra melayu, dan dangdut.

Bagaimana Akses menuju ke Tlogo Putri?

Berlokasi di daerah wisata Kaliurang yang merupakan salah satu tujuan wisata ter-favorit di Yogyakarta membuat Tlogo Putri sangat mudah dikunjungi. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda dapat mengambil Jalan Kaliurang dan Anda akan sampai di Tlogo Putri dalam waktu kurang dari satu jam. Tetapi jika Anda memilih untuk mengambil transportasi umum, Anda harus mengambil rute Jogja – Kaliurang yang akan membawa Anda langsung ke Tlogo Putri.

Apa saja Akomodasi dan Fasilitas yang ada di Tlogo Putri?

Beberapa fasilitas yang sangat bisa dinikmati di Tlogo Putri adalah taman bermain anak-anak, kolam renang, gazebo, toilet umum, dan tempat parkir yang luas. Seminggu sekali ada seni pertunjukan seperti jathilan, topeng ireng, dangdut, melayu orkestra, dan band.

Jika Anda ingin mencicipi sajian kuliner khas Kaliurang, seperti tempe jadah, Anda bisa membelinya di pedagang makanan yang menjual makanan dengan dipikul. Masakan lain yang disajikan di sekitaran wisata alam Tlogo Putri adalah sate Kelinci. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan penginapan di Kaliurang, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Komentar

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.