Umbul Cimincul dan Mata Air Kasumbar: Spot Underwater di Subang yang Kece Badai

Ngadem.com – Seperti kita tahu, Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan destinasi wisatanya. Hawanya yang sangat sejuk membuat Jawa Barat selalu dirindukan banyak orang khususnya mereka yang doyan banget liburan. Dan tentunya menjadi tempat yang sangat cocok untuk kamu yang ingin melarikan diri dari serangan hawa panas yang menjemukan.

Jika Bandung dan Puncak Bogor terlalu ramai untuk kamu jadikan tempat berakhir pekan, ada tempat-tempat lainnya yang juga oke banget untuk mengahabiskan waktu liburan. Salah satunya di Subang. Tanah pasundan yang satu ini recommended buat kamu yang mencari tempat alternatif liburan di Jawa Barat.

Ada begitu banyak destinasi wisata menarik di Subang. Tak heran bila saat liburan, Subang menjadi alternatif yang banyak diburu wisatawan. Nah, buat kamu yang suka wisata air, Subang adalah surganya. Letaknya yang berada di kawasan pegunungan, membuat Subang dianugrahi banyak air terjun menawan. Namun, jika wisata air terjun terlalu mainstream, Subang punya tempat baru yang lagi ngehits banget nih. Ya, Umbul Cimincul dan Mata Air Kasumbar namanya.

Kedua obyek wisata yang mulai ngehits di bulan Januari 2016 ini, menjadi salah satu wisata yang paling banyak diburu wisatawan saat akhir pekan, khususnya oleh kalangan anak muda Subang.

Buat urang Subang sendiri, btw sudah pada tahu belum nih tentang umbul Cimincul dan Mata Air Kasumbar? Hmmmm… Oke deh, nggak usah kebanyakan basa-basi kayaknya ya. Yuk kita kulik langsung saja satu-satu kedua obyek wisata yang lagi ngehits ini.

Sebelum ke Mata Air Kasumbar, yuk kita kenalan dulu sama Umbul Cimincul

cimincul foto dari @waskithash

Umbul Cimincul terletak di Dsa. Pasanggrahan, Kec. Kasomalang, Kab. Subang, Jawa Barat. Seperti halnya Umbul Ponggok dan Umbul Kemanten yang menawarkan sensasi foto-foto kece underwater, Umbul Cimincul juga demikian. Airnya yang sangat jernih dengan dataran yang dipenuhi bebatuan membuat Umbul Cimincul recommended banget buat menghiasi foto instagram-mu. Nah, puas bermain air di Cimincul, kamu bisa lanjutkan pernajalan menuju mata Air Kasumbar yang lokasinya kebetulan sangat berdekatan dengan Umbul Cimincul.

Dari Umbul Cimincul, yuk cus ke Mata Air Kasumbar

Mata Air Kasumbar terletak tak jauh dari Umbul Cimincul dan masih di desa yang sama yaitu Desa Pasanggrahan, Kec. Kasomalang, Kab. Subang, Jawa Barat. Mata Air Kasumbar memiliki debit air yang tidak terlalu dalam, jadi aman buat kamu yang mainan air tapi tidak bisa berenang. Dan, tentunya juga bisa foto-foto underwater. Bening dan jernihnya Mata Air Kasumbar membuat salah satu perusahaan air minum terpikat untuk menjadikan mata air Kasumbar ini sebagai sumber air baku untuk perusahaanya.

Akses menuju Umbul Cimincul dan Mata Air Kasumbar

Buat kamu yang tertarik berkunjung ke umbul Cimincul dan Mata Air Kasumbar, kamu bisa arahkan kendaraanmu ke arah Subang yang bisa diakses lewat Tol Cipali, setelah itu lanjutkan perjalananmu ke Pasanggrahan. Di Pasanggrahan kamu bisa tanya warga sekitar letak Umbul Cimincul dan Mata Air Kasumbar. Dari pusat kota Subang, jarak menuju kedua obyek wisata ini kurang lebih sekitar 27 kilometer dan memakan waktu kurang lebih 90 menit perjalanan.

Fasilitas dan Harga tiket menuju Umbul Cimincul dan Mata Air Kasumbar

Untuk bisa menikmati kedua obyek wisata kece ini kamu hanya dikenakan biaya parkir dan jasa penyewaan alat snorkeling. Selebihnya, kamu bisa menikmati keindahannya secara cuma-cuma. Menyenangkan sekali, bukan? Untuk bisa menikmati kesegaran kedua obyek wisata ini kamu tak harus mengeluarkan banyak biaya.

Untuk fasilitasnya, di sini tersedia beberpa warung yang menjajakan makanan ringan dan air mineral. Jadi buat kamu yang lapar, bisa lah mampir dulu ke warung-warung tersebut. Selain warung-warung makanan, di sini juga tersedia tempat penyewaan alat-alat untuk berenang dan snorkeling. Jika tidak mau menyewa, kamu bisa langsung membawa sendiri dari rumah.


Baca Juga:

10 Curug yang Tak Bisa Kamu Abaikan Saat Singgah di Subang

10 Spot Hits Ini Nggak Boleh Kamu Lewatkan Gitu Aja Kalo Jalan-Jalan ke Bandung

Sumedang Gak Melulu Soal “Tahu”, Kamu Juga Perlu Tahu 7 Tempat Wisata Tersembunyi Ini


Nah, itu dia informasi mengenai Umbul Cimincul dan Mata Air Kasumbar di kawasan Subang. Berhubung besok sudah memasuki bulan ramadhan, recommend juga nin buat spot ngabububurit.  Tipa sediikt untuk kamu yang ingin berkunjung ke sini, yaitu jangan lupa bawa baju ganti dan bawa kamera underwater. Oke deh, semoga bermanfaat. Semoga harimu menyenangkan. Selamat jalan-jalan. Dan semalat menjalankan ibadah puasa bagi kamu yang menjalankan.

See you!

(Foto featured dari @amboreynaldi)

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut
Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable
Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja