Watu Payung Panggang: Tempat Paling Epic Melihat Sunrise di Gunungkidul

Ngadem.com – Kebanyakan dari kamu yang sempat jalan-jalan ke Gunungkidul pasti selalu beranggapan bahwa daerah yang konon tandus ini selalu identik dengan pantai dan jadi daerah yang pas untuk berburu sunset. Gunungkidul memang memiliki banyak spot cantik untuk menikmati pesona matahari surut, sebutlah Bukit Kosakora atau Pantai Kesirat yang memiliki pesona sunset menawan dan sangat menghipnotis.

Tapi, perlu kamu tahu Gunungkidul kini punya spot untuk melihat pesona matahari yang mulai terbangun di ujung timur. Adalah Watu Payung yang berlokasi di Padukuhan Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang yang jadi tempat paling epic untuk melihat sunrise di Gunungkidul. Sama halnya dengan beberapa spot di Dlingo atau Kulonprogo, di Watu Payung kamu akan disuguhkan pesona sunrise berbalut kabut tips yang sungguh menawan. Sejauh mata memadang hanya pepohonan dan bebukitan yang akan kamu lihat. Jadi, saran kami bawa kamera untuk mendokumentasikan perjalananmu dalam berburu sunrise.

Spot Watu Payung terbilang wisata baru. Itulah mengapa lokasinya terbilang sepi dan fasilitasnya tak begitu lengkap. Watu Payung juga termasuk Turunan Geoforest yang berarti ini menjadi kawasan hutan konservasi yang dikelola oleh masyarakat. Dari gardu pandang yang disediakan, kamu bisa melihat pesona alam serta aliran Sungai Oya yang membelah wilayah Kabupaten Gunungkidul menuju Kabupaten Bantul.

watu-payung-panggang
Sunrise di Watu Payung foto dari @dhamudiin

Akses untuk ke Watu Payung terbilang mudah dan tak perlu melakukan persiapaan berlebih. Kamu cukup pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima dan full bensin. Bawalah bekal dari rumah, ajak teman atau kerabat. Untuk menuju ke Watu Payung, kamu bisa melalui 2 akses jalan, yaitu melewati Banyusoco Playen dan Panggang. Setelah itu, ikuti penunjuk jalan yang sudah tertera di beberapa titik. Atau kamu bisa gunakan GPS agar tak bingung. Selama perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang sungguh puitis. Dijamin, perjalanamu tak akan membuat kecewa.

Oh ya, Watu Payung yang dibahas ini adalah Watu Payung yang ada di Kecamatan Panggang, bukan yang di Kecamatan Semin. Sebab memang nama wisata Watu Payung di Jogja terbilang banyak, bahkan ada yang di Dlingo, Bantul.


Baca Juga:

Guys, Udah Tahu Kalo Ternyata Mall Terbesar di Jawa Tengah Ada di Gunungkidul?

Jalan-Jalan di Akhir Pekan ke Bukit Maracah, Gunungkidul

Jalan-jalan Sore: Green Village Gedangsari, Gunungkidul

6 Pantai Baru Untuk Camping di Gunungkidul

Ngadem di Bukit Kosakora dan Pantai Drini, Gunungkidul

Yuk Kenalan Sama Danau Kelimutu-nya Jogja, Telaga Biru Semin


Ingat! Jangan buang sampah sembarangan. Jaga kebersihan dan kelakuan agar tak merugikan sesama travelers dan pengelola tempat wisata. Selamat jalan-jalan dan be wise travelers!

(Foto featured dari @hilminurr)

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.