Yuk Intip 8 Tempat Wisata Andalan di Sukoharjo

Ngadem.com – Sukoharjo adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan slogan “Sukoharjo Makmur”. Kabupaten Sukoharjo berbatasan langsung dengan Kota Surakarta di Utara, Kabupaten Karanganyar di Timur, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Gunung Kidul di Selatan, sedangkan di Barat berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali.

Kabupaten Sukoharjo terkenal dengan hasil pertanian, kerajinan, dan produksi jamunya guys. Heem, jadi penasaran. Kira-kira Sukoharjo punya tempat wisata kece gak sih? Ya punya dong. Yuk langsung intip 8 tempat wisata andalan Sukoharjo di bawah ini!

1. Bandung Bondowoso dan Gunung Sepikul

Gunung Sepikul Foto Dari @gretha0z

Kok jadi bawa-bawa Bandung Bondowoso sih? Kalem guys. Jadi ceritanya di Desa Gentan, Kelurahan Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo terdapat sebuah bukit batu yang lebih dikenal dengan nama Gunung Sepikul yang konon merupakan salah satu batu yang di bawa Bandung Bondowoso untuk membangun candi Roro Jonggrang namun entah kenapa salah satu batu yang akan digunakan untuk membangun candi itu jatuh di Sukoharjo dan menjadi Gunung Sepikul.

Udah deh. Gak usah mikirin Bandung Bondowosnya terus. Gunung Sepikul yang berada hanya 20 kilomter sebelah selatan Kota Sukoharjo ini wajib kamu cek sendiri kekeceannya. Panorama dari atas Gunung Sepikul yang berbaur dengan udara segar dan pemandangan yang hijau sejauh mata memandang dijamin bakal balikin semangatmu setelah bekerja nyaris seminggu. Bahkan pesona Gunung Sepikul pernah dijadikan lokasi syuting sinetron Wiro Sableng (waaah itu sinetron favorit saya). Kamu wajib kesini deh!

2. Tenggelam di Pesona Telaga Biru

Telaga Biru Foto dari @masrang

Meski secara administratif Telaga Biru masuk dalam kawasan Gunung Kidul, tapi letaknya yang tidak jauh dari Sukoharjo membuat telaga ini jadi favorit anak muda Sukoharjo. Telaga Biru terletak di antara perbatasan Sukoharjo Gunung Kidul tepatnya di Desa Tandansari. Jika kamu ingin berkunjung ke Telaga Biru, datanglah saat siang hari karena cahaya matahari yang memancar akan membuat telaga ini berubah biru sempurna. Kalau tidak ada pancaran cahaya matahari, maka air di telaga ini akan berwarna hijau.

Tidak hanya menyaksikan pesona Telaga Biru, kalau kamu ada di sini kamu juga bisa foto-foto dengan latar belakang tebing bebatuan yang merupakan bekas pertambangan. Buat yang ingin berlayar di atas Telaga Biru bisa kok nyewa perahu kecil atau Gethek yang sudah disiapkan disekitar telaga. Sip daaah!

3. Ke Bendungan Colo Yuk

Bendungan Colo Foto Dari @endri.ina

Di Kecamatan Nguter Sukoharjo terdapat sebuah bendungan yang gak kalah kece dengan tempat lainnya. Bendungan ini sebenarnya dibangun untuk menampung air sungai tapi kekeceaannya telah menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke sana. Bendungan yang melintasi sungai Bengawan Solo ini menyajikan pemandangan alam yang indah. Gak hanya itu kamu juga bisa memancing disekitar kawasan bendungan dan tentunya foto-foto di atas batuan yang ciamik banget. Untuk masuk ke kawasan bendungan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri ini, kamu tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

4. Nongkrong Bentar di Telaga Claket

Telaga Claket Foto Dari @ariswidianto

Naah ini juga populer di kalangan anak muda Sukoharjo. Meski secara administratif masuk ke Kabupaten Wonogiri tapi letaknya yang berbatasan langsung dengan Sukoharjo membuatnya rame dikunjungi anak muda Sukoharjo dan sekitarnya.

Area Telaga Claket emang gak terlalu luas tapi keasriannya cocok banget buat ngadem neh. Bahkan di sekitar kawasan telaga juga dimanfaatkan untuk memancing. Untuk masuk ke kawasan Telaga Claket kamu gak perlu membayar retribusi tapi buat kamu yang ingin foto-foto di jembatan kayu, kamu haru membayar Rp.5000 per orang ya guys. Jalan menuju Telaga Claket gak perlu drama guys. Dari jalan Raya Sukoharjo – Wonogiri (tepatnya di Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo) kamu cukup berkendara sekitar 15 menit. Gimana, kamu ingin nyoba?

5. Berburu Ikan di Waduk Mulur

Waduk Mulur via topixsolo.blogspot.com

Waduk Mulur di bangun pada masa penjajahan loh guys. Waduk yang terletak di Desa Kenep, Kelurahan Combongan, Kecamatan Sukoharo ini cocok banget buat pecinta ikan. Di waduk ini kamu bisa beli ikan murah-meriah sepuasnya. Why? Soalnya, di waduk ini terdapat banyak karamba budidaya ikan. Tidak hanya membeli ikan, kamu juga bisa memancing ikanmu sendiri.

Area waduk yang asri terkadanga juga digunakan untuk kegiatan outbond loh guys. Buat kamu yang ingin olahraga, juga sudah disiapkan fasilitas untuk latihan olahraga panahan dan olahraga tenis. Nah kalau kamu gak mau repot-repot masak ikan di rumah, kamu bisa kok menikmati berbagai menu olahan ikan di warung makan lesehan yang bertebaran disekitar waduk. Gimana guys, siap makan ikan?

6. Seru-seruan di Geopark Batu Seribu Yuk

Batu Seribu Foto Dari @arista_na

Geopark Batu Seribu juga dikenal dengan objek wisata Pacinan terletak di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo atau 20 km sebelah selatan Kota Sukoharjo. Untuk mencapai lokasi wisata emang agak drama guys soalnya belum ada penunjuk arah guys tapi kamu bisa memanfaatkan warga sekitar sebagai penunjuk arah.

Biaya masuk ke kawasan wisata ini murah banget, cuma Rp. 2000. Dari pintu loket kamu harus berjalan sekitar 1,5 kilometer dengan jalan yang menanjak dan curam. Heem, boleh dicobalah untuk menguji adrenalinmu!

7. Main Air Sepuasnya di Pandawa Water World

Pandawa Foto Dari @sitasweet_collection

Dari namanya kamu pasti udaah sadar kalau wisata air ini mengusung konsep pewayangan Jawa. Dibangun pada pada tahun 2007 wisata ini menjadi ikon wisata air Jawa Tengah.

Pandawa Water World terletak di Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Wahana andalan disini adalah Action River, Fantastic, Slide, Warm Spa, Sight Tower, Bima Slide, Raft Slide, Gatotkaca Bungy Tower, Kresna Wave Pool, dan Black Hole Slide. Ada juga kolam khusus untuk anak-anak dan food court.

Pandawa Water World dibuka pada hari Senin Jumat mulai jam 10.00-18.00 dengan tiket masuk sebesar Rp.80.000 dan Sabtu-Minggu atau hari libur jam 0800-18.00 dengan tiket masuk sebesar Rp.100.000.

8. Berendam di Sunyinya Curug Krajan

Curug Krajan Foto Dari @frendyaditya

Curug ini terletak di Desa Krajan, Watu Kelir, Weru, Sukoharjo. Berada di desa Kabupaten Sukoharjo atau 24 km Barat Daya Kota Sukoharjo dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, curug ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan loh guys, jadi masih sepi gitu deh.

Untuk masuk ke curug kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 1000 untuk memarkirkan kendaraanmu. Nah dari area parkir kamu harus berjalan kaki sekitar 200 meter untuk sampai di curug. Curug ini belum dikelola loh guys jadi belum ada fasilitas apapun termasuk tempat sampah jadi jangan buang sampah sembarangan yes.

Gimana sudah puas intip wisata di Sukoharjo? Buat yang belum puas, kamu mungkin bisa menambahkan list wisata di Sukoharjo di kolom komentar. Have fun!

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com – Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.