in

5 Tempat Alternatif Untuk Bermalam Minggu di Jogja. Jomblo dan Non Jomblo Wajib Masuk!

Ngadem.com – Wah.. Udah malam minggu aja nih. Waktunya muda-mudi Jogja yang tengah dilanda api asrama meramaikan punggung jalan kota bersama sang kekasih. Waktu yang tepat pula bagi para pekerja untuk merayakan berkah dari gaji di awal bulan.

Tak bisa ditolak, setiap malam minggu, Jogja akan dipenuhi kendaraan yang berekor hingga beberpa kilometer. Hal yang sebenarnya tak hanya terjadi di Jogja ini, memang terkadang membuat kita jengkel bin kesal. Jangan khawatir! Berikut Ngadem.com kasih tempat-tempat yang bisa kamu singgahi di malam minggu tanpa harus merasakan bisingnya Kota Jogja.

1. Graha Sabha Pramana (GSP)

Syahdunya GSP via wilujengayupr.blogspot.com
Syahdunya GSP via wilujengayupr.blogspot.com

Graha Sabha Pramana terletak di kawasan UGM. Gedung dengan bangunan megahnya ini merupakan tempat serba guna yang seirng digunkan keluarga besar UGM untuk melangsukan acara tertentu. Karena lokasinya yang asik dan tak membosankan, membuat GSP jadi lokasi yang bisa kamu sambangi saat malam minggu, dan tentu saja tanpa terganggu bisingnya suara kendaraan. Selain itu, banyaknya lampu sepia yang mengelilingi kawasan GSP, akan bertamah romantis bila kamu mengajak sang kekasih.

2. Plengkung Gading

Suasana malam Plengkung Gading via jogjapetualang.com
Suasana malam Plengkung Gading via jogjapetualang.com

Letaknya yang tak jauh dari kawasan Alun-alun Kidul ini memiliki pesona langit malam yang menawan. Kalau kamu  ada rencana ingin menghabiskan malam minggu di Alun-alun Kidul jangan lupa mampir ke Plengkung Gading. Selain tempatnya yang terbilang tenang, Plengkung Gading juga sangat seru diajak foto-foto. Nah, untuk mencapai lokasi, kamu cukup berjalan beberapa meter dari pusat Alun-alun Kidul. Tempatnya yang unik pasti akan membuatmu betah berlama-lama.

3. Jembatan Sayidan dan Jembatan Kali Code

Jembatan Sayidan via starfish7-koga.blogspot.com
Jembatan Sayidan via starfish7-koga.blogspot.com

Jembatan Sayidan berada di pusat kota Jogja. Lokasinya yang strategis membuat tempat ini kerap dijadikan area tongkrongan anak-anak muda dan beberapa komunitas. Salah satu band Indonesia pun sempat menjadikan nama jembatan ini sebagai judul lagu, Sayidan. Menghabiskan malam minggu di tempat ini akan mengajarkanmu tentang keluesan yang lekat dengan warga lokal. Selain jembatan Sayidan, ada juga jembatan Kali Code yang tak kalah populer di telinga anak muda. Jadi, bagi kamu yang lebih sering menghabiskan malam minggu di cafe-cafe atau tempat elit lainnya, sesekali cobalah singgah di tempat ini.

4. Perpuskot Jogja

Malam minggu di perpus via http://www.nasirullahsitam.com/
Malam minggu di perpus via http://www.nasirullahsitam.com/

Jam bukanya yang sekarang sampai malam, membuat Perpuskot Jogja bisa jadi alternatif untuk menghabiskan malam minggu. Tak ada salahnya toh malam mingguan di perpus? Karena banyak juga muda-mudi yang berlama-lama di sini; membaca buku, mengerjakan tugas, bahkan menulis buku adalah hal yang akan kamu temui di Perpuskot Jogja. Dijamin kamu akan terhindar dari bisingnya kota Jogja saat malam minggu. Bonusnya, kamu jadi lebih pinter dan keren!!!

5. Burjo

Burjonya malam hari via olx.co.id
Burjonya malam hari via olx.co.id

Warung Bubur Kacang Ijo atau yang lebih akrab disapa burjo, memang tak asing di telinga warga Jogja, baik lokal maupun pendatang. Buat kamu yang udah kehabisan tempat untuk bermalam minggu, rasanya burjo bisa jadi alternatif yang tepat. Di sini kamu akan bertemu orang-orang yang juga jenuh dengan situasi di Jogja kala malam minggu. Selain bisa memesan nastel atau nasi goreng racikkan a’ak burjo, kamu juga bisa tuh curhat-curhatan sesama jomblo… #uppsss. Atau bisa juga menonton pertandingan sepak bola sambil maen gaple. Perut kenyang, sepi hilang, nambah teman. Ya kan, ya kan, ya kan???

Ada rekomendasi lain? Yuk share di kolom komentar!

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.