in

5 Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Membuatmu Bahagia Lahir dan Batin

Ngadem.com – Tempat Wisata di Yogyakarta selalu menjadi sihir bagi mereka yang merindukan suasana hening dan tenang. Ya, selain terkenal dengan kota Pelajar dan Kota Budaya, Yogyakarta juga terkenal dengan berbagai tempat wisata yang luar biasa indahnya. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, sampai wisata religi. Yogyakarta memang istimewa sekali.

Bicara soal tempat wisata, apa kamu tahu bahwa di Yogyakarta juga terdapat lokasi-lokasi wisata yang sangat tepat untuk kamu jadikan tujuan pelarian dari hingar bingar pusat kota dan membuatmu bahagia? Ya, kesibukan kerja atau kuliah yang begitu menguras tenaga, waktu dan pikiran, tentunya membuat kamu kerap ditindih rasa lelah, penat, juga stress. Nah, di bawah ini adalah 5 lokasi wisata Yogyakarta  yang bisa membuatmu bahagia lahir dan batin. Stress? Cobalah datang ke Yogyakarta!

Pertama, tempat wisata di Yogyakarta yang akan membuat bahagia adalah Embung Batara Sriten

pemandangan di Embung Batara Sriten
Sumber: ngadem.com

Embung Batara Sriten ini merupakan wisata alam di kawasan Gunung Kidul, tepatnya di Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, Kec. Nglipar, Yogyakarta. Untuk masuk kesini kamu tak akan dikenakan biaya tiket masuk, kamu hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 saja. Menyenangkan sekali, bukan? Kenapa saya mengatakan Embung Batara Sriten adalah objek paling tepat untuk merelaksasikan diri? Sebab, tempat ini sangat hijau dan menyegarkan. Letaknya yang berada pada ketinggian 880 mdpl menjadikan tempat ini seakan-akan berdiri di atas awan. Dan, karena hal ini juga lah Embung Batara Sriten disebut-sebut sebagai Embung tertinggi di pulau Jawa. Pesona di tempat ini yang begitu memukau seolah menjadi bius tersendiri bagi kamu yang tengah ditindih rasa lelah dan stress.  So, tempat ini sangat tepat sekali bagi kamu yang ingin merelaksasikan diri sekaligus membahagiakan diri.

Kalau kamu ingin tahu situasi dan foto-foto di Embung Sriten, kamu bisa ke artikel kami berjudul Tempat Melarikan Diri Terbaik di Jogja: Embung Batara Sriten

Kedua, tempat wisata di Yogyakarta yang paling adem adalah Kaliurang

Cewek di kaliurang
Sumber: www.pemanduwisatamu.com

Kaliurang ini berada di kawasan Pakem, Sleman, Yogyakarta. Kaliurang merupakan  kawasan wisata alam yang berada pada ketinggian 900 mdpl. Wisata Kaliurang menyuguhkan pemandangan yang hijau alami  juga menyejukan, hal tersebutlah yang akan membuat kamu  betah berada lama-lama  di tempat ini. Udara yang menyejukan dan panaromanya yang hijau semcam ini tentunya menjadi tempat yang tepat sekali untuk merelaksasikan diri.  Beberapa spot epic yang bisa kamu kunjung saat kamu tiba di Kaliurang yaitu: Tlogo Putri, Gardu Pandang, Museum Vulkanik Merapai, Goa jepang, Taman wisata Palawangan Turgo, dan Taman bermain. So, masih enggan berkunjung kesini?

Baca juga: Yuk Ngadem di Kaliadem, Yogyakarta! dan Tlogo Putri, Destinasi Wisata Alam Terlengkap di Jogja

Ketiga, tempat wisata di Yogyakarta bernuansa alam dan bebukitan adalah Puncak Suroloyo

sunset sunrise jogja
Sumber; www.piknikdong.com

Tempat merelaksasikan diri berikutnya adalah Puncak Suroloyo. Puncak ini terletak di kawasan Kulonprogo, Yogyakarta. Puncak yang berada pada ketinggian 1.091 mdpl ini dikatakan sebagai singgasana para Dewa. Di sini juga kamu akan menjumpai patung Dewa Syiwa yang beridiri dengah gagahnya.  Selain itu, di sini juga terdapat tiga pertapaan yang dikenal dengan sebutan Suroloyo, Kaendran, dan Sariloyo. Puncak Suroloyo yang juga disebut rumah dewa ini memiliki pemandangan yang begitu epic dan elok. Dari puncak Suroloyo ini kamu bisa menikmati keindahan sejumlah puncak gunung seperti Merapi, Sumbing, Sindoro, juga  Merbabu. Seandainya tidak tertutup kabut, kamu juga bisa menikmati kemegahan Candi Borobudur. Tempat semacam ini tentunya pandai sekali membuat kamu merasa damai dan tenang. So, cobalah untuk datang.

Keempat, tempat wisata di Yogyakarta untuk melihat sunrise dan sunset adalah di Gunung Nglanggeran

sunset di Embung Batara Sriten
Sumber: ngadem.com

Gunung Ngelanggeran atau Gunung Api Purba ini berada di kawasan Gunung Kidul, tepatnya  di Desa Nglanggeran, Kec. Pathuk.  Gunung Api Purba yang pernah aktif berpuluh juta tahun lalu ini memiliki panorama alam yang begitu elok dan harmonis. Di sini kamu bisa menjumpai sunraise yang begitu eksotis. Dan, saat malam datang, kamu akan melihat kota Jogja seperti lautan kunang-kunang. Tempat ini kerap juga dijadikan tempat untuk camping bagi mereka yang merindukan alam.  Lokasinya yang jauh dari keramaian kota dan panoramanya yang begitu eksotis seolah menjadikan tempat ini surga bagi mereka yang ingin membahagiakan diri. Selain itu, di kawasan Gunung Ngelanggeran juga terdapat Embung yang akan lebih indah jika kamu mengunjunginya saat senja tiba.

Kelima, tempat wisata di Yogyakarta yang akan membawamu menari-nari kegirangan adalah jejeran pantai di Gunungkidul

Selain pegunungan, Gunung Kidul juga terkenal dengan jejeran pantai-pantainya yang eksotis.  Selain itu, yang membuat lebih menarik, beberapa pantai di Gunung Kidul bisa juga dimanfaatkan untuk camping. Menurut saya pribadi, camping di kawasan pantai itu menarik sekali apalagi jika kawasan pantainya masih sepi, kita seperti berada di pantai pribadi, kita bisa bermain sesuka hati.  Pantai memang selalu saja mempunyai daya tarik tersendiri, bahkan sunset di pantai selalu sukses membuat para penikmatnya enggan untuk beranjak pulang.  Deru ombak yang menggebu, nuansa alamnya yang mengharubiru, susananya yang sepi nan syahdu,  membuat siapapun yang tengah ditindih rasa penat dan stress akan kembali menjadi fresh. Nah, inilah jejeran pantai Gunung Kidul yang bisa kamu manfaatkan untuk camping asik, yaitu: Pantai Jungwok, Pantai Siung, Pantai Pok Tunggal, Pantai Sundak, Pantai Drini, dan Pantai Seruni.

Ada beberapa pantai yang sudah kami kunjungi dan kami review, beberapa diataranya adalah:

1. Mengakrabi Pantai Ngobaran dan Segala Isinya

2. Menengok Pantai Sadranan: Tentang Snorkeling dan Hal-hal Lain Yang Membahagiakan

3. Pantai Nglambor: Tempat Mengintip Ikan-ikan Lucu di Gungungkidul

Demikianlah informasi mengenai 5 Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Membuatmu Bahagia Lahir dan Batin. Semoga bermanfaat dan semoga kembali bahagia. Selamat bersenang-senang, selamat mengenang mantan (eh), dan  salam penuh kasih sayang.

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.