in

8 Tempat Wisata Brebes Yang Bisa Kamu Kunjungi Kapan Saja

Ngadem.com – Kota Bawang adalah sebutan dari sebuah kota yang berada pada jejeran wilayah Pantura, yaitu Brebes. Selain terkenal dengan sebutan kota bawang, Brebes juga terkenal dengan sebutan kota telur asin. Penduduk di wilayah ini memiliki dua bahasa, yaitu bahasa Jawa dan bahasa Sunda, bahkan beberapa wilayahnya dinamai dengan nama yang kesunda-sundaan, seperti: Cikeusal, Ciseureuh, Cisadap, Jamaseh, Pangebonan, Malahayu, Pamedaran, dll.

Menurut beberapa sumber, Brebes menjadi kabupaten yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Provinsi Jawa Tengah dan menjadi kabupaten terluas ke dua setelah Kabupaten Cilacap. Kabupaten yang berada diperbatasan wilayah provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat ini terkenal dengan bahasa ngapaknya. Berkunjung ke Brebes akan membuat kamu menjadi lebih muda. Tak percaya? Coba datang dan nikmati segala keeksotisan Kota Brebes.

Baca juga: Ke Brebes Tapi Ndak Icip-icip Kuliner Ini? Aja lah ya…

Nah, selain terkanal dengan sebutan kota bawang dan kota telur asin, Brebes juga memiliki sejumlah lokasi wisata yang tak kalah epic dari kota-kota wisata seperti, Bandung, Malang, dan Yogyakarta. So, jika kamu bertandang ke Brebes cobalah meyempatkan diri untuk mampir ke beberapa tempat epic berikut ini.

1. Kaligua, tempat dimana kamu bisa melihat hamparan kebun teh dan beberapa hal eksotis lainnya.

Sumber gambar: pesonapandansari.blogspot.com
Sumber gambar: pesonapandansari.blogspot.com

Kaligua merupakan sebuah obyek wisata dataran tinggi yang letaknya di desa Pandansari, kec. Paguyangan, kab. Brebes, Jawa Tengah, kurang lebih 80 KM dari kota Tegal. Seperti Wisata dataran tinggi Dieng, obyek wisata yang satu ini pun memiliki suhu yang dingin nan meyejukan. Beberapa spot menarik yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Kaligua antara lain: Hamparan kebun teh, Telaga Renjang, Goa Jepang, dan Mata Air Tuk Bening. Selain itu, untuk menguji adrenalin, kamu bisa mencoba wahana outbond.

Tips: Siapkan fisik dan mental, cek kendaran sebelum berangkat, jangan gunakan motor matic karena jalanan disini cukup menanjak, bawa cemilan secukupnya, bawa baju hangat, dan jangan lupa bawa kamera untuk mendokumentasikan pemandangan indah yang ada di tempat ini.

2. Waduk Malahayu, tempat dimana kamu bisa bersantai bersama keluarga.

Sumber gambar: nanoartikel.blogspot.com
Sumber gambar: nanoartikel.blogspot.com

Waduk peninggalan kolonial Belanda ini merupakan obyek wisata yang terletak di desa Malahayu, Kec. Banjarharjo, kab. Brebes, Prov. Jawa Tengah. Selain sebagai tempat rekreasi, waduk Malahayu ini juga difungsikan sebagai sarana untuk pengontrol banjir dan sarana irigasi.  Wisata Waduk Malahayu merupakan wisata keluarga yang menyuguhkan panorama pegunungan dan hamparan hutan jati yang begitu indah, tempat mendamaikan yang sengat tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Pemandangan alamnya yang begitu menawan dan susananya yang menyenangkan membuat wisata yang satu ini kerap dijadikan sebagai lokasi bumi perkemahan. Disamping itu, ada juga Waduk Panjalin yang tak kalah indah dari Waduk Malahayu. Waduk Panjalin yang juga merupakan wisata keluarga ini berada di kawasan Winduaji, selatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah.

3. Ingin Meditasai? Cobalah duduk diantara rimbunya wisata alam Curug Putri

Sumber gambar: aboutbrebes.my.id
Sumber gambar: aboutbrebes.my.id

Curug Putri merupakan wisata alam yang berlokasi di Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Prov. Jawa tengah.  Curug Putri ini memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter. Wisata air terjun yang memiliki panorama alami nan eksotis ini sebelumnya mempunyai dua pancuran air yang dikenal dengan nama curug kembar. Sayangnya kini hanya menyisakan satu air terjun saja karena debit airnya yang kian megecil, yang sekarang dikenal dengan nama Curug Putri.

Tips: Cek kendaraan sebelum berangkat, bawa bekal makanan dan minuman secukupnya, bawa baju ganti jika kamu berencana untuk mandi, jangan lupa bawa kamera dan siapkan fisik dan mental karena medan perjalannya cukup menantang.

4. Pemandian Air Panas Brebes yang akan memulihkan tenaga dan pikiran kamu.

Sumber gambar: www.bumiayu.net
Sumber gambar: www.bumiayu.net

Pemandian air panas merupakan wisata air yang begitu digemari orang-orang, khususnya para orang tua, karena mereka meyakini pemandian air panas ini manjur sekali menyembuhkan berbagai penyakit. Ada dua lokasi pemandian air panas di Brebes: Pertama, pemandian air panas Cipanas yang berada di selatan Brebes, atau sebelah barat Bumiayu. Kedua, pemandian air panas Tirta Husada yang terletak di Kedunggoleng, Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah.  Pemandian Air Panas Cipanas dan Pemandian Air Panas Tirta Husada ini merupakan obyek wisata air yang sangat tepat bagi kamu juga keluarga kamu yang ingin merefreshkan diri.

5. Ciblon Waterboom, tempat yang cocok untuk bersantai dan bergembira ria.

Tempat wisata di Brebes Ciblon
Sumber gambar: lampionku.com

Ciblon Waterboom merupakan wisata air yang bisa kamu kunjungi dijalan Yos. Sudaso kota Brebes. Lataknya yang strategis menajdikan wisata Ciblon Waterboom ini cukup cepat dikenal banyak orang. Wisata air yang satu ini kerap ramai pengunjung saat hari libur tiba. Berkunjung kesini akan membuat kamu segar kembali. Dan disini juga kamu bisa bermain air sepuasnya sesuka hati. Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati di Ciblon Waterboom, yaitu: Kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi, Slider dengan ketinggian sekitar 12m, lintasan kolam, permainan ember tumpah, sauna, tempat fitnes, tempat senam aerobik, kamar mandi, ruang ganti, cafe, dan area parkir.

6. Ingin melihat sunset terbaik di Brebes? Coba cek Pantai Randusanga!

Sumber gambar: edisantoso4636.blogspot.com
Sumber gambar: edisantoso4636.blogspot.com

Pantai Randusanga adalah obyek wisata yang letaknya di Randusanga kulon, Brebes, atau 7 km dari kawasan jalan raya pantura. Pantai Randusanga ini menyuguhkan pemandangan pantai yang cukup elok meski tingkat kebersihannya masih minim. Selain itu, mata kamu juga akan dimanjakan oleh pemandangan dari hamparan perkebunan bawang yang begitu luas. Di kawasan pantai ini juga dimanfaatkan untuk membudiyakan rumput laut dan ikan bandeng.  Satu lagi hal menarik yang tidak akan kamu temui di lokasi wisata lain, yaitu rujak uleg. Di sini, kamu bisa menikmati rujak uleg sepuas kamu dengan harga yang sangat ekonomis. Percayalah, menikmati rujak ulek di kawasan pantai sangat nikmat dan mengasikan sekali.

7. Candi Pangkuan, tempat dimana kamu bisa menyapa ratusan ekor kera jinak.

Sumber gambar: clickandseetheworld.wordpress.com
Sumber gambar: clickandseetheworld.wordpress.com

Candi Pangkuan merupakan candi dengan batu berbentuk lonjong setinggi 50 cm. Candi ini  terletak di desa Cilibur, kec. Paguyangan, Kab. Brebes, prov. Jawa Tengah.  Hal unik yang bisa kamu jumpai disini selain batu lonjong berukuran 50cm yaitu terdapatnya banyak kera wara-wiri di area ini, bahkan sampai ratusan.  Namun jangan khawatir, sebab kera-kera disini sudah jinak, tidak menggigit. Berkunjung ke Candi Pangkuan seoalah akan membawa kamu ke kawasan wisata Tawangmagu di Solo.

8. Terkahir, yuk tengok Desa Wisata di Brebes yang kaya akan tradisi dan budaya

Sumber gambar: fajarindra.web.id
Sumber gambar: fajarindra.web.id

Desa wisata letaknya di kaki gunung Kumbang, tepatnya di pedukuhan Jalawastu, desa Ciseureuh, Kec. Ketanggungan, Kab. Brebes, Prov. Jawa Tengah. Kenapa dinamakan Desa Wisata? Sebab, di tempat ini setiap selasa kliwon diadakan uapaca adat budaya atau disebut juga upacara adat Ngasa,. Upacara Ngasa yang merupakan simbol ucapan syukur pada Tuhan ini oleh penduduk setempat sudah dijalani secara turun temurun dari beberapa ratus tahun silam. Beberapa hal unik yang terdapat di desa wisata yang satu ini adalah seluruh rumahnya beratap seng dan berdinding kayu, seluruh rumah di kawasan ini dilarang beratap genting dan dilarang berdinding tembok, dilarang menggunakan semen juga keramik.  Selain itu, penduduk disini juga pantang menanam bawang merah. Unik sekali bukan?

Begitulah Brebes dengan surga-surga kecil yang ada di dalamnya. Semoga informasi ini bermanfaat. So, selamat berkunjung dan Selamat bersenang-senang. Happy holiday..

Baca juga: Ke Brebes Tapi Ndak Icip-icip Kuliner Ini? Aja lah ya…

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.