in

Berbagai Jenis Tempat Wisata Gunung Kidul Yang Jadi Andalan Kota Jogja

Ngadem.com – Tempat Wisata Gunung Kidul di Yogyakarta memang menyimpan keunikan dan pesona yang sangat menawan. Untuk memuaskan hasrat dalam berwisata, kamu bisa menjelajahi pesona di daerah ini dalam beberapa jenis destinasi, seperti pantai, gua, air terjun dan banyak lainnya. Ya, ada banyak sekali atraksi yang dapat kamu temukan di daerah ini.

Gunung Kidul sendiri adalah sebuah distrik di provinsi Yogyakarta, meliputi daerah hingga mencapai 46 persen  dari total luas provinsi. Gunung Kidul terdiri dari bebukitan dan didominasi oleh pegunungan kapur yang membentang ke selatan ke pulau Jawa. Dibagi menjadi tiga wilayah topografi dan ditetapkan sebagai daerah pengembangan oleh pemerintah daerah setempat.

Bagian Selatan Gunungkidul didominasi oleh bukit kapur berbentuk kerucut dengan ketinggian 300 m di atas permukaan laut. Di daerah ini kamu bisa menemukan beberapa pantai terkenal di Jogja. Sedangkan pusat kota, kamu bisa menemukan air terjun yang menarik dan sejumlah atraksi budaya. Sementara di bagian Utara terletak pada ketinggian 200 sampai 700 meter di atas permukaan laut. Di daerah ini, kamu bisa menemukan beberapa gua menarik dan populer di kalangan penikmat perjalanan.

Sepanjang tahun 2014 sampai 2015 awal, Gunung Kidul memiliki potensi wisata yang mampu menyedot kunjungan wisatawan dari domestik atau pun asing. Hal ini dibuktikan dengan masukknya dana sebesar Rp 15 miliar dari 1,9 juta wisatawan. Beberapa Tempat Wisata Gunung Kidul yang menarik wisatawan, termasuk barisan pantainya dan jejeran guanya.

Ada sejumlah spot keren di Gunungkidul yang menarik dan layak dikunjungi, apa saja?

Tempat Wisata Gunung Kidul Berupa Pantai

1. Pantai Ngalmbor

Pantai Ngalmbor
Sumber; ngadem.com

Pantai Ngalmbor adalah salah satu pantai yang beberapa waktu ini sering dibicarakan oleh wisatawan. Ya, ini adalah pantai yang sangat pas untuk melakukan snorkeling. Di pantai ini kamu bisa mandi dan memotret diri dalam air dengan jelas. Ya, air yang ada di pantai ini sangat jernih dan bening. Itulah sababnya pantai ini menjadi tempat yang sangat populer untuk aktivitas snorkeling. Untuk bisa menikmati keindahan bawah laut di Pantai Nglambor, kamu hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 saja per orang. Dan disediakan peralatan snorkeling jika kamu mau eksis di bawah laut. Harga sewanya senditi bervariasi, dari Rp 25.000 sampai Rp 50.000 saja. Jika kamu ingin tahu lebih detail tentang Pantai Nglambor ini, kamu bisa membaca artikel kami berjudul: Pantai Nglambor: Tempat Mengintip Ikan-ikan Lucu di Gungungkidul

2. Pantai Indrayanti (Pantai Pulang Sawal)

Sumber: jogjaphoto.com
Sumber: jogjaphoto.com

Ini adalah salah satu pantai indah dari Gunung Kidul dengan pasir putih dan air lautnya yang jernih. Indrayanti yang oleh pemerintah lokal disebut Pantai Pulang Sawal, adalah tujuan wisata populer di kalangan wisatawan Gunung Kidul. Salah satu atraksi yang bisa kamu nikmati adalah panorama laut yang didukung oleh infrastruktur pariwisata yang memadai. Ini salah satu objek wisata di Gunung Kidul yang sarat dengan sentuhan modern, menjadi salah satu pantai romantis di Yogyakarta. Sepanjang pantai, kamu bisa melihat deretan restoran seafood yang menyajikan es kelapa muda segar. Tak kalah menarik, ketersediaan unit jet ski yang bisa disewa jika ingin bermain-main di air laut menjadi nilai tambah. Beberapa rumah sewa tersedia di dekat pantai bagi kamu yang ingin menghabiskan malam dan menikmati keindahan resor pantai Indrayanti. Untuk memasuki kawasan wisata pantai ini, kamu harus membayar di pintu masuk dengan harga Rp 5.000 per orang. Murah bukan?

3. Pantai Sadranan

pantai sadranan jogja
Sumber: ngadem.com

Pantai Sadranan jika menurut saya adalah salah satu pantai terbaik yang ada di Gunungkidul. Pantai ini luas, nyaman, bersih dan tentu saja menyenangkan. Di pantai ini juga menjadi tempat snorkeling bagi beberapa orang, tapi sayangnya airnya tak sebening di Pantai Ngalambor. Pantai Sadranan sangat cocok dijadikan wahana liburan bagi keluarga, sebab akses jalannya yang mudah dan tempatnya yang cukup luas. Terdapat beberapa tempat istirahat dan payung-payungan di bibir pantai. Untuk masuk ke Pantai ini kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 saja per orang. Jika kamu ingin tahu bagaimana suasana di Pantai Sadranan, kamu bisa membaca artikel kami berjudul: Menengok Pantai Sadranan: Tentang Snorkeling dan Hal-hal Lain Yang Membahagiakan

4. Pantai Baron

Sumber: sarangpenyamun.wordpress.com
Sumber: sarangpenyamun.wordpress.com

Pantai lainnya di Gunung Kidul yang juga menawarkan panorama keindahan laut adalah Pantai Baron. Ya, pantai ini sangat indah dan selalu menjadi tujuan wisata favorit di Gunung Kidul bagi mereka yang ingin makan seafood dan berbagai kuliner lainnya. Kamu bisa mencoba lobster, ikan air tawar, bawal putih, bahkan ikan kakap segar. Pantai Baron juga berfungsi sebagai dermaga para nelayan, kamu akan melihat pelelangan ikan di wilayah pesisir. Pantai Baron sebenarnya adalah sebuah teluk dengan adanya dua bukit yang mengapit pantai ke kiri dan kanan. Ada juga beberapa hotel dekat pantai Baron dan bisa memilihnya sebagai tempat istirahat

5. Pantai Siung

View Pantai Siung
Sumber www.utiket.com

Tempat Wisata Gunung Kidul selanjutnya adalah Pantai Siung. Pantai ini terkenal dengan tebingnya yang curam. Terdapat 250 rute pendakian, yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan bervariasi. Pantai Siung memiliki hamparan pasir putih, dikenal sebagai batu karang raksasa. Penggemar olahraga eskalasi tentu familiar dengan pantai ini. Serangkaian acara panjat tebing tingkat nasional dan internasional sering diadakan di sini. Tapi untuk sampai ke pantai Siung, kamu harus melakukan perjalanan dengan medan yang cukup sulit. Cara yang paling mudah adalah dengan mengendarai sepeda motor atau mobil offroad, karena sangat sulit untuk menemukan transportasi umum di tempat ini.

6. Pantai Jogan

View Pantai Jogan
Sumber: swaragamafm.com

Salah satu daya tarik dari barisan pantai di Gunung Kidul adalah Pantai Jogan. Pantai ini memiliki air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke laut. Air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter dan sumber airnya berasal dari perbukitan karst di wilayah pesisir. Pantai Jogan memiliki pemandangan yang unik, dikelilingi oleh tebing tinggi pegunungan kapur yang eksotis. Selain menimati panorama Pantai Jogan, di tempat ini kamu bisa mencoba untuk merasakan sentuhan air terjunnya. Namun, kamu harus berhati-hati karena areanya yang licin dan curam. Kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 3.000 untuk masuk ke Pantai Jogan dan mengeksplorasi keunikan tempat wisata di Gunungkidul ini.

7. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran5
Sumber: ngadem.com

Pantai ini disebut-sebut sebagai Kuta-nya pulau jawa. Hal ini masuk akal sebab di sekitaran pantai kamu akan menemukan patung dan candi-candi Hindu. Banyak kegiatan yang diadakan di Pantai Ini berupa upacara adat setempat, membuat Pantai Ngobaran memang pas disebut Kuta-nya pulau Jawa. Pantai ngobaran pada dasarnya sama dengan pantai lainnya di Gunung Kidul, hanya saja yang membedakan Cuma candid an patung-patungnya. Biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Nah, jika kamu ingin tahu lebih detail tentang Pantai Ngobaran ini, kamu bisa baca artikel kami berjudul: Mengakrabi Pantai Ngobaran dan Segala Isinya

8. Pantai Pok Tunggal

View Pantai Pok Tunggal
Sumber: www.pixoto.com

Pantai Pok Tunggal menawarkan pasir putih yang indah dan deretan tebing tegak lurus dengan ketinggian 40 meter sampai 60 meter. Tempat wisata ini memiliki ombak yang tenang dan juga dapat menjadi sumber air tawar yang mengalir melalui sungai bawah tanah di pantai ini. Jika beruntung, kamu mungkin bisa melihat kawanan monyet liar yang melompat di belakang tebing di sebelah timur. Cara terbaik untuk menikmati wisata gunungkidul yang satu ini adalah dengan nge-camp  dan menikmati sunset yang menawan di wilayah pesisir. Kamu hanya perlu membayar pintu masuk sebesar Rp. 5.000 per orang.

9. Pantai Sundak

Sumber: gerard7z.deviantart.com
Sumber: gerard7z.deviantart.com

Salah satu pantai di Gunung Kidul yang menawan adalah Pantai Sundak. Terletak di Desa Sidoharjo, pantai ini memiliki pasir putih dengan gelombang laut yang cukup besar dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul. Di sisi kanan dan kiri pantai terdapat batu-batu besar pemisah antara pantai dengan pantai-pantai lainnya. Cara terbaik untuk menikmati pesona pantai Sundak adalah berkemah, menikmati malam sambil memanggang ikan dengan teman-teman tersayang.

10. Pantai Krakal

View Pantai Krakal
Sumber: ngadem.com

Ini adalah pantai dengan garis pantai terpanjang di Gunung Kidul. Salah satu daya tarik dari Gunungkidul yang menyajikan keindahan pantai yang indah. Seperti pantai-pantai lainnya, Krakal memiliki pasir putih yang sama dan air laut yang jernih. Pada musim panas, kamu bisa melihat berbagai ikan hias yang muncul sekitar pantai ini. Jika kamu ingin menginap, ada sebuah hotel yang bisa kamu singgahi di bagian pesisir. Jangan khawatir tentang makanan, kamu bisa menemukan berbagai tempat makan di daerah pesisir Krakal.

Tempat Wisata Gunung Kidul Berupa Air Terjun

1. Air Terjun Sri Gethuk

View Air Terjun Sri Gethuk
Sumber fajarindra.web.id

Ini adalah salah satu keindahan alam Gunung Kidul yang bisa kamu jadikan destinasi wisata. Air Terjun Sri Gethuk menyajikan pemandangan aliran air antara ketinggian tebing hingga 50 meter. Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus melewati jalan sawah sekitar setengah kilometer, kemudian melanjutkan menuruni 96 anak tangga. Untuk memasuki kawasan wisata di Gunung Kidul ini, kamu harus membayar pintu masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Kalau kamu ingin lebih cepat dan lebih mudah mencapai lokasi air terjun, kamu bisa menyewa perahu tradisional (gethek) sebesar Rp 5.000 per orang.

2. Air Terjun Banyu Tibo

View Air Terjun Banyu Tibo
Sumber: pacitanku.com

Air Terjun Banyu Tibo sebenarnya bisa dikatakan sebagai umbul atau grojogan. Bentuknya yang bertingkat-tingkat membuat tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi. Air Terjun Banyu Tibo berada di perbatasan Semin – Wonogiri, dan tersembunyi di balik hamparan hijaunya dataran tinggi Gunung Kidul. Untuk menuju ke tempat ini bisa dibilang cukup menantang, sebab rutenya yang naik turun dan masih belum ada papan petunjuk ke lokasi ini. Meski demikian menuju ke Air Terjun Banyu Tibo sangatlah menyenangkan, kamu akan melewati jalan setapak yang sangat hijau dan masih terjaga keasriannya.

3. Air Terjun Ngembel

View Air Terjun Ngembel
Sumber: jogjapoenyagroup.blogspot.com

Air Terjun Ngembel lebih dikenal dengan nama air terjun Tempuran, sebab air terjun ini langsung jatuh dan mengalir deras ke sungai Oyo.  Terletak di Ngembel, desa Karang Tengah, Wonosari Di tampat ini kamu akan menjumpai hamparan sawah yang menawan. Nah, untuk menemukan air terjun ini cukup unik, kamu harus mengikuti aliran irigasi yang ada di desa Karang Tengah, setelah 5 menit perjalanan kamu akan langsung melihat Air Terjun Ngembel yang terkenal akan keunikannya ini.

4. Air Terjun Kedung Kandang

View Air Terjun Kedung Kandang
Sumber: www.got-blogger.com

Air Terjun Kedung Kandang adalah tipe air terjun yang sebenarnya sangat jarang ditemui di beberapa daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Ya, inilah yang kemudian membuat para wisatawan penasaran dengan air terjun di sebelah selatan bukit Nglanggeran ini. Bukan hanya menampilkan pemandangan air terjun yang segar dan unik, kamu juga bisa menikmati panorama bentangan alam di sekitar lokasi. Sebagian besar adalah berupa perbukitan dan lembah-lembah menawan. Nah, di sinilah kamu akan menyaksikan areal persawahan yang dibuat bertingkat-tingkat mengikuti kontur tanah yang ada di tempat ini, persis seperti areal Subak khas Bali.

Tempat Wisata Gunung Kidul Berupa Goa

1. Goa Gelatik

View Gua Glatik
Sumber: fazatransport.com

Di Goa Gelatik, kamu bisa menemukan koleksi stalaktit dan stalagmit yang tertata apik. Goa masih dipertahankan keasliannya, memiliki panjang 400 meter. Jika kamu berniat untuk menjelajahi gua ini, disarankan untuk memakai peralatan keselamatan yang diperlukan. Selain itu, gua agak rendah, sehingga ketika masuk, harus merendahkan kepala. Juga hati-hati karena gua ini ditinggali oleh kelelawar yang hidup di dalamnya.

2. Gua Seropan

View Gua Seropan
Sumber: yogyakarta.panduanwisata.id

Objek wisata di Gunung Kidul yang sering digunakan sebagai tempat untuk melintasi gua (caving) panjang dan mendaki (climbing) adalah Gua Seropan. Pecinta alam dan penggemar olahraga alam yang cukup ekstrim menjadikan Gua Seropan adalah salah satu destinasi favorit di Gunung Kidul. Penaklukan tebing karst adalah sesuatu yang mudah diingat. Demikian pula, keindahan ornamen paduan stalaktit dan stalagmit di dalamnya sungguh menawan. Terdapat pula sungai bawah tanah  yang semakin menambah pesona gua ini bagi para pecinta alam.

3. Gua Jomblang

View Gua Jomblang
Sumber: www.excellentjogjadriver.com

Goa Jomblang memiliki pesona yang dikenal sebagai “Cahaya Surga”. Gua ini adalah koridor alami yang menghubungkan antara Goa Jomblang dan Goa Grubug. Pada titik ini kamu bisa melihat paduan warna coklat dari stalagmit dan hijaunya lumut dari sinar matahari yang menembus kegelapan gua, sehingga permukaan lantai gua menjadi begitu indah. Lanskap ini menarik bagi sebagian orang, dan kini disebut sebagai “Cahaya Surga.”

4. Gua Kalisuci

View Gua Kalisuci
Sumber: www.iwisataindonesia.com

Gua ini merupakan tempat di mana kegiatan untuk naik perahu karet melalui aliran dalam gua menggunakan ban. Gua Kalisuci memberikan kenangan pengalaman perjalanan alam, di luar aliran air di perut bumi selama sekitar 1 jam, melalui tiga gua dengan langit-langit tinggi. Ini adalah kegiatan yang sangat menyengankan.

5. Gua Pindul

View Gua Pindul
Sumber: www.harianterbit.com

Dari semua gua yang ada di Gunung Kidul, saya rasa Gua Pindul adalah gua yang wajib kamu singgahi. Mengingat, tempatnya yang masih bisa dijangkau dengan kendaraan dan akses masuknya yang sangat mudah. Gua ini hanya berjarak kurang lebih 1 KM dari tugu batas kota Gunung Kidul. Jadi tak sulit menemukan gua ini. Selain itu, kamu bisa menikmati panorama alam khas Gunung Kidul di tempat ini dengan hemat dan menyenangkan. Percayalah, kamu tak akan menyesal datang ke tempat ini bila jiwa mu adalah jiwa petualang!

Tempat Wisata Gunung Kidul di Atas Awan

1. Bukit Nglanggeran

View Bukit Ngelanggeran
Sumber: jogjarentalmotor.com

Di atas gunung tua ini, kamu bisa menemukan pesona matahari terbenam dan matahari terbit yang menarik. Yang tak kalah penting adalah, pada malam hari kamu bisa melihat kota Jogja bersinar indah dari ketinggian. Nglanggeran berbentuk seperti gunung raksasa. Kamu hanya perlu naik selama 1,5 jam untuk mencapai puncak bagian barat ini.

2. Embung Batara Sriten

sore hari di Embung Batara Sriten 2
Sumber; ngadem.com

Embung ini disebut-sebut sebagai embung paling tinggi di tanah Jawa. Mengunjungi objek wisata alam yang satu ini sunggu menyenangkan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, seperti kemah, berfoto, mencari ketenangan dari bisingnya pusat kota, bahkan merenung dan mengagumi cipta Tuhan. Untuk tiket masuknya belum di pungut biaya sepeser pun, mungkin karena proses pembuatan embung ini masih belum sempurna. Kamu hanya akan dikenakan biaya parkir saja. Bila kamu ingin tahu lebih jelas tentang Embung Batara Sriten, kamu bisa baca review kami berjudul: Tempat Melarikan Diri Terbaik di Jogja: Embung Batara Sriten

3. Embung Ngglangran

View Embung Nglanggeran
Sumber; www.njogja.co.id

Embung Nglanggeran pada dasarnya adalah sebuah telaga buatan di atas bukit. Itulah sebabnya tempat ini memiliki panorama serta pemandangan yang menakjubkan –khususnya pada sore hari. Yam pemandangan hijaunya pohon-pohon yang membentang akan diguyur cahaya kuning keemasan, dan menyajikan paronama alam yang sungguh memukau. Awalnya area di sekitaran Embung Ngglangran adalah bukit biasa, tapi setelah dibangun menjadi embung, area ini pun sekarang menjadi populer dan banyak dikunjungi wisatawan domestik mau pun asing.

Tempat Penginapan dan Hotel di Gunungkidul
Hotel di Gunung Kidul
Sumber: www.ragamtempatwisata.com

Tempat Wisata Gunung Kidul adalah salah satu yang populer di Yogyakarta hari ini. Ketinggian kunjungan wisatawan ke daerah menunjukkan pesona di daerah ini cukup menarik. Akan sangat mudah untuk menemukan tempat bersantai di Gunung Kidul seperti di beberapa tempat lainnya di Yogyakarta, mulai dari hotel, cottage, rumah tamu dan rumah acara bersama. Untuk mendapatkan akomodasi di tempat ini, kamu harus membuat reservasi di muka untuk mendapatkan ruang bebas, terutama di musim liburan. Kamu bisa menghubungi pihak hotel terlebih dahulu untuk mencari tempat penginapan di Gunung Kidul.

Akses Perjalanan ke Gunung Kidul
Jalan Gunung Kidul
Sumber: seribubintang.com

Gunung Kidul dapat dicapai dengan transportasi umum jika kamu datang dari pusat kota Jogja. Dan, tentu saja, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua atau roda empat. Secara umum, infrastruktur akses transportasi ke Gunung Kidul cukup baik. Oleh karena itu, mengunjungi berbagai objek wisata di Gunung Kidul akan sangat mudah.

Ya, itulah Berbagai Jenis Tempat Wisata Gunung Kidul Yang Jadi Andalan Kota Jogja. Sepertinya bukan hanya Malioboro atau Pantai Parang Tritisa-nya saja yang harus kamu singgahi saat tiba di Jogja, ya? Jadi… yuk ke Gunung Kidul…

NB: Dikemas dari berbagai sumber

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.