in ,

12 Curug Cantik yang Tak Boleh Kamu Abaikan Saat Singgah di Banyumas

Ngadem.com – Banyumas merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang identik dengan bahasa Banyumasan atau yang lebih dikenal dengan “bahasa ngapak”. Di seblah utara, Kabupaten ini berbatasan dengan Brebes; disebelah barat berbatasan dengan Cilacap; di sebelah timur berbatasan dengan Kebumen, Purbalingga, dan Banjarnegara. Banyumas memiliki gunung yang masih aktif, yaitu gunung Slamet. Gunung ini memiliki ketinggian 3.400 mdpl. Kemegahannya bisa terlihat di beberpat titik wilayah sekitar Banyumas. Selain terkenal dengan bahasa ngapaknya, Banyumas juga terkenal dengan getuk gorengnya. Berkunjung ke Banyumas tanpa mencicipi getuk gorengnya rasanya kurang pas.

Nah, bagi kamu yang doyan traveling, Banyumas juga memiliki banyak obyek wisata cantik yang bisa kamu kunjungi. Bila Malang dan Jogja terkenal dengan deretan pantainya yang eksotis, Banyumas terkenal akan pesona curugnya yang sungguh Instagramable! Apa saja? Dilansir dari beberapa sumber, berikut 12 curug di Banyumas yang keindahannya tiada tara

1. Ngadem asik di Curug Cidadap

Foto dari @anakasur

Curug Cidadap terletak di Desa Sunyalangu, Kec. Karanglewas, Kab. Banyumas. Untuk mencapai curug ini kamu harus naik turun bukit, melewati hutan, dan sungai. Meski lelah menyergap, semua akan sirna setelah tiba di Curug Cidadap. Suasana asri nan sejuk akan membuatmu betah berlama-lama dan tak ingin lekas pulang. Untuk kamu yang ingin mandi, di curug ini ada juga kolam alami yang bisa kamu gunakan untuk bersenang-senang. Tapi, tetap perhatikan keselamatan ya…

2. Menguraikan penat di Curug Cehang

Foto dari @bkn_photograper

Curug Ceheng terletak di Desa Gandatapa, Kecamtan Sumbang, Banyumas. Curug yang memiliki tinggi 15 meter ini sangat cocok buat kamu yang ingin refreshing dan bersantai. Fasilitas di sini cukup memadai, akses menuju lokasi pun mudah sekali. Jalan juga sudah beraspal, bisa menggunakan kendaraan roda doa maupun roda empat. Di kawasan Curug Cehang kerap dimanfaatkan untuk camping. Jika ingin datang, disarankan jangan saat musim hujan, sebab debit air bisa tiba membesar dan mengerikan.

3. Berkontemplasi di Curug Lawa

Foto dari @ariefbprasetyo

Curug Lawa yang memiliki ketinggian 10 meter ini terletak di Dusun Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Banyumas. Curug Lawa berdekatan dengan Curug Caheng dan kerap dimanfaat untuk sumber air minum karena kondisi airnya yang memang jernih. Hanya saja, pemerintah setempat kurang memerhatikan fasilitas dan kondisi jalan menuju curug ini. Padahal Curug Lawa berpotensi tinggi sebagai obyek wisata, terlebih lagi lokasinya yang tak jauh dari curug Ceheng yang memang sudah dikenal sebagai salah satu obyek wisata menarik di Banyumas.

4. Main air sampai puas di Curug Bayan

Foto dari @dianitipraja

Curug Bayan terletak tak jauh dari kawasan obyek wisata Batur Raden. Tepatnya di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Batur Raden, Banyumas. Akses menuju lokasi cukup baik, bisa dilalui menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Air di curug ini sangat bening dan jernih, membuat siapapun ingin lekas-lekas mandi. Selain asik untuk mandi, tempat ini juga bisa menjadi spot menarik buat kamu yang suka fotografi.

5. Yuk cek Curug Nangga yang punya ciri khas tersendiri

Foto dari @kathung

Curug Nangga terletak di Petahunan, Pekuncen, Ajibarang, Banyumas. Hal menarik dari Curug Nangga ini adalah bentuknya yang terdiri dari 7 tingkat, pemandangan sekitar curug pun sangat asri nan cantik. Benar-benar spot terbaik buat para pecinta fotografi maupun pecinta selfie. Meski Curug Nangga terbilang baru, namun fasilitas yang ada di dalamnya sudah cukup memadai. Akses menuju lokasi pun cukup baik, tapi tetap berhati-hati karena jalanan dari tempat parkir menuju curug cukup licin dan terjal, dan juga harus dilalui dengan berjalan kaki.

6. Basah-basahan sampai puas di Curug Telu

Foto dari @rizky_graphercilacap

Curug Telu yang memiliki ketinggian 35 meter ini terletak di Ds. Karangsalam, Kec. Baturraden, Kab. Banyumas. Curug Telu diambil dari bahasa Jawa yang artinya curug tiga. Dinamakan demikian karena curug ini memang memiliki tiga curug di lokasi yang berbeda tapi sama-sama memiliki keindahan yang begitu menggoda mata. Kuatkan mental dan fisik, karena akses menuju lokasi cukup sulit.  Selain Curug Telu, di kawasan ini juga tedapat curug Lawang, Curug Sendang Bidadari, dan  Curug Pelangi atau Curug Moprok.

7. Pesona menawan Curug Orak-arik

Foto dari @kusumapradiptha

Curug Orak-arik terletak di Ds. Kemutug Kidul, Kec. Baturaden, Banyumas. Debit air di curug ini lumayan stabil meski musim sedang kemarau. Setiap akhir pekan, curug ini menjadi incaran para travelers, baik itu untuk mandi atau sekedar untuk berfoto selfie. Curug ini berdekatan dengan curug Carang. Jadi, selepas berkunjung ke Curug Orak-arik kamu bisa lanjut ke Curug Carang.

8. Tenangkan pikiran di Curug Carang

Foto dari @teponisius

Sama seperti Curug Orak-arik, Curug Carang juga terletak di Ds. Kemutug kidul, Kec. Baturaden, Banyumas. Debit air di curug ini juga terbilang cukup stabil meski musim sedang kemarau. Buat yang suka treking, Curug Carang bisa menjadi pilihan. Tetap berhati-hati saja, sebab jalanan terjal  dan curam dimana-mana. Oh iya jangan lupa bawa bekal, sebab tak ada warung di sini.

9. Banyumas juga punya Curug Pengantin, lho…

@saniyasekarp taken at Curug Pengantin, Baturraden

Curug Pengantin yang memiliki ketinggian 25 meter ini berada di Grumbul Cidondong, Ds. Cirahab, Kec. Lumbir, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Memiliki jarak tempuh 8 km dari Wangon atau sekitar 40 km dari Kota Purwokerto. Menurut ceita warga setempat, curug ini dinamakan Curug Pengantin karena dulu ada sepasang penganting yang berada di tempat ini tapi kemudian hilang terseret arus air. Debit air di Curug Pengantin cukup besar bila sedang musim penghujan, dan tak akan kering meski musim kemarau meski debitnya kecil.

10 Curug Cipendok bisa banget buat pikiranmu fresh

Foto dari @prasetionugro

Curug Cipendok terletak di Ds. Karang Tengah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas, dengan ketinggian mencapai 93 meter. Curug Cipendok ini masuk kedalam kawasan Perhutani KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Banyumas Timur. Lingkungan di sekitar curug masih terasa sangat alami dan terjaga dengan baik. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung

11. Yuk, berendam di Curug Tabela

Foto dari @tofikgunawan

Curug ini terletak di bawah Curug Telu. Tepatnya di Desa Karangsalam, Kec. Baturraden, Banyumas, sekitar 15 KM dari Kota Purwokerto. Selain memiliki Curug Tabela, Desa Karangsalam juga memiliki curug lainnya yaitu Curug Telu, Curug Moprok atau Curug Pelangi, Curug Sendang Bidadari, dan Curug Lawang. Jadi, ketika berada di Banyumas jangan lupa main ke Desa Karangsalam dan sambangi curug-curugnya yang menawan ya…

12. Curug Pandawa Lima; surga tersembunyi di Banyumas

Foto dari @ariefbprasetyo

Letak Curug Pandawa Lima berdekatan dengan Curug Cipendok, tepatnya di Ds. Karangtengah, Kec. Cilongok, Banyumas. Curug Pandawa Lima memang terbilang baru. Meski demikian, daya tariknya sudah mampu menghipnotis para wisatawan untuk datang. Curug ini berbentuk zigzag, dan tentunya ini spot asik buat para pecinta aktivitas canyoning.

Sedikit tips saja, bagi yang ingin berkunjung ke curug-curug di atas, tetap berhati-hati saja ya. Siapkan fisik dan mental. Jangan lupa juga bawa bekal untuk makan, baju ganti dan kamera untuk mengabadikan keindahan alam sekitar. Ingat, tetap jaga kebersihan dan jangan merusak apa pun ya…

Gimana? Tertarik berkunjung ke curug-curug keren di atas? Atau ada rekomendasi lain? Yuk, share

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.