in , ,

Danau Lut Tawar: Tempat Wisata di Aceh Dengan Mitos Si Puteri Pukes

Indahnya Danau Lut Tawar via www.telusurindonesia.com

Ngadem.com – Ribuan tahun yang lalu di Aceh, tepatnya di Kab, Aceh Tengah, Provinsi D.I Aceh telah terjadi sebuah letusan gunung berapi yang membuat lokasi  di sekitaran letusan tersebut menjadi danau dengan luas sekitar 5.472 hektar dan panjang 17 KM serta lebar 3,219 KM. Kini, danau itu dikenal dengan nama Danau Lut Tawar. Ya, obyek wisata alam ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing mau pun lokal untuk mengunjunginya. Tak heran hampir setap hari kawasan Danau Lut Tawar di banjiri pengunjung. Kawasan ini terlatak di dataran tinggi Gayo, dan berada pada ketinggian 1.250 meter dari permukaan laut. Tentu saja pesona alam serta wisata baharinya tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Air Terjun Srambang, Eksotisme Wisata Alam Ala The Hobbit di Ngawi, Jawa Timur

Baca Juga: Kenalkan! Pulau Bawean di Gresik, Jawa Timur: Destinasi Wisata Unggulan Pesaing Pulau Bali

Sebelum menginjakkan kaki di Danau Lut Tawar, yuk kenali sejarahnya dulu

Indahnya Danau Lut Tawar via www.telusurindonesia.com
Indahnya Danau Lut Tawar via www.telusurindonesia.com

Ada sebuah cerita manarik tentang bagaimana asal usul terjadinya Danau Lut Tawar. Menurut warga sekitar pada zaman dulu hiduplah seorang puteri bernama Puteri Pukes. Puteri Pukes ini mencintai seorang pemuda dari kerajaan lain. Namun sayangnya, orang tua dari Puteri Pukes tidak setuju dengan hubungan yang dijalain puterinya tersebut. Hingga pada akhirnya sang puteri tetap kekeh mempertahankan hubungannya. Sang puteri pun kabur menuju kerajaan kekasihnya yang terletak di seberang bukit dengan beberapa pengawal. Namun saat perjalanan hujun turun sangat lebat, sang puteri berteduh di sebuah gua, ketika hujan berhenti pengwala menaggil-manggil sang puteri dari luar, tapi tak ada jawaban. Dan ketika para pengwal masuk ke dalam gua, ternyata Puteri Pukes telah menjadi batu.

Sampai sekarang batu jelmaan dari Puteri Pukes tersebut membesar hingga membentuk bukit-bukit yang ada di sekitaran Danau Lut Tawar. Dan barang siapa yang menangis ketika mendengar cerita Puteri Pukes, konon beberapa bukit secara misterius juga ikut menangis dengan mengelurakan air yang merembes di sela-sela tebing. Selain itu, di kawasan Danau Lut Tawar juga di percaya bersemayam sang pemuda yang di cintai sang puteri hingga kini.

Baca Juga: Perjalanan Ke Puncak Sikunir: Upaya Menjaring Golden Sunrise di Wonosobo, Jawa Tengah

Baca Juga: Taman Ismail Marzuki (TIM): Wisata Seni dan Budaya di Jakarta

Apa sih yang istimewa di Danau Lut Tawar?

Bening banget ya... via azmidira.wordpress.com
Bening banget ya… via azmidira.wordpress.com

Bergeser sedikit dari cerita rakyat tersebut, Danau Lut Tawar merupakan danau terbesar ketiga setalah Toba dan Singkarak. Obyek wisata ini di apit oleh dua buah bukit yang semakin membuat Anda seperti berada di negeri dongeng. Sebutan Lut(pada kata awal)karena danau ini menyerupai laut, dan di sebut Tawar karena memang air di kawasan tersebut tak berasa atau tawar.

Di kawasan ini, khusunya ketika masih pagi, kamu bisa melihat beberapa penduduk setempat sedang beraktifitas. Ada yang menanam, mencangkul, bahkan memancing. Aktifitas ini merupakan hal yang selalu di lakukan penduduk sekitar untuk menyambung hidup. Beberapa produk yang di hasilkan adalah kentang, tomat, sayur mayur, alpukat, cabai, serta Kopi Gayo yang terkenal hingga ke mancanegara, termasuk Jepang dan Amerika.  Jika beruntung, kamu juga bisa melihat atraksi budaya dari penduduk lokal, yang sering diadakan setiap pertengahan tahun, seperti tarian tradisional yang di gelar semalam suntuk. Jika kamu memperhatikan ke dasar danau, kamu akan melihat ikan kecil berwarna putih berkilau menyusuri setiap aliran air. Ikan ini bernama Ikan Depik, hanya ada di Danau Lut Tawar, dan tak pernah habis walau sering di tangkap oleh penduduk sekitar.

Fasilitas yang ada di Danau Lut Tawar

Ada perahu kecil untuk menjelajahi Danau Lut Tawar via www.kaskus.co.id
Ada perahu kecil untuk menjelajahi Danau Lut Tawar via www.kaskus.co.id

Fasilitas yang ada di Danau Lut Tawar cukup memadai. Itu terlihat dengan banyaknya warung-warung, area parkir, serta penginapan yang bisa kamu sewa jika ingin menghabiskan hari di Danau Lut Tawar. Tak ada salahnya untuk mengajak serta pasangan atau kerabat ke tempat ini. Tentu saja, akan menjadi pengalaman yang tak mudah dilupa.

Akses dan trasportasi ke Danau Lut Tawar

Akses Danau Lut Tawar via acehplanet.com
Akses Danau Lut Tawar via acehplanet.com

Akses untuk menuju ke Danau Lut Tawar sangat mudah dan dapat di jangaku dengan kendaraan pribadi baik itu motor atau pun mobil. Jika kamu dari Kota Bireun, langsung saja ke arah Takengon, beberapa meter lagi dari Kecamatan tersebut, kamu akan sampai di Danau Lut Tawar. Namun jika kamu menggunkan kendaraan umum, hanya tinggal menaiki bus dari Bireun menuju Takengaon. Dan ongkos yang harus dibayar sekitar 25.000 rupiah per orang. Lama perjalanan sekitar 5- 6 jama. Sesampainya di Danau Lut Tawar, kamu bisa menyewa kapal motor untuk mengelilingi Danau Lut Tawar dan menikmati pesona alamnya yang dapat membuat mata terasa enteng.

Baca Juga: Tempat Wisata Keren di Makassar ini Harus Masuk List Destinasimu!

Baca Juga: 10 Wisata Gunung Ikonik Yang Bisa Kamu Daki di Indonesia

Dan oh ya, kamu tidak di pungut biaya sepeser pun untuk menikmati keindahan Danau Lut Tawar. Jadi tentu saja kamu bisa menghemat pengeluran ketika berwisata ke tempat ini. Saran dari kami cobalah kopi Gayo yang di jual di warung-warung sekitran danau. Kopi ini merupakan kopi arabica terbaik di seluruh dunia. Jadi, tunggu apalagi? Yuk ke Danau Lut Tawar!

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.