in ,

Gardu Action: Tempat Wisata Edukasi Baru Di Ujung Selatan Yogyakarta

Ngadem.com – Bagi kebanyakan orang, ketika mendengar nama Gardu Action yang ada di pikiran adalah sebuah tempat berukuran kotak dengan kalender dan televisi di sisinya. Tapi bukan itu, Gardu Action yang terletak di bibir pantai Parangkusumo ini adalah sebuah tempat wisata baru di ujung selatan Yogyakarta. Sebuah wahana aternatif bagi anak muda hits yang ingin meng-explore Jogja dari sudut yang lain. Ya, Gardu Action masih terbilang baru, belum ada satu tahun umurnya. Bermula dari bank sampah yang diolah sedemikian rupa dan kemudian dijadikan tempat untuk bersantai, berimajinasi, berekspresi dan berkreasi. Pelakunya sendiri adalah anak muda di sekitaran Pantai Parangkusumo dengan di bantu beberapa staff desa. Maka, bila kamu ingin melihat semangat juang berbalut dengan bringasnya gempuran kreativitas, datanglah ke Gardu Action!

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Membuatmu Bahagia Lahir dan Batin

Apa yang istimewa di tempat ini?

Di Gardu Action kamu akan menemukan ketenangan dibalik bisingnya suara klokson mobil di pusat kota. Bila kamu ingin sejenak berlari dari kesibukan, dan mencari tempat yang pas untuk menghilangkan penat, maka Gardu Action bisa jadi pilihan yang tepat. Bukan tanpa alasan, di sini kamu akan menemui area yang disulap menjadi tempat nongkrong lengkap dengan benda-benda unik dari bahan limbah dan sampah. Kamu juga bisa merasakan angin pantai yang meliuk-liuk melewati celah daun pepohonan, mendengarkan anak-anak muda bernyanyi lagu kesukaan dan melihat asyiknya anak-anak kecil berlarian tanap memikirkan persoalan di sekolah. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di tempat ini, seperti berkemah, bermain pasir, memesan kopi, dan lain sebagainya. Letaknya yang bersebelahan dengan Pantai Parangkusumo, menambah syahdu dan nikmatnya berada di Gardu Action ketika sore hari.

Saya, yang beberapa minggu lalu ke Gardu Action pun merasa demikian. Suasananya sangat asyik untuk merenung, berfikir, merencanakan sesuatu dan tentu saja melihat cantiknya wajah pacar saya ketika terpapar sinar matahari sore.

Di mana letaknya Gardu Action?

Gardu Action masuk dalam kawasan Pantai Paragkusumo. Untuk mencapainya, kamu bisa langsung menuju Pantai Parangtritis. Setelah melewati TPR atau tempat biaya masuk, kamu akan melihat pertigaan. Dari pertigaan ini kamu bisa ambil ke arah kanan. Setelah itu, kira-kira 2 km kamu akan melihat lagi pertigaan, ambil kiri. Kira-kira 15 meter, kamu sudah sampai di Gardu Action.

Berapa harga tiketnya?

Tiket Masuk Gardu Action

Untuk saat ini, Gardu Action masih belum mematok harga tiket masuk. Namun ada sebuah kotak biskuit di pintu masuk bertuliskan: “Kotak Donasi” Mungkin karena masih dalam tahap penyempurnaan, dan mungkin juga kelak akan dikenakan biaya tiket masuk.

Baca juga: Menengok Pantai Sadranan: Tentang Snorkeling dan Hal-hal Lain Yang Membahagiakan

Apa saja fasilitas yang ada di Gardu Action?

Fasilitas yang ada di Gardu Action terbilang cukup untuk ukuran tempat bersantai. Ada bangku-bangku yang dibuat dari kayu bekas, gardu pandang di atas pohon, warung kopi, toilet dan sebuah gazebo unik di dekat pantai. Yang menjadi favorit saya adalah di gazebo ini. Sungguh, segela beban yang ada di bahu langsung terurai terbawa nyanyian angin Pantai Parangkusumo.

Baca juga: Tentang Kotagede Dan Hal-hal Keren Yang Ada di Dalamnya

Tips dari Ngadem.com ketika berkunjung ke Gardu Action.

Sunset Gardu Action

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah jaket. Angin di tempat ini terbilang deras dan tak ada yang menjual jaket, kecuali jaket karet (lol). Yang kedua adalah jangan lupa isi perutmu agar tak kelaparan. Yang ketiga adalah, meski awalnya tempat ini adalah bank sampah, kamu jangan sekali-kali membuang sampah sembarang, jangan coret-coret sembarangan, jangan free sex sembarangan, jangan minum alkohol sembarangan, dan jangan merasa kamu sudah meng-explore semua tempat di bumi ini! Sebab itu akan menjadikanmu manusia yang takabur dan sungguh terlalu.

Baca juga: Main Kejar-kejaran Sama Sunset di Candi Abang, Berbah

Baca juga: Ke Brebes Tapi Ndak Icip-icip Kuliner Ini? Aja lah ya…

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jogja Yang Keren Untuk Selfie

Oke, sekian dari saya. Ada yang ingin di tanyakan tentang Gardu Action? Yuk, diisi kolom komentarnya.

Salam ngadem!

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.