in

Ke Brebes Tapi Ndak Icip-icip Kuliner Ini? Aja lah ya…

Ngadem.com – Jalur pantura merupakan jalur yang tak pernah sepi dilalui kendaraan bahkan bisa sampai padat merayap, terlebih lagi saat-saat menjelang lebaran atau hari-hari besar lainnya. Beberapa kota yang berada dijalur pantura kerap dijadikan spot untuk beristirahat, seperti makan, sholat, atau sekedar menghela nafas sejanak dari lelahnya perjalanan. Salah satu kota yang kerap dijadikan spot untuk singgah sejenak guna beristirahat adalah Brebes. Ya, kota yang dikenal dengan julukan kota telur asin atau kota bawang ini kerap menjadi lokasi untuk beristirahat bagi para pengendara dari berbagai daerah.

Nah, bila kamu tak sengaja atau memang selalu mempir di Brebes –agar waktu istirahat kamu saat melakukan perjalanan terasa lebih memuaskan dan mengenyangkan, cobalah untuk merasakan beberapa kuliner Brebes yang sangat legendaris. Di bawah ini adalah beberapa kuliner legendaris yang patut kamu icip-icip saat kamu singgah di Brebes. Yuk simak.

1. Sate Blengong dan Kupat Gablet

Sumber gambar: www.raddien.com
Sumber gambar: www.raddien.com

Sate yang berbahan utama utama blengong ini disebut-sebut sebagai kuliner Brebes yang legendaris. Blengong itu sendiri adalah sejenis unggas yang merupakan persilangan antara mentok dan bebek. Dibandingkan dengan bebek, blengong ini mempunyai rasa yang tidak amis. Sate blengong akan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan ketupat atau lebih dikenal dengan kupat gablet. Sate legendaris yang terletak di alun-alun kota Brebes ini berbeda dengan sate lainnya, sate blengong ini memiliki alat tusuk yang terbuat dari bambu dengan ukukuran yang lebih besar dan lebih panjang dari ukuran tusuk sate lainnya. Selain itu, sate yang memiliki 7 potong daging blengong ini mempunyai  cita rasa yang begitu lezat dan tentu saja membuat kamu ketagihan. Jadi, jika kamu berada di Brebes sempatkan lah untuk icip-icip kuliner legendaris yang satu ini.

2. Bakso Pak Gimin

Sumber gambar: www.netmediatama.co
Sumber gambar: www.netmediatama.co

Di Indonesia, bakso merupakan salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan. Bahkan bakso mendapat peringkat ke 2 sebagai makanan yang paling diminati dan dicari di Indonesia. Nah, buat kamu yang ada di Brebes atau sedang mampir ke Brebes, kamu bisa mencicipi bakso pak Gimin. Warung bakso pak Gimin menjadi warung bakso yang sangat populer di Brebes, selain karena memiliki cita rasa yang akan membuat tenggorokan kamu terasa hangat dan segar, bakso pak Gimin juga akan membuat kamu selalu terkenang akan kerama-tamahan warga Brebes.   Bakso pak Gimin memakai bahan dasar daging sapi dan memiliki keunikan dibandingan bakso-bakso lainnya, yaitu adanya campuran acar timun serta irisan tetelan yang akan membuat cita rasa bakso menjadi lebih menggoyang lidahmu. Bakso yang buka mulai dari pukul 7 pagi sampai pukul 10 malam ini berlokasi dijalan Ahmad Yani No. 28 Brebes.

3. Swike Balkam

Sumber gambar: studyinjogja.net
Sumber gambar: studyinjogja.net

Kuliner Brebes berikutnya yang akan membuatmu betah di Brebes yaitu Swike atau lebih dikenal dengan sebutan Swike Balkam, sebutan Balkam itu sendiri merupakan kepanjangan dari bale kambang. Bale kambang adalah salah satu kawasan penghasil kodok terbesar di Jawa Tengah.     Swike Balkam disini disajikan dengan 2 cara, yaitu: swike dimasak dengan memanfaatkan tauco dan juga swike yang di goreng tepung.

Pertama, untuk penyajian swike kuah tauco yaitu dengan cara swike dimasak dengan campuran bumbu bawang merah serta bawang putih, kemudian ditumis bersama rawit yang diulek kasar serta jahe iris, dan terkahir tambahkan perasan jeruk nipis untuk memberi cita rasa lebih segar dan lebih nikmt pada saat swike disantap.

Kedua, Swike Balkam digoreng tepung yaitu disajikan dengan cara swike ditaburi bawang juga seledri. Swike Balkam yang buka mulai dari pukul tujuh pagi  sampai pukul sembilan malam ini berlokasi dijalan Diponegoro no. 162 Brebes.

4. Soto Tauco Brebes dan Es Buah Lambada

Sumber gambar: tikateacool.wordpress.com
Sumber gambar: tikateacool.wordpress.com

Ketika kamu menginjakkan kaki di Brebes, jangan lewatkan kuliner sotonya yang akan membuatmu percaya, orang Brebes juga adalah pemasak sejati!

Kuliner yang satu ini menjadi salah satu makanan khas Brebes yang kelezatannya benar-benar tak ada duanya. Yang membedakan soto Brebes dengan soto didaerah lainnya yaitu adanya capuran tauco di dalamnya. Nah, jika kamu butuh sesuatu yang untuk mendinginkan kerongkonganmu setelah makan soto, kamu bisa mencoba es buah lambada. Es bauh lambada ini terdiri dari pacar cina, avokad, nangka, kelapa muda, peuyeum, cincau, timun sari, es serut, sirup gula, santan, dan susu. Soto Brebes  yang mulai buka pada pukul 10 pagi sampai 8 malam ini berlokasi di Jalan Gajah Mada no. 39 atau  depan SMA 3 Brebes.

5. Rujak Belut

Sumber gambar: aripitstop.com
Sumber gambar: aripitstop.com

Selain sate Blengong, Bakso pak Gimin, Swike Balkam, Soto Tauco, ada lagi kuliner Brebes yang tak boleh kamu lewatkan jika kamu berada di Brebes, yaitu Rujak belut. Yang mebedakan rujak belut dari rujak-rujak lainnya yaitu tentu saja bahan dasarnya yang memanfaakan belut. Jika ditanya masalah rasa, dijamin kamu akan ketagihan dan bahkan akan membuat kamu tak ingin beranjak pulang. Jika kamu masih penasaran mengenai cita rasa rujak belut, kamu bisa datang langsung warung rujak belut yang berlokasi di desa Cigedog, kecamatan Kersana, kabupaten Brebes. Jangan sampai kesasar-sasar ya. Hehe..

6. Adep-adep Brebes

Sumber gambar: @Visit2Tegal by Adien
Sumber gambar: @Visit2Tegal by Adien

Adep-adep merupakan makanan yang terdiri dari nasi, ayam bacem, tahu goreng, tempe goreng, ikan asin, jengkol, sayuran (daun singkong, kacang panjang, mentimun) dan sambal. Dulu, adep-adep lebih sering disajikan dihari pernikahan, namun seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin maju, kini makanan adep-adepun diperdagangkan. Ya, selain rasanya yang lezat, adep-adep juga memiliki campuran makanan yang khas seperi yang sudah disebutkan diatas. Kuliner yang kini tengah digilai warga Brebes ini berlokasi di kawasan Ketanggungan, Brebes. Silakan mampir.

7. Warung makan kampung Alang-alang

Sumber gambar: kampungalang.wordpress.com
Sumber gambar: kampungalang.wordpress.com

Brebes yang berada di perbatasan antara Jawa tengah dan Jawa barat ini menjadikan sebagian warganya cenderung kesunda-sundaan, tak heran jika di beberapa wilayah brebes terdapat sejumlah warung makan yang menggunakan konsep warung makan sunda, salah satunya adalah warung makan kampung alang-alang. Warung makan alang-alang ini berlokasi di Jalan Raya Tanjung Banjarharjo-Kersana, Brebes. Warung makan yang bernuansa sunda ini begitu digemari banyak orang dari berbagai daerah. Suasananya yang mendamaikan membuat siapapun merasa betah untuk berlama-lama di tempat ini. Warung makan kampung alang-alang memiliki berbagai macam menu, mulai dari bakar-bakaran sampai goreng-gorengan. Disini kamu akan menjumpai berbagai makanan khas sunda yang begitu menggugah selera.

8. Telor Asin Brebes

Sumber gambar: mialislam.blogspot.com
Sumber gambar: mialislam.blogspot.com

Jika dengar nama Brebes, tentunya pikiran kamu akan langsung tertuju dengan telor asin. Ya, telor asin memang menjdai semacam ikonik kuliner atau oleh-oleh khas Brebes. Dari sekian kuliner yang sudah disebutkan di atas, telor asin tetap menjadi yang paling dicari-cari oleh hampir semua orang, khususnya para pelancong. Cita rasa telur asin kini memang semakin berkembang, selain telur asin biasa dan telur asin bakar, kini kamu juga bisa mencicipi telor asin radang. Uhh.. rasa yang menggugah selera sekali bukan? Kamu tak perlu pusing-pusing untuk mencari lokasi penjual telur asin, sebab telor asin bisa kamu jumpai hampir di seluruh pelosok Brebes. So, buruan diicip-icip ya gaes.

Nah, itulah beberapa kuliner Brebes yang didapat dari berbagai sumber yang bisa kamu icip-icip. Jika ditanya masalah harga, tenang saja, hampir semua kuliner Brebes itu mematok harga yang relatif ekonomis. Semoga informasi ini bermanfaat. Dan, selamat berkuliner ria kawan. Semoga harimu menyenangkan.

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.