in

Mengakhiri Weekend di  Sindu Kusuma Edupark, Yogyakarta

Ngadem.com – Beberapa waktu lalu, kami baru saja berkunjung ke Sindu Kusuma Edupark (SKE). Sindu Kusuma Edupark (SKE) ini merupakan area wisata keluarga yang ada di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

***

Sore sedikit mendung saat kami sampai di Sindu Kusuma Edupark, bahkan gerimis kecil sempat menyetubuhi kami berulang-ulang dengan liarnya. Melihat antrian yang cukup panjang di depan loket pembelian tiket, menjadikan kami sedikit enggan untuk beranjak dari kendaraan. Selain itu, karena cuaca juga tidak terlalu mendukung, serta harga tiket yang menurut kami cukup mahal untuk kalangan proletar seperti kami, rasanya ini bukan tempat wisata yang cocok untuk kami review. Setelah kami berdiskusi sebentar, dan berpikir cukup panjang, akhirnya kami memutuskan untuk ikut mengantri di depan loket pembelian tiket, meski sebenarnya dibenak kami ada sedikit keengganan.

Harga dan Sistem Pembelian Tiket

Sistem pembelian tiket menurut kami agak sedikit mbulet (baca: ribet) dan membingungkan, tapi selepas mbak-mbak cantik penjaga tiket menjelaskan, sedikit-sedikit kami mulai paham.

Jadi, tiket masuknya itu berbentuk kartu. Terdapat dua macam kartu, yaitu Voucher Card dan Family Card. Untuk memperoleh family card caranya cukup mudah, kita cukup datang ke loket 1 dan loket 2 dengan melakukan deposit minimal Rp 50.000. Sementara untuk Voucher Card bisa didapatkan di loket 3 dengan syarat sudah memiliki tiket diskon seharga Rp 85.000. Tetapi kita juga tetap harus melakukan deposit minimal Rp 50.000. Dan kami pun memilih membeli tiket jenis Family Card.

Karcis Sindu Kusuma Edupark
Tiket Sindu Kusuma Edupark

Yang Istimewa di Sindu Kusuma Edupark

Melewati tempat penukaran tiket, punggung tangan kami di cap, dan saldo di kartu (tiket) berkurang sebesar Rp 30.000 (untuk dua orang). Selepas melewati pintu penukaran tiket masuk, mata kami disuguhi pemandangan gunung merapi yang eksotis, juga beberapa wahana permainan yang begiitu fantasi, terlebih bianglala raksasa yang menjadi icon SKE. Oh iya, kami juga dapat minuman gratis lho, caranya gampang, cukup dengan menunjukan tiket Family Card ke penjaga stand minuman SKE. Btw, disini banyak sekali stand-stand makanan- minuman, semuanya terlihat sangat lezat dan membuat perut kami meronta-ronta minta diisi. Wahana permainan pertama yang kami jajaki tentunya adalah Bianglala raksasa, dengan tiket seharga Rp 20.000.

Gerimis kecil mulai turun kembali sesaat sebelum kami menaiki bianglala raksasa, sampai akhirnya berhenti kembali. Cuaca mulai bersahabat, langit senja dengan semburat emasnya tampak begitu cantik memayungi Sindu Kusuma Edupark. Benar kata orang, Senja di Sindu Kusuma Edupark memang begitu menawan.

Langit semakin gelap, perut lapar, akhirnya kami memutuskan untuk pulang. Meski kami tak mencoba sejumlah wahana lainnya, kami sudah cukup merasa puas hanya dengan melihat wahana yang ada dan view-nya yang begitu cantik dan manis, terlebih lagi bila di lihat ketika menaiki bianglala raksasa. Sungguh, indahnya susah digambarkan dengan kata-kata. Tuhanpun akhirnya berfirman:  fabiayyi ala i rabbikuma tukadziban.

Fasilitas dan Rute Jalan

Beberapa fasilitas lainnya yang juga bisa kamu manfaatkan adalah, tentusaja makanan-minuman yang diperjualkan dibeberapa Stand yang tersedia di SKE, toliet umum, tempat ibadah, tempat bersitirahat, dan sejumlah cindera mata unik. Tempat parkir disana juga sangat luas.  Oh iya, untuk akses jalannya terbilang mudah, karena banyak papan penunjuk arah untuk mencapai Sindu Kusuma Edupark. Kamu cukup memlewati jalan Magelang, nanti akan ada papan besar bertuliskan: Menuju Sindu Kusuma Edupark.

Tips Dari Ngadem.com

Nah, itu cerita kami di Sindu Kusuma Edupark. Buat kamu yang belum atau ingin berkunjung kesini jangan lupa membawa kamera. Sebab, apapun momentnya, tetap harus didokumentasikan, agar kita bisa kembali menceritakan pada anak cucu kita dimasa mendatang. Bukankah itu menyenangkan? Bagi kamu yang masih penasaran dengan Sindu Kusuma Edupark, di bawah ini beberapa fasilitas/wahana baik indoor maupun outdoor yang bisa kamu coba.

Wahana Outdoor

 

 1. Segway (kendaraan listrik), tiket seharga Rp 50.000,-

2. Ferris Wheel (Kincir Ria atau bianglala raksasa), tiket seharga Rp20.000,-

3. Bumper Car (Montor Tumbur), tiket seharga Rp. 20.000,-

4. Trampolin (Ajang Lumpat), tiket seharga Rp20.000,-

5. Flying Chair (Kursi Ayun), tiket seharga Rp25.000,-

6. Kereta Api (Sepur Kluthuk), tiket seharga Rp10.000,-

7. Flying Bicycle (Roda Mabur), tiket seharga Rp20.000,-

8. Carousel (Kemidi Puter), tiket seharga Rp15.000,-

9. Rotary Cupcakes (Cangkir Putar), tiket seharga Rp15.000,-

10. Kereta Kecil (Sepur Cilik), tiket seharga Rp10.000,-

Wahana Indoor

 

1. Arcade Game atau permainan simulator

2. Theater 7 Dimensi

3. Kampung Seni yaitu sarana edukasi yang berbasis kebudayaan. Di dalamnya, para pengunjung akan diajarkan bagaimana cara melukis, membatik, dan menari, bahkan bermain gamelan.

4. Tengoro Budoyo, sebuah gedung yang kerap diaplikasikan untuk pentas seni budaya, dimana pelawak kondang Didik Nini Thowok sebagai pengisi acaranya.

Oke, itu saja yang bisa kami sampaikan. Dan seperti biasa, tetaplah jaga kebersihan, tetaplah rendah hati, tetaplah cerdas memilih tempat wisata agar kantong tetap terjaga kesehatannya.

Salam cantik!

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.