in ,

9 Tempat Wisata Hits di Lumajang yang Akan Membuat Hatimu Berbunga-bunga

Ngadem.com – Sebelum memutuskan untuk berlibur ke Kota Lumajang, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu tempat-tempat mana yang recommended untuk kamu jelajahi di kota ini. Ya, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo, Jember, dan Malang ini menjadi begitu terkenal karena memiliki obyek wisata yang cukup beragam.

Mulai dari wisata pantainya, wisata danau, sampai wisata air terjun, semua ada di sini. Oke, untuk menambah pengetahuanmu mengenai obyek wisata di Kabupaten Lumajang, maka kami akan merangkumkan beberapa tempat yang sekiranya recommended buat kamu-kamu semua. Yuk, cek…

1. Awali Wisatamu dengan Berendam Cantik di Air Terjun Tumpak Sewu dan Goa Tetes

Air Terjun Tumpak Sewu foto dari @chepybennington

 

Lokasinya terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Di sini kamu bisa menemukan sebuah air terjun cantik dengan bentuk yang menyerupai tirai-tirai air yang memukau. Nah, sesampainya di pintu gerbang obyek wisata ini, kamu bisa memarkirkan kendaraanmu di tempat parkir yang sudah disediakan. Biayanya berkisar di angka 2 ribu rupiah sampai 10 ribu rupiah—tergantung kendaraan yang kamu pakai. Selanjutnya, kamu akan dikenai biaya restribursi sebesar 8 ribu rupiah per-orang untuk memasuki obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu.

Goa Tetes foto dari @dika_mhr

 

Setelah membayar biaya retribusi, kamu masih harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Jalur pertama yang harus kamu lalui adalah anak tangga berundak yang menempel di badan bukit dan menurun curam ke dasar bukit. Panjang anak tangga ini sekitar 800 meter yang terus menurun berkelok-kelok mengikuti bentuk permukaan tanah. Di ujung anak tangga terakhir, kamu akan disuguhi pemandangan Goa Tetes yang begitu menakjubkan. Dan setelah itu, kalau kamu mau menemukan spot foto yang ciamik untuk melihat air terjun Tumpak Sewu, maka kamu harus berjalan sedikit ke atas. Oke, genks?!

2. Tak Ketinggalan, Air Terjun Watu Lapis yang Tak Kalah Memesona

Air Terjun Watu Lapis foto dari @agustinross

 

Air terjun Watu Lapis terletak di Mbenciran, Dusun Tawonsongo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. Lokasi wisata air terjun ini bisa ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Perlu kamu ketahui, bahwa di sini tidak ada angkutan umum yang bisa mengantarkanmu ke sana. Jadi, kamu harus memakai kendaraan pribadi. Jarak tempuhnya dari pusat Kota Lumajang sekitar 35 km, atau sekiranya dengan estimasi waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Obyek wisata Air Terjun Watu Lapis ini masih tergolong baru di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah, karena baru ditemukan pada tahun 2013 silam. Nah, istimewanya lagi, di sini kamu juga bisa melihat pemandangan perkebunan kopi yang cukup luas. Karena memang, letak air terjun ini berada di kawasan perkebunan tersebut. Untuk biaya masuknya dipatok dengan harga Rp. 7000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua.

3. Kalau Kamu Kurang Puas, Cobalah Berkunjung ke Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru foto dari @hediana_alfian

 

Lokasinya terletak di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, atau masih searah dengan jalur yang menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu dan Goa Tetes. Nah, kalau kamu dari arah Malang, kamu bisa lewat jalur Malang – Turen – Dampit – Pronojiwo. Sesampainya di kecamatan Pronojiwo, carilah Kantor Polsek Pronojiwo. Tak jauh dari situ, ada jalan tikungan dan di sebelah kanan jalannya ada tulisan “Air Terjun Kapas Biru”. Maka ikuti saja penunjuk arah tersebut.

Oke, setelah sampai di lokasi, kamu akan dikenai biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000,00 (motor) dan Rp. 5000,00 (mobil). Sedangkan biaya masuknya berkisar antara Rp. 5000,00 – Rp. 7000,00 (tergantung pada hari apa kamu berkunjung ke lokasi). Di sini kamu bisa menikmati pesona air terjun yang mengalir deras dari ketinggian 50 meter. Tak hanya itu, Genks. Air terjun ini juga dihiasi oleh tebing-tebing batu yang menjulang tinggi, yang akan menambah kesan artistik obyek wisata ini. Yuk, meluncur, yuk…

4. Obyek Wisata Coban Pawon yang Menjadi Dambaan Setiap Umat

Coban Pawon foto dari @habibieeza

 

Coban Pawon atau biasa disebut Antrukan Pawon memiliki keunikan tersendiri, di mana air terjun ini berada di dalam goa yang menyerupai pawon (dapur tempat memasak). Setiap percikan air terjun ini diyakini bisa membantu penyembuhan penyakit. Nah, kalau kamu berminat datang ke sini, lokasinya terletak di Dusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Coban ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, dengan air yang menimpa lobang goa yang ada di bawahnya. Kalau dilihat dari kejauhan, bentuk pawon tersebut sangatlah jelas dan terlihat detailnya. Bahkan, cahaya matahari yang menerawang masuk pun jadi terlihat lebih indah. Terlebih lagi, jika kamu masuk ke dalam goa yang berdiameter sekitar 6 meter ini, maka kamu akan mendapati sebuah sungai yang mengalir menuju hilir. Udah kebayang, kan? Nah, untuk biaya masuknya dipatok dengan harga Rp. 5000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua.

5. Pengin Lihat yang Ijo Royo-Royo? Yuk, Mlipir ke Kebun Teh Gucialit

Gucialit foto dari @explorelumajang

 

Kebun teh ini terletak di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Selain bisa melihat hamparan hijau kebun teh, kamu juga bisa menemukan beberapa air terjun di sini, antara lain Air Terjun Semingkir, Air Terjun Manggisan, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Genks. Di sini juga telah disediakan beberapa penginapan untuk kamu-kamu yang ingin menginap dan menikmati suasana malam di dekat Pabrik Teh Kertowono yang dibuat pada masa penjajahan Kolonial Belanda.

Menariknya lagi, kamu juga bisa menikmati wahana flying fox dan menyewa mobil ATV untuk menjelajahi areal perkebunan ini. Oke, kalau kamu berminat ke sini, maka kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 5000,00. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan roda dua. Tapi, kalau kamu memakai kendaraan roda empat, maka kamu harus menambah biaya seharga Rp. 3000,00. Kamu berminat?

6. Nikmati Pemandangan Gunung Bromo dari Ketinggian Puncak B-29

Puncak B 29 Lumajang foto dari @vendar_armando

 

Puncak Gunung B-29 terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Disebut B-29 karena puncaknya terletak di ketinggian 2.900 mdpl. Kawasan B-29 ini masih menjadi bagian kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. So, dari atas ketinggian puncak B-29 ini, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Itulah mengapa tempat ini sampai disebut sebagai “Negeri di Atas Awan”.

Dari pusat Kota Lumajang, arahkan kendaraanmu menuju Kecamatan Senduro. Kemudian lewatlah ke arah Pura Mandara Giri Semeru Agung, menuju Desa Kandang Tepus. Setelah Desa Kandang Tepus, kamu akan melewati jalanan terjal tanpa penghuni dan gelap gulita saat malam untuk menuju desa terakhir Argosari. Jarak tempuh dari pusat Kota Lumajang sampai Desa Argosari sekitar 40 km, atau sekitar 1 jam perjalanan. Untuk masuk ke kawasan ini, kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 3000,00. Sedangkan biaya parkirnya berkisar antara Rp. 2000,00 – Rp. 5000,00 tergantung kendaraan yang kamu pakai.

7. Lumajang Juga Punya Pantai Lho, Namanya Pantai Bambang

Pantai Bambang foto dari @dwiana_ku

 

Pantai Bambang mempunyai hamparan pasir hitam yang didominasi dengan kerikil-kerikil hitam yang berukuran cukup besar. Pasir ini berasal dari Gunung Bromo yang terbawa arus sungai dan lava hingga ke tepi pantai. Menariknya lagi, pasir pantai ini bisa menampung air hujan, sehingga di lokasi ini juga terdapat sebuah kolam kecil yang berisi air tawar. Nah, kalau kamu berminat, kamu bisa melajukan kendaraanmu menuju Desa Bago, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jarak antara Kota Lumajang ke obyek wisata ini sekitar 24 km, atau sekitar 35 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

8. Satu Lagi, Pantai Watu Godeg yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Begitu Saja

Pantai Watu Godeg foto dari @anny_fauziah

 

Obyek wisata pantai yang berada di Kecamatan Tempursari ini mempunyai pesona alam yang indah, terdiri dari perbukitan hijau yang siap meneduhkan mata. Pantai Watu Godeg ini berada di sebelah selatan Kabupaten Lumajang. Bisa kamu tempuh dengan jarak 80 km, atau sekitar 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Nah, kalau kamu berminat untuk mengunjungi obyek wisata ini, biaya retribusi yang harus kamu bayarkan sebesar Rp. 5000,00. Sedangkan biaya parkirnya sebesar Rp. 2000,00 (roda dua) dan Rp. 5000,00 (roda empat). So, kapan mau mlipir ke sini, Genks?

9. Jelajahi Danau Segitiga yang Menggoda

Danau Segitiga via fenysmata.blogspot.com

 

Lokasinya terletak di Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Di kawasan Danau Segitiga ini kamu bisa mengakses tiga buah danau sekaligus, yakni Danau Klakah, Danau Bedali, dan Danau Pakis. Oleh karena itu, danau ini disebut dengan sebutan Danau Segitiga. Jarak antara Danau Klakah dan Danau Bedali sekitar 6 km, sedangkan Danau Bedali dan Danau Pakis memiliki jarak kurang lebih 7 km.

Nah, untuk memasuki ketiga obyek wisata tersebut, kamu akan dikenai biaya masing-masing tempat sebesar Rp. 5000,00. Selain murah, di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Lamongan yang tingginya mencapai 1.668 mdpl. Ohya, karena ketika danau ini terletak di ketinggian 700 mdpl dan memiliki udara yang cukup dingin, maka kami sarankan agar kamu-kamu semua memakai jaket biar nggak masuk angin. Ya, kamu siap berpetualang?

Oke Genks, 9 tempat wisata hits di Lumajang udah kami rangkumkan buat kalian. Tetap jaga kelestariaan alam ini, ya. Biar anak-cucu kita juga bisa menikmatinya. See you!

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.