in

Tempat Wisata Keren di Makassar ini Harus Masuk List Destinasimu!

Ngadem.com – Kota Makassar adalah ibukota provinsi Sulawesi Selatan, yang telah akrab di telinga masyarakat. Kota dengan luas 175,77 kilometer persegi ini, merupakan salah satu kota yang banyak menyimpan keindahan alam di dalamnya. Selain Coto Makassar-nya, kota ini juga menawarkan berbagai pilihan tempat wisata yang tak kalah menarik dengan Bali. Bila kamu berencana liburan dengan keluarga, kerabat atau teman-teman, Makassar bisa menjadi salah satu tujuan yang harus kamu pertimbangkan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tempat wisata di Makassar yang paling indah untuk dikunjungi.

1. Taman Laut Takan Bonerate; tempat terbaik melihat hal-hal keren dasar laut di Kota Makassar!

sumber gambar: wisatapantai.com
sumber gambar: wisatapantai.com

Bagi kamu yang suka air, Taman Laut Takan Bonerate bisa menjadi pilihan yang bisa kamu kunjungi di Makassar. Taman laut yang menjadi salah satu daya tarik wisata utama di Sulawesi Selatan ini adalah adalah surga bagi penyelam untuk menikmati keindahan bawah laut dan sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi snorkeling. Kamu bisa menikmati berbagai macam tumbuhan laut hidup serasi dengan ratusan ikan, kura-kura, penyu dan terumbu karang yang sangat indah. Selain panorama bawah laut yang indah, tur ini juga memberikan harga yang sangat terjangkau. Harga tiket yang diberikan untuk menikmati keindahan taman ini adalah 25.000 untuk wisatawan domestik dan 60.000 untuk wisatawan asing. Tidak hanya itu, Kamu juga bisa menyewa berbagai peralatan menyelam dengan hanya 250.000.

2. Mau lihat kilatan Sunset atau Sunrise dengan panorama pantainya yang memukau? Pantai Losari-lah ya…

Sumber gambar: indonesiaexplorer.net
Sumber gambar: indonesiaexplorer.net

Siapa yang tidak tahu keindahan Pantai Losari. Pantai ini terkenal di banyak kalangan sebagai salah satu kota indah di Makassar dan harus kamu sambangi ketika sampai di Makassar. Semua situs memiliki keunikan dan keunggulan sendiri dibandingkan dengan tempat wisata lainnya, seperti situs di Sulawesi Selatan pantai Losari ini. Pantai indah ini sangat berbeda dari pantai-pantai lainnya. Bila kamu biasanya mengenal pantai dengan keindahan dan kelembutan pasirnya saja, maka di pantai Losari ini kamu akan menemukan beton yang memagarinya di tepi pantai. Meskipun tidak memiliki pasir sebagai tempat untuk bersantai dan bermain, pantai ini menawarkan berbagai kegiatan yang tidak kalah menyenangkan. Kamu bisa memancing ikan, naik banana boat atau air sepeda, berlayar dan lain-lain. Selain itu kamu juga bisa pergi joging di sambil menikmati matahari terbit dan menikmati matahari terbenam dengan orang-orang terkasih.

Baca juga: Jenis Tempat Wisata di Banten Yang Bisa Kamu Singgahi Bersama Orang Terkasih

3. Ingin masuk ke negeri impian ala-ala Cinderella? Yuk cek Taman Nasional Bantimurung.

Sumber gambar: gpswisataindonesia.blogspot.com
Sumber gambar: gpswisataindonesia.blogspot.com

Tempat wisata di Makassar yang wajib untuk kamu kunjungai berikutnya adalah Taman Nasional Bantimurung. Taman nasional ini terletak di sekitar 45 km dari kabupaten atau pusat kota Makassar dikenal sebagai kerajaan kupu-kupu, ada sekitar 250 spesies kupu-kupu yang ada dan mwnjadi maskot wisata ini. Jadi tidak hanya panorama menarik dari keindahan alam yang disajikan, tetapi juga meningkatkan pengetahuanmu tentang alam. Taman dengan luas 43.750 hektar ini juga menyediakan keindahan alam yang mempesona dengan bukit kapur, air terjun dan gua yang sangat menawan.

4. Tanjung Bira, di sini kamu bisa mendapatkan sunset dan sunrise terbaik di Kota Makassar

Sumber gambar: www.flickr.com
Sumber gambar: www.flickr.com

Tanjung Bira adalah pantai pasir putih yang bersih dengan air laut yang jernih dan sangat populer di Makassar, khususnya Sulawesi Selatan. Kamu bisa melihat sunset dan sunrise dengan keindahan dua pulau di depannya, yaitu Liukang loe dan pulau Kambing (tak berpenghuni). Tanjung Bira terletak sekitar 200 km dari Makassar atau 40 km dari Bulukumba. Tempat ini dilengkapi dengan parkir, rumah tamu, hotel, villa, bungalow, restoran dan lain-lain. Ada juga pelabuhan feri yang siap membawa pengunjung yang ingin melakukan perjalanan ke pulau Selayar di wilayah pesisir.

5. Manjakan matamu dengan segudang hal epic di Puncak Malino

Sumber gambar: catura.wordpress.com
Sumber gambar: catura.wordpress.com

Selain keindahan panorama laut, Makassar juga menyediakan panorama alam pegunungan yang sangat indah bernama Malino. Malino adalah tempat wisata di Makassar yang memberikan spot alam pegunungan dan dataran tinggi yang sangat segar dan memanjakan mata. Tempat wisata yang terletak sekitar 90 km dari kota Makassar ini menyajikan keindahan pegunungan, bahkan sebelum mencapai tujuan. Selama perjalanan kamu akan dimanjakan dengan hutan pinus dan keindahan batu kapur yang mempesona. Selain itu, tempat ini juga menyajikan panorama pegunungan dengan air terjun yang tidak boleh kamu lewatkan. Ada juga perkebunan teh, lembah biru dan situs bersejarah, seperti peninggalan bunker Jepang yang menarik.

6. Yuk, back to nature ke Kawasan Adat Ammatoa

Sumber gambar: delapanagustus1988.blogspot.com
Sumber gambar: delapanagustus1988.blogspot.com

Melestarikan keindahan alam kawasan hutan merupakan ciri dari daerah adat ini. Budaya masyarakat yang tinggal jauh dari gaya hidup modern akan menyadarkanmu bahwa tak selamanya kita harus berpangku pada system di luar sana. Masyarakat di Desa Tana Toa menjalani setiap harinya dengan berpakaian hitam, sedangkan karakteristik pembangunan rumahnya serentak menghadap ke utara. Tiap warganya dijalankan oleh orang bergelar Amma Toa dengan masa jabatan seumur hidup. Terletak di distrik Kajang, sekitar 56 km dari kota Bulukumba.

Baca juga: Daftar Tempat Wisata di Jombang Yang Harus Disinggahi

7. Santai sejenak di Wisata Bahari Pulau Bulupoloe, dijamin tingkat kebahagiaanmu meningkat 100%!

Sumber gambar: archive.kaskus.co.id
Sumber gambar: archive.kaskus.co.id

Daya tarik utama yang membuat Wisata Bahari di Pulau Bulupoloe menjadi salah satu atraksi menarik adalah keindahan alam pegunungan dan pesona baharinya yang begitu cantik. Sebuah hamparan pantai berpasir putih di sekitar pinggiran pulau akan menjadi nilai tambah kecintaan kamu pada kota Makassar. Selain itu, beberapa tempat di pulau terdapat sumber air tawar yang menambah keunikan pulau ini. Bahkan di sekitaran pantai, udaranya masih sangat alami dan tidak terkontaminasi polutan. Tak hanya itu, air lautnya pun sangat bening dan bisa melihat hal-hal di bawahnya dengan mata telanjang! Selain wisata alam di pulau ini, kamu juga bisa menikmati kuliner tradisional Luwu, dan beberapa kamar untuk menginap. Pulau Bulupoloe termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Kabupaten Luwu Timur sekitar 500 km dari Makassar.

8. Di Ke’te Kesu kamu bisa mengenali jejak sejarah Kota Makassar lebih dalam.

Sumber gambar: www.indonesia.travel
Sumber gambar: www.indonesia.travel

Ke’te Kesu adalah pusat kegiatan yang ada di Kota Makassar, di mana kehadiran kota, kerajinan ukiran, dan pemakaman menjadi hal yang tak boleh kamu lewatkan di Makassar. Kamu bisa melihat deretan rumah tradisional yang disebut Tongkonan, yang merupakan ikon dari kota ini. Selain itu, ada juga gudang dan bangunan megalith di sekitar kompleks Ke’te Kesu. Sekitar 100 meter di belakang desa ada tebing dengan situs pemakaman dan dikubur bergantung dengan pagar yang mengelilinginya. Kota ini juga dikenal dengan keterampilan penduduknya yang tinggi, dan tempat yang bagus untuk membeli souvenir. Terletak sekitar 4 km tenggara dari Rantepao.

9. Di Museum Balla Lompoa kamu bisa merasakan aroma sejarah dan budaya Kota Makassar.

Sumber gambar: www.raddien.com
Sumber gambar: www.raddien.com

Museum Balla Lompoa adalah rekonstruksi dari Kerajaan Gowa yang didirikan oleh pemerintah raja Gowa-31 pada tahun 1936. arsitekturnya diambil dari rumah Bugis, di mana rumah panggung yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi. Dibangun di atas lahan seluas satu hektar yang dikelilingi oleh tembok tinggi. Bangunan ini terdiri dari dua bagian: ruang utama berukuran 60 x 40 meter di mana ada kamar raja, penyimpanan benda-benda bersejarah, ruang kerajaan dengan masing-masing daerah ruang berukuran 6 x 5 meter, dan ruang dengan teras (reception room) 40 x 4,5 meter. Bangunan ini dilengkapi dengan banyak jendela yang merupakan ciri khas dari rumah Bugis dengan ukuran masing-masing jendela adalah 0,5 x 0,5 meter. Balla Lompoa terletak di Jalan Sultan Hasanuddin No 48 Sungguminasa, Somba Opu, Gowa, tepat di samping kota Makassar.

10. Cek juga Pulau Dutungeng, mustahil kamu tak ingin tinggal lebih lama di sini!

Sumber gambar: wahiditusatu.blogspot.com
Sumber gambar: wahiditusatu.blogspot.com

Pulau dengan luas sekitar 9 hektar ini memiliki hamparan pasir putih yang indah luar biasa. Dikelilingi oleh laut biru yang akan membuatmu merasa nyaman untuk tinggal di sini. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di tempat ini, seperti bakar-bakaran, main air sambil tertawa, bahkan kamu bisa menjadikan tempat ini untuk prewedd. Terletak di desa Cilelang sekitar 48 km dari kota Barrau. Dijamin tak aka nada rasa sesel di batinmu ketika mengunjungi Pulau Datungeng ini.

11. Selain Takan Bonerate, kamu juga bisa mengintip kehidupan bawah laut Makassar di Pulau Kapoposang

Sumber gambar: www.liburanwisata.com
Sumber gambar: www.liburanwisata.com

Ini adalah salah satu gugusan dari pulau Spermonde di mana pulau ini memiliki terumbu karang yang sangat indah dan menyimpan berbagai kehidupan laut yang menarik. Terletak di desa Mattiroujung, Liukang Tupabiring, dapat ditempuh dengan speedboat sekitar 90 menit sebelah barat laut dari Napier. Tentu saja dengan datang ke tempat ini, segala macam hal yang memusingkan kepalamu langsung hilang seketika. Jangan lupa untuk membawa ponsel untuk mengabadikan moment berharga bersama orang-orang tercinta di Pulau Kapoosang.

12. Remajakan kulitmu di Pemandian Alam Air Panas Lejja!

Sumber gambar: goldoriole.blogspot.com
Sumber gambar: goldoriole.blogspot.com

Bila kamu ingin membuang segala lelah yang ada di pundakmu, cobalah datan ke Lejja. Ya, di sini sel-sel kulitmu akan diremajakan dengan cara yang alami dan tentu saja bebas dari bahan kimia. Suhu air di tempat ini bisa mencapai 60 derajat celsius sehingga sering dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit dan rematik. Pemandian ini terletak di daerah pegunungan, memiliki alam yang indah, segar dan sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dan kerbat dekat. Terletak di Desa Bulu, Kecamatan Marioriwa, 44 km dari kota Watansoppeng.

Kuliner Khas Kota Makassar

Nah, setelah mengunjungi tempat wisata Makassar di atas, cobalah untuk mencicip kuliner khas Makassar yang bukan hanya menggoyangkan lidahmu saja, tapi juga menggetarkan isi perutmu.

1. Mie Titi

Sumber gambar: indonesianculinary.tumblr.com
Sumber gambar: indonesianculinary.tumblr.com

Dikatakan bahwa asal mie Titi awalnya diciptakan oleh Ang Kho Tjao yang merupakan warga negara Cina yang hidup di Makassar. Ang Kho Tjao kemudian mengirimkan resep kuliner ini untuk tiga anaknya dan membuat Mie Titi menjadi terkenal dari tahun 1970. Setelah Ang Kho Tjao wafat, usaha mie kering ini dilanjutkan oleh anak-anak mereka secara mandiri. Mie Titi adalah kuliner yang paling populer di Makassar, maka nama “Mie Titi” menjadi identik dengan mie kering Makassar. Mie kering ini disajikan dengan cara disiram dengan saus kental yang dicampur dengan campuran telur. Disertai dengan sayuran, rempela, irisan ayam, udang goreng dan membuat siapa saja yang melihatnya tidak bisa menahan air liurnya. Harganya sendiri cukup terjangkau, yakni Rp. 15.000 sampai Rp. 20.000. Lokasinya berada di Jalan Perintis Kemerdekaan KM.9, Tamalanrea Jaya, Makassar.

Baca juga: Ke Brebes Tapi Ndak Icip-icip Kuliner Ini? Aja lah ya…

2. Pallubasa

Sumber gambar: indonesianculinary.tumblr.com
Sumber gambar: indonesianculinary.tumblr.com

Pallubasa adalah sajian dengan irisan daging dan jeroan yang direbus dengan bumbu dan kemudian ditaburi serundeng atau kelapa panggang dan telur rebus. Pallubasa adalah salah satu makanan tradisional khas Makassar. Seperti Coto Makassar, Pallubasa juga terbuat dari jeroan (isi perut) sapi atau kerbau. Proses memasak hampir sama dengan Coto Makassar, direbus dalam waktu yang lama. Setelah matang jeroan dengan irisan daging disatukan, kemudian dimasukkan / disajikan dalam mangkuk. Pallubasa hampir mirip dengan Coto tetapi dengan saus rasa yang sedikit berbeda, santan lebih kental dan serbuk kelapa sangat menyatu dengan kaldunya. Mengandung berbagai campuran daging dan jeroan dari sapi dan kerbau. Harganya cukup terjangkau, yakni Rp. 15.000 sampai Rp. 20.000. Lokasinya berada di Jalan Serigala No. 54 (Jl.Serigala), Makassar.

3. Rumah Makan Sop Konro Karabosi

Sumber gambar: www.tumblr.com
Sumber gambar: www.tumblr.com

Dari seorang pedagang jalanan yang pada tahun 1968 berjualan di Lapangan Karabosi-Makasar, Rumah Makan Sop Konro Karabosi mampu memikat pelanggan mereka untuk bertahan hidup dan tumbuh untuk berdiri beberapa cabang di Jakarta, Surabaya dan Makassar. Nama Karebosi diambil dari nama Alun-alun Makassar, di mana Warung Sop Konro ini berdiri pertama kali. Sop konro yang terbuat dari campuran pilihan sup daging akan membuat lidahmu tak berhenti untuk menyantapnya. Bahan Konro Bakar adalah daging sapi pilihan yang dikombinasikan dengan bumbu kacang khas Makassar. Harganya cukup terjangkau, yakni Rp.30.001 s/d Rp.50.000. Lokasinya berada di Jalan Gunung Lompobattang, Pisang Utara, Makassar.

Baca juga: Ada di Jogja Tapi Belum Pernah Ke Sunmor? Duh Kasian…

Nah, itulah Tempat Wisata Keren di Makassar beserta kulinernya yang tak boleh kamu lewatkan ketika menginjakkan di Makassar. Ada yang sudah pernah mengunjungi tempat-tempat di atas? Atau sudah menikmati kuliner kgas Makassar selain daftar di atas? Yuk, share…

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.