in

Tentang Bulan Ramadhan dan 12 Fakta Unik di Dalamnya

Sumber gambar: musik.kapanlagi.com

Ngadem.com – Salah satu kewajiban ibadah umat muslim adalah puasa ramadhan. Beberapa tantangan ibadah puasa yang sudah akrab dijalani bagi setiap umat muslim, diantaranya menahan lapar, dahaga, juga menahan kesabaran. Selain itu semua, ada beberapa hal yang menarik untuk dibahas dalam bulan yang penuh barokah ini. Dan berikut, adalah beberapa fakta unik yang akan kamu temui saat ramadhan tiba. Penasaran apa saja? Yuk simak.

1. Bulan berbagi kebaikan dan sedekah

Serbai-serbi Ramadhan
Sumber gambar: m.bintang.com

Sedekah makanan untuk bersantap sahur dan berbuka kerap dijadikan ajang perlombaan bagi kaum muslim dalam menebar kebaikan di bulan ramadhan. Lalu mensedekahkan 2,5 harta kekayaannya melalui zakat  menjalang bulan syawal. Begitulah ramadhan, bulan yang penuh barokah dan kebaikan, bulan yang mampu membantu meringankan beban keluarga-keluarga yang hidup dalam kekuarangan.

2. Perbedaan durasi waktu berpuasa di tiap negara

Durasi waktu puasa
Sumber gambar: theglobejournal.com

Adanya perbedaan durasi hari, kapan matahari terbit dan kapan matahari terbenam disebabkan ketidaksamaan letak titik kordinat pada setiap negara. Karena ketidaksamaan letak titik kordinat yang berakibat adanya beda durasi waktu puasa ini, umat muslim tentu harus menjalankan ibadah puasa sesuai berdasarkan lamanya waktu berpuasa di negaranya. Contohnya saja di negeri  timur tengah dan Indonesia, warga di negara tersebut berpuasa kurang lebih 15 jam. Sementara di Argentina, warga muslim menikmati puasa hanya sekitar 10 jam saja. Bahkan ada negara yang menalani ibadah puasa hampir 24 jam lamanya, seperti di Swedia dan di beberapa negra lainnya.

3. Awal puasa kerap berubah-ubah atau berbeda-beda

Awal ramadhan
Sumber gambar: www.pediaku.com

Di Indonesia, kita kerap menjumpai perbedaan awal puasa antar golongan. Untuk menentukan awal puasa, di Indonesia khususnya,  menentukan awal  Ramadhan harus  sesuai dengan standar perhitungan dan kesepakatan golongan, atau biasa kita kenal dengan sidang isbat. Dalam standar  umat Islam, lamanya puasa ramdahan sekitaran 29-30 hari yang ditentukan berdasarkan perhitungan rukyat ataupun hisab.

4. Larangan tertentu untuk warga non muslim

Ramadhan di arab
Sumber gambar: izharfauzan.blogspot.com

Di Arab Saudi, menerapkan aturan unik, yaitu adanya larangan makan dan minum di tempat terbuka saat puasa ramadhan tiba. Pemerintah memberikan sanksi keras seperti denda, penjara, hingga deportasi bagi orang-orang non muslim atau wisawatan asing yang kedapatan melanggar peraturan tersebut.

5. Jam kerja berkurang

Sumber gambar: shariaunveiled.wordpress.com
Sumber gambar: shariaunveiled.wordpress.com

Adanya pengurangan jam kerja bagi umat muslim yang tengah menjalani ibadah puasa yang diberlakukan disejumlah negara. Contohnya di Oman, negara yang mayoritasnya juga beragama Islam, di negara tersebut mengwajibkan setiap perusahaan mematok jam kerja di bulan ramadhan kurang dari 6 jam. Sementara di Indonesia, ada juga beberapa perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut.

6. Promo atau diskon besar-besaran

Sumber gambar: google image
Sumber gambar: google image

Menjelang hari besar atau ramdahan, banyak perusahaan yang melakukan promo besar-besaran. Promo-promo tersebut bisa kita temui di mall-mall, supermarket, toko-toko, dan toko online. Promo yang populer yaitu dengan memberlakukan sistem banting harga atau diskon besar-besaran. Nah, manfaatkan momen ini untuk belanja sesuai dengan kebutuhanmu. Dan bagi kamu para shopping holic, tentu ini menjadi moment yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

7. Saat ramadhan tiba, Masjid tiba-tiba ramai; terutama di minggu pertama

Sumber gambar: kmfh.hukum.ugm.ac.id
Sumber gambar: kmfh.hukum.ugm.ac.id

Survei menyebutkan, di berbagai daerah, masjid-masjid mendadak ramai saat ramadhan datang, terutama di minggu pertama bulan ramadhan. Namun sangat disayangkan, sebab aktivitas tersebut lambat laun kian berkurang menjelang lebaran, hal tersebut disebabkan banyak yang memilih untuk memenuhi kebutuhan pribadi seperti belanja di toko-toko atau di mall-mall yang tengah heboh diskon besar-besaran ketimbang memperbanyak menghabiskan waktu di masjid yang penuh keberkahan.

8. Stasiun televisi berlomba-lomba menayangkan program religi

Sumber gambar: www.iberita.com
Sumber gambar: www.iberita.com

Sudah menjadi rahasia umum, tayangan program religi  “bulan ramadhan”  dari berbagai stasiun televisi seolah juga menjadi ajang perlombaan, dengan menayangkan sinetron yang kental bernuansa islami, ceramah agama atau kultum menjelang sahur maupun berbuka, dan berbagai acara variety show lainnya. Bahkan tv lokal pun seakan tak mau kalah dengan acara-acara yang dihadirkan tv bersekala nasional.

9. Launching lagu-lagu religi

Sumber gambar: musik.kapanlagi.com
Sumber gambar: musik.kapanlagi.com

Bukan hanya berlomba-lomba menayangkan sinetron-sinetron religi saat ramadahan tiba, pada bulan ramadhan ini, banyak juga band-band yang sebelumnya fokus pada lagu-lagu yang bertemakan cinta, sahabat, dan kehidupan, tiba-tiba latah memeriahkan bulan ramadhan dengan me-launching lagu-lagu yang bernuansa islami atau religi. Tak jarang pula lagu-lagu religi tersebut menjadi soundtrack untuk sinetron-sinetron yang juga bertema religi.

10. Tiap menjelang buka puasa, badan jalan di sejumlah kota ditutup sementara

Sumber gambar: m.tribunnews.com
Sumber gambar: m.tribunnews.com

Mencari takjil adalah satu aktivitas ngabuburit atau jalan-jalan sebelum berbuka puasa. Nah, di bulan puasa ini, sejumlah kota memberikan keleluasaan bagi warganya yang ingin berjualan takjil di berbagai badan jalan. Untuk kelancaran dan kenyamanan para pejalan kaki yang tengah asik ngabuburit dengan berburu takjil, maka jalanan ditutup sementara bagi para pengendara roda dua maupun roda empat. Sehingga selama berjalannya aktivitas tersebut, pengendara dilarang keras melewati jalan tersebut. Jalanan akan kembali dibuka setelah aktifitas berbuka selesai.

11. Membludaknya penjual Kembang Api

Sumber gambar: tinalatiefblog.wordpress.com
Sumber gambar: tinalatiefblog.wordpress.com

Banyak orang yang berpendapat membeli kembang api sama artinya seperti membakar uang sendiri. Meski demikian, pendapat-pendapat yang hanya gencar di dengungkan oleh sebagaian orang tua terhadap anaknya ini tetap tidak berhasil menghalangi para penjaja kembang api untuk tetap berjualan, terlebih saat di bulan ramadhan. Di berbagai kota, tepatnya di jalan utama, lapak jualan mereka berjejer rapi menjajakan keanekaragaman kembang apinya.

12. Penukaran uang baru meningkat

Sumber gambar: nasional.news.viva.co.id
Sumber gambar: nasional.news.viva.co.id

Di bulan ramadhan, banyak orang yang ingin menukarkan uang, sehingga tingkat jasa tukar uang baru pun kian meningkat. Hanya saja, kamu akan sedikit dirugikan, sebab kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk memperoleh uang baru. Misalnya saja, kamu ingin menukar uang Rp 100.000,  maka kamu harus menukarnya dengan uang Rp 110.000, kamu harus membayar jasa sebesar Rp. 10.000. Uniknya, fenomena semacam ini hanya terjadi selama bulan ramadhan saja, di mana banyak orang menawarkan diri sebagai jasa tukar uang baru. Tak dapat dipungkiri, pada bulan ramdahan ini, permintaan uang baru memang kerap meningkat pesat, dimana uang tersebut nantinya dijadikan angpao untuk sanak famili, ataupun para tamu. Bahkan saat menjelang lebaran, penukaran uang baru tersebut bisa tembus mencapai Rp 125.000 tiap per seratus ribunya. Padahal untuk melakukan penukaran uang di bank, sama sekali tak dikenakan biaya tambahan. Tapi memang harus sabar untuk mengantri serta ada batas maksimal penukaran uang.

Begitulah ramadhan, bulan yang penuh keberkahan juga kebaikan. Semoga informasi mengenai fakta-fakta di bulan ramadhan ini bisa menjadi salah satu hiburan asik bagi kamu yang tengah menunggu berkumandangnya bedug magrib. Selamat berpuasa…

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.