in ,

Yuk Ngadem di 9 Tempat Wisata Hits Bondowoso Berikut

Ngadem.com – Sebelumnya, kamu udah pernah denger nama Kabupaten Bondowoso kan, Gaes? Kalau belum, ya wajar aja, sih. Soalnya kabupaten ini memang masih asing di telinga kita, apalagi buat kamu yang tinggal di luar provinsi Jawa Timur. Nah, kalau kamu belum kenal, yuk kita kenalan dulu dengan kabupaten yang mempunyai olahan khas berupa tape manis ini.

Secara geografis, letak Kabupaten Bondowoso berada di persimpangan jalur Besuki dan Situbondo menuju Jember. Kabupaten ini sendiri tidak memiliki wilayah laut (terkurung daratan) dan terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Meskipun tidak mempunyai wilayah pantai, tapi keindahan alam lainnya juga bisa kamu temukan di sini, kok. Nggak percaya? Yaudah, yuk kita buktikan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Bondowoso.

1. Untuk Mengawali Wisatamu di Bondowoso, Yuk Kita Seru-Seruan Dulu di Air Terjun Polo Agung

Air Terjun Poloagung foto dari @jeejeffrys27q

 

Lokasi air terjun ini terletak di Desa Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso. Atau, bisa kamu tempuh dengan jarak ±40 km dari pusat Kota Bondowoso ke arah timur. Kawasan air terjun ini memiliki udara yang cukup sejuk, karena memang lokasinya terletak di area perkebunan kopi milik warga setempat.

Istimewanya, air terjun ini mempunyai ketinggian ±30 meter dan memiliki panorama alam yang masih alami sekaligus asri. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat lembah hijau yang tidak begitu luas, namun sangat apik jika kamu gunakan untuk berfoto narsis. Nah, untuk biaya masuknya dipatok dengan harga Rp. 7000,00/ orang lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua.

Untuk mengunjungi tempat ini, kamu bisa menggunakan sarana transportasi umum. Tapi, untuk mencapai lokasi air terjunnya, kamu harus berjalan kaki melewati jalan setapak yang cukup licin. Sebaiknya, sebelum naik ke air terjun Polo Agung ini, kamu melapor dulu ke kantor camat setempat, atau pos-pos terdekat. Ya, untuk antisipasi saja karena lokasinya berada di atas pegunungan dan masih banyak satwa liar di sini. Oke, genks?

2. Masih Ada Lagi Nih yang Menarik, Namanya Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar foto dari @ndonz

 

Seperti pepatah “bak pinang dibelah dua”, begitulah bentuk rupa air terjun ini. Ya, lokasinya terletak di Desa Andongsari, Kecamatan Pakem, atau sekitar 25 km ke arah barat Kota Bondowoso. Masing-masing air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dan terletak di ketinggian 900 mdpl, tepatnya di bawah lereng Pegunungan Argopuro. Nah, udah kebayang kan gimana sejuknya tempat ini? So, siapkan jaket yang tebal sebelum menjelajah ke lokasi ini, ya.

Yap, untuk menuju Air Terjun Tancak Kembar ini, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Atau, kamu bisa juga menggunakan jasa ojek yang banyak tersedia di pusat Kota Bondowoso. Mintalah pada Bapak Ojek untuk mengantarkanmu ke lokasi Tancak Kembar yang ada di Desa Andongsari. Kalau masalah tarif, kamu bisa menawarnya dengan biaya paling rendah. Oke, untuk masuk ke obyek wisata ini, kamu akan dikenakan tarif retribusi sebesar Rp. 3000,00. Kalau kamu membawa kendaraan bermotor, maka kamu harus membayar lagi dengan harga Rp. 2000,00 (motor) dan Rp. 5000,00 (mobil). Oke, Gaes?

3. Nikmati Juga Pemandangan Air Terjun Niagara Mini yang Memukau

Air Terjun Niagara Mini foto dari @rizkyikwan

 

Kini kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Ontario untuk melihat indahnya Air Terjun Niagara. Soalnya, di Kabupaten Bondowoso juga ada Air Terjun Niagara Mini yang tak kalah apiknya dengan Air Terjun Niagara yang asli. Lokasinya berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso. Karena air terjun ini berada di kompleks pabrik pengolahan kopi Arabika PTPN XII, maka kamu juga bisa menyempatkan diri untuk sejenak ngopi-ngopi santai di sini.

Nah, untuk masuk ke obyek wisata ini, kamu diwajibkan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 2000,00. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraannya sebesar Rp. 2000,00 untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 5000,00 untuk kendaraan roda empat. Ya, selain harganya yang terjangkau, di sini kamu juga bisa menikmati kesejukan yang luar biasa dan menentramkan hati. Yuk, mampir…

4. Tak Jauh dari Air Terjun Niagara Mini, Kamu Juga Bisa Mlipir ke Air Terjun Blawan yang Deresnya Minta Ampun

Air Terjun Blawan foto dari @bendottetapsemangat

 

Lokasinya tak jauh dari obyek wisata Niagara Mini. Kamu hanya perlu berjalan ke utara dengan jarak sekitar 1 km saja. Air terjun ini juga berasal dari aliran sungai yang sama dengan Niagara Mini, yakni berasal dari Kali Pahit. Untuk masuk ke kawasan Air terjun Blawan, kamu akan dikenai tiket masuk sebesar Rp. 5.000,00. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraannya sudah sepaket dengan Air Terjun Niagara Mini.

Di sini kamu tidak diperkenankan untuk mandi di bawahnya, karena debit airnya cukup deras dan cukup berbahaya. Namun, kamu masih bisa bersantai di pemandian air hangat yang sekaligus menjadi terapi bagi tubuh yang dilanda pegal-pegal. Ya, selain itu masih ada juga telaga pemandian Damar Wulan dan Goa Kapur yang konon dulunya adalah tempat pertapaan Damar Wulan ketika melawan Minak Jinggo. Ya, hanya dengan berkunjung di satu kawasan saja, kamu bisa menikmati beberapa obyek wisata yang lainnya. So, mau nunggu siapa lagi?

5. Masih di Kawasan yang Sama, Kamu Juga Bisa Menghirup Bau Belerang yang Ada di Air Terjun Gentongan

Air Terjun Gentongan foto dari @liqaullah

 

Setelah puas melihat Air Terjun Niagara Mini dan Air Terjun Blawan, kamu bisa sedikit menggeser haluanmu ke arah Kawah Ijen. Di sana ada satu air terjun yang baru dibuka untuk umum, namanya Air terjun Gentongan. Dinamakan demikian karena air terjunnya seakan menggantung di antara tebing cadas dan bebatuan yang tinggi menjulang. Aliran Air terjun Gentongan berwarna agak kekuningan karena mengandung belerang.

Lokasi air terjun ini terletak di Afdeling Watu Capil. Jika kamu pengin ke sana, cobalah bertanya pada warga di perumahan Afd Watu Capil. Nah, kalau kamu udah sampai di lokasi ini, ada satu hal yang harus kamu perhatikan, yakni jangan sekali-kali mandi di bawah aliran airnya. Soalnya, Air Terjun Gentongan ini memiliki kadar air asam yang cukup tinggi. Jadi, kamu perlu berhati-hati, Sob. Jangan ngeyel, ya!

6. Bendungan Sampean Baru Ini Juga Tak Kalah dengan Kelima Obyek Wisata di Atas

Bendungan Sampean Baru foto dari @docvellers

 

“Bajilak, keren banget, Sob!” Mungkin kata-kata itu yang akan muncul di benakmu ketika melihat bendungan ini. Ya, bendungan yang terletak di Desa Tapen, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso, ini memang memiliki pesona tersendiri yang mampu menarik sejumlah pengunjung untuk datang ke sini. Obyek wisata Bendungan Sampean ini tergolong baru, dan kini menjadi tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi muda-mudi Bondowoso.

Untuk sampai ke lokasi ini, kamu bisa menempuhnya dengan jarak sekiranya 15 km, atau dengan estimasi waktu 20 menit dari pusat Kota Bondowoso menuju Situbondo. Nah, istimewanya, kamu tidak akan dikenai tarif sepeserpun untuk masuk ke lokasi ini. Tapi ingat, kamu tetap harus menjaga kebersihan dan kelestariannya ya, Gaes! Oke? ;)

7. Di Bondowoso Tak Lengkap Rasanya Kalau Kamu Belum Mampir ke Kawah Wurung

Kawah Wurung foto dari @putuoci

 

Kawah Wurung ini terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Di sini kamu bisa menikmati keindahan Kawah Wurung yang begitu memesona dan enak dipandang. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan sabana yang membentang luas di kawasan obyek wisata ini. Nah, kalau kamu melihat Kawah Wurung ini dari kejauhan, maka kamu akan mendapati bentuk gunung yang menyerupai rumah Teletubies. Pokoknya tempat ini ciamik banget, deh.

Oke, kalau kamu adalah orang yang gemar berfoto narsis, kamu juga bisa memanfaatkan sabana ini sebagai background-nya. Untuk akses jalannya, memang belum begitu bagus, karena terdiri dari bebatuan dan pasir, sehingga akan kurang nyaman untuk dilewati kendaraan roda dua. Bahkan, di beberapa tempat juga terdapat genangan air yang membuat jalanan menjadi becek. Nah, istimewanya, di sepanjang perjalanan itu kamu akan disuguhi pemandangan kebun kopi yang sangat luas. Pokoknya, perjuanganmu yang melelahkan akan terbayar ketika kamu sampai di lokasi, deh.

8. Tak Puas dengan Kawah Wurung, Kamu Masih Bisa Melihat Indahnya Kawah Ijen

Kawah Ijen foto dari @mfcorridan

 

Lokasi Kawah Ijen terletak di sebelah timur Kawah Wurung, atau tepatnya di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Akses untuk mencapai kawasan ini ada dua jalur, yakni dari arah utara dan selatan. Jalur utara bisa dilalui dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) dan berakhir di Paltuding. Untuk waktunya, kira-kira bisa kamu tempuh dalam 2,5 jam saja. Kalau dari arah selatan, kamu bisa lewat Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 35 km.

Nah, setelah sampai di pos penjagaan, kamu harus membayar tarif retribusi dengan harga Rp. 5000,00 (untuk weekday) dan Rp. 7500,00 (untuk weekend). Untuk jalur pendakiannya sepanjang 3 km, atau bisa kamu tempuh selama 1,5 jam perjalanan. Istimewanya, jalan menuju Kawah Ijen ini terbilang sangat baik, karena sudah dibenahi oleh pemerintah setempat,

Fasilitas yang bisa kamu dapatkan di sini antara lain: warung-warung penjual makanan; kebutuhan pendakian; penginapan; serta area perkemahan yang cukup luas. Nah, begitu sampai di lokasi, kamu akan melihat keindahan kawah ini yang diselimuti dengan asap belerang. Selain itu, kamu juga bisa menengok ke bawah untuk melihat danau belerang yang berwarna tosca dan api biru (blue fire) yang hanya ada di dua tempat di dunia. Wow!

9. Kurang Puas? Nih, Kami Kasih Lihat Penampakan Gunung Batu Solor

Batu Solor Bondowoso foto dari @krisnadicky

 

Kini kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Inggris untuk melihat keindahan bebatuan Stonehenge. Soalnya, di Bondowoso juga terdapat tempat wisata yang mirip-mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris. Lokasinya berada di kawasan Hutan Jati Perhutani, Petak 11 D, RPH Kladi, BKPH Prajekan. Atau tepatnya berada di Desa Solor, Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso.

Obyek wisata ini sangat cocok buat kalian yang mempunyai jiwa petualang. Karena memang, jalannya tergolong menantang, penuh bebatuan, dan cukup terjal. Namun, ketika kamu sampai di lokasi ini, maka bersiaplah untuk menyaksikan pemandangan yang sangat mengagumkan. Di sini kamu bisa menyaksikan batu-batu alam berukuran raksasa yang berdiri tegak seperti Stonehenge.

Istimewanya, tidak ada tiket masuk yang harus dibayar karena kawasan ini memang belum dikelola oleh pihak manapun. Meskipun begitu, jika kamu ingin melihat tumpukan batu alam raksasa ini, kamu harus tetap menjaga kebersihan dan kelestarian kawasan ini. Oke, Gan?

Nah, itulah 9 tempat wisata di Bondowoso yang bisa kami sajikan buat kamu. Ohya, mumpung di Bondowoso, jangan lupa juga buat beli tape manisnya ya, Sob!

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.