in

4 Cara Ampuh Atasi Basah Ketiak yang Nggangu Banget

Ngadem.com – Hello, cantik. Tinggal di tempat yang memliki udara cenderung panas membuat kita kadang susah menjaga diri dari keringat yang berlebihan, terlebih di bagian ketiak. Menjaga ketiak agar tidak basah tampaknya menjadi satu hal yang sulit dilakukan. Tak hanya mengganggu penampilan, ketiak basah juga menimbulkan bau yang tidak sedap walaupun sudah dioles deodoran. Ya, selain karena faktor cuaca yang panas, ketiak basah juga dapat disebabkan adanya perubahan hormon, obesitas, serta pengaruh dari makanan. Selain itu, ketiak menjadi basah karena kerja ekrin yaitu kalenjar keringat yang mengatur suhu tubuh menjadi terlalu aktif bahkan saat sedang berolahraga.

Namun kamu tidak perlu khawatir, berikut ini Ngadem.com kasih cara-cara ampuh agar kamu terhindar dari basket alias basah ketiak. Yuk disimak, cantik..

1. Menghindari Stress

Menghindari stress via google image

Salah satu penyebab timbulnya keringat berlebih hingga membuat ketiak menjadi basah adalah stress.  Semakin berat stress yang kamu alami semakin banyak pula keringat yang keluar dari tubuh, sehingga ketiak basahpun tidak dapat dihindari. Saat kamu mengalami stress atau depresi maka otak akan mengirim sinyal yang tidak normal kepada kalenjar keringat sehingga produksi keringat pun akan menjadi tidak normal bahkan cenderung berlebihan. Untuk itu, buatlah diri kamu serileks mungkin untuk mengurangi stress sehingga tidak hanya keringat yang akan berkurang tapi juga penampilan kamu akan jauh lebih segar. Yoga dan meditasi bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi keringat berlebih akibat stress.

Namun saat kamu tidak sedang mengalami stress dan tidak sedang melakukan pergerakan tubuh yang berlebih, tetapi keringat tetap keluar berlebihan maka bisa jadi kamu mengalami gejala hiperhidrosis. Hiperhidrosis adalah suatu kondisi dimana tubuh memproduksi keringat secara  berlebihan. Dengan kondisi kalenjer keringat yang sangat aktif, maka hiperhidrosis mampu menghasilkan 5 kali lebih banyak dari rata-rata normalnya. Kondisi hiperhidrosis ini dialami oleh hampir 3% dari seluruh penduduk di dunia.

2. Mengatasi Ketiak Basah Menggunakan Baking Soda

Coba pakai baking soda via liputan6.com

Baking soda dipercaya bisa menjadi salah satu cara alami untuk mengatasi permasalahan ketiak basah. Seperti yang diketahui, baking soda mengandung banyak alkalin yaitu sebuah zat akan memproduksi gas guna mengurangi kadar air atau keringat pada ketiak. Mengatasi ketiak basah dengan baking soda caranya sangat mudah, buatlah pasta dari campuran baking soda dan air (dengan perbandingan 2:1), lalu pasta dioleskan pada bagian ketiak yang sebelumnya sudah dicukur bulu-bulunya, setelah itu diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air dingin. Apabila saat pertama kali kamu menggunakan pasta baking soda kulit menjadi kering, jangan khawatir sebab hal tersebut merupakan reaksi yang wajar. Lakukanlah secara rutin setiap hari selama semiggu.

Sementara untuk mengurangi bau tak sedap pada ketiak, kamu dapat membuat campuran baking soda dengan tepung kanji yang terbuat dari jagung (dengan perbandingan 50:50). Setelah dicampur secara merata tambahkan minyak yang mengandung anti bakteri. Oleskan secara merata pada ketiak lalu bilas dengan air bersih.

3. Mengatasi Ketiak Basah dengan Cuka Apel

Coba pakai cuka apel via google image

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata cuka apel memiliki khasiat untuk ketiak basah. Cuka apel diketahui banyak mengandung anti bakteri yang dipercaya dapat mengatasi bau tak sedap ketiak basah. Seperti yang diketahui, ketiak basah dan lembab membuat bakteri dapat berkembang biak sehingga dapat mengeluarkan aroma tak sedap.

Untuk mendapatkan manfaat dari cuka apel ini, kamu hanya perlu mengoleskan cuka apel selama 30 menit sebelum mandi dan sebelum tidur. Celupkan kapas kedalam cuka apel lalu oleskan lembut pada area ketiak, diamkan selama 30 menit, lalu bilas. Selain keringat menjadi berkurang, ketiakpun tidak menjadi basah dan tidak mengeluarkan bau tak sedap. buat yang memiliki kulit sensitif sebaiknya lebih berhati-hati dalam menggunakan cuka apel, karena cuka apel dapat membuat kulit menjadi lebih kering.

4. Memilih Pakaian dengan Bahan yang Tepat

Aduh yang mana yaa.. via vemale.com

Selain memakai bahan-bahan alami untuk menangai ketiak yang basah, pemilihan bahan pakaian juga menjadi salah satu cara agar ketiak tidak menjadi cepat basah. Seperti yang sudah diketahui, memakai pakaian yang tidak nyaman membuat ketiak mudah basah. Untuk itu pakailah pakaian yang berbahan dasar katun  atau kapas, karena pakaian yang berbahan dasar katun tersebut mudah menyerap keringat. Jika memungkinkan, kamu juga dapat mengenakan pakaian dalam atau camisole agar keringat lebih banysk terserap. Kamu juga dapat memilih pakaian yang sedikit longgar agar sirkulasi udara dalam tubuh menjadi lebih mudah. Selain itu, hindari pemakaian pakaian ketat dari bahan sintetis yang membuat kulit jadi sulit untuk bernafas. Jika kamu adalah orang yang mudah berkeringat, hindarilah pakaian berwarna terang agar ketiak basah kamu tidak terlalu tampak terlihat. Pilihlah pakaian berwarna sedikit gelap tidak terlalu ketat, untuk mengurangi tampilan basket alias basah ketiak.

Demikian cara-cara sederhana mengatasi ketiak basah. Ketiak basah jiga bisa disebabkan karena penyakit, jadi produksi minyak terlalu berlebihan padahal kamu tidak melakukan pergerakan apapaun sebaiknya lekas-lekas periksakan diri kamu ke dokter. Semoga infromasi ini bermanfaat. Salam cantik..

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.