in

Gang Dolly Udah Jadi Kampung Wisata Inspirasi, Sob! Yuk Maen-Maen :)

Ngadem.com – Siapa sih yang nggak kenal dengan kawasan Gang Dolly? Ya, buat kamu yang hobi berwisata lendir, tentu kamu nggak asing lagi dengan kompleks lokalisasi terbesar se-Asia Tenggara ini, kan? Hehehe. Ayo, ngaku aja deh, Sob.

Loh, bukannya tempat itu sudah digusur ya, Bang? Emang. Tapi kan nggak menutup kemungkinan buat berwisata ke tempat ini lagi? Sebab, lokalisasi yang berada di pusat Kota Surabaya itu telah telah disulap oleh Ibu Risma, Walikota Surabaya, menjadi Kampung Wisata Inspirasi Dolly. Jika dulu Gang Dolly merupakan nama lokalisasi terbesar se-Asia Tenggara,  kali ini Gang Dolly akan dikenal dengan sebutan Kampung Wisata Inspirasi Dolly.

Walikota Surabaya Ibu Tri Rismaharini menuturkan, Kampung Wisata Inspirasi Dolly ini akan terdiri dari beragam kampung tematik yang akan ditempatkan di gang berbeda-beda di sekitar kawasan Jarak dan Dolly, diantaranya adalah Kampung Hijau, Kampung Seni dan Kampung Oleh-Oleh.

“Hari ini saya meresmikan Kampung Wisata Inspirasi Dolly, untuk kali pertama ini adalah Kampung Seni Mural. Berikutnya akan banyak lagi kampung tematik yang akan muncul di Dolly. Kalau perlu, setiap bulan saya akan ke sini meresmikan satu persatu tujuan wisata baru itu.”

Ibu Risma menjelaskan, untuk mewujudkan semua itu, Pemkot akan menggandeng kelompok anak muda Surabaya untuk berperan aktif dalam pemberdayaan dan pendampingan warga eks-lokalisasi Dolly agar bisa bangkit.

Salah satu kelompok muda ini adalah Gerakan Melukis Harapan yang telah 2 tahun ini—atau paska penutupan eks-lokalisasi Dolly—aktif mendampingi warga dengan beragam aktifitas mulai dari bidang Kesehatan dan Lingkungan, Ekonomi, Pendidikan serta kegiatan keagamaan warga dan anak-anak di lingkungan Jarak dan Dolly.

Sementara itu, Ketua Gerakan Melukis Harapan, Bapak Dalu, mengatakan bahwa anggotanya telah di sini sejak penutupan Dolly.

“Alhamdulillah, dengan dukungan penuh dari Pemkot Surabaya, mimpi kami menjadikan Dolly sebagai kawasan wisata inspirasi di Surabaya menjadi kenyataan. Diawali dengan Kampung Mural yang kami gagas bersama Surabaya Creative Network,” lanjut Bapak Dalu.

Gimana, Sob? Kapan mau jalan-jalan ke Dolly? Kan mulai sekarang kamu nggak perlu malu lagi kalau ditanyain mama, “Mau ke mana, Le?” Kamu cukup menjawab, “Mau piknik ke Gang Dolly, Mah.” Pasti mama-mu akan menerimanya dengan lapang dada, deh.

Sumber: Liputan6.com

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.