in ,

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Akan Memuaskan Dahaga Jalan-jalanmu

Ngadem.com – Siapa yang mau membantah keindahan pesona wisata Kota Banyuwaning? Rasanya tak ada. Kota dengan luas wilayah 5.782,50 km persegi ini, memang terkenal akan destinasi wisata yang membuat para traveler kecanduaan bukan main. Sebut saja, Kawah Ijen dengan Blue Fire-nya, atau Pulau Tabuhan dengan pesona baharinya, atau Pulau Merah yang memiliki pasir berwarna merah dengan sunset-nya yang memukau.

Tapi tunggu dulu, Banyuwangi masih menyimpan surga wisata selain tempat-tempat di atas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Ngadem.com sajikan menu wisata di Banyuwangi yang mampu memuaskan dahaga jalan-jalanmu!

1. Ngadem asik di Pantai Plengkung a.k.a G-Land

Foto dari @_anvs09

Pantai Plengkung dikenal sebagai salah satu pantai surfing terbaik di dunia. Kata “G” di “G-Land” berasal dari Grajagan, nama teluk di mana gelombang besar ditemukan di selatan Banyuwangi. Pantai ini dikelilingi oleh hutan tropis dengan nuansa yang menyegarkan. Terdapat beberapa cottage sederhana dan kamp hutan yang tersedia di tepi pantai. Bulan Mei sampai Oktober adalah waktu terbaik untuk kamu yang memang suka berselancar di Pantai Plengkung. Selain itu, pantai ini memiliki pasir putih yang begitu melankolis. Tak jarang banyak wisatawan yang tak ingin segera pulang saat tiba di Pantai Plengkung.

2. Kalau kamu ke Pantai Wedi Ireng berarti kamu nggak takut kulit item, genks!

Foto dari @christian_q87

Berada di desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Jaraknya hanya sekitar 3 Km dari Pulau Merah, dan dari Kota Banyuwangi kamu akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 65 kilometer sekitar 2 jam. Pantai ini memang terbilang hits dikalangan anak muda Banyuwangi. Tiap weekend selalu saja dipadati traveler dari luar kota Banyuwangi. Bukan tanpa alasan, selain pasirnya yang putih, Pantai Wedi Ireng memiliki pesona airnya yang sangat jernih dan bening. Dibandingkan dengan pantai Pulau Merah, Wedi Ireng kurang populer meski pun terletak dalam satu jalur. Percayalah, keindahan pantai ini bisa diadu  dengan Teluk Hijau atau Green Bay atau pantai-pantai lainnya di Banyuwangi.

3. Gimana kalau nyunset di Pantai Pancer?

Foto dari @arizal_idos

Berada di pantai selatan Pulau Jawa, tepatnya di Kecamatan Pesanggaran, ujung barat daya Banyuwangi. Letaknya memang tidak terlalu jauh dari kota Banyuwangi dan dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dengan sepeda motor. Nama “Pancer” adalah nama sebuah desa yang terletak di selatan Banyuwangi. Destinasi wisata alam ini memang banyak dikunjungi wisatawan dari luar Banyuwangi. Di sini kamu bisa ngadem, bersantai, foto-foto atau memancing sambil menikmati suasana sore yang melankolis. Selain itu, kamu juga bisa menyewa perahu untuk mengitari pantai. Oh ya, bonusnya kamu bisa langsung ke Pulau Merah yang terkenal akan pasirnya yang berwarna merah itu dari Pantai Pancer.

4. Yuk, nyantai asik di Pantai Triangulasi

Foto dari @nurulhudayanii

Pantai yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Pura Luhur Giri Salaka dan Pantai Ngagelan. Nama Triangulasi diambil dari monumen Triangulasi, yang merupakan penanda monumen titik pengikat dalam pengukuran dan pemetaan wilayah. Masyarakat setempat sering menyebutnya Tanggul Asri, karena sulit untuk mengucapkan Triangulasi. Yang menarik dari Pantai Triangulasi adalah; saat kamu sampai di titik lokasi, kamu akan disambut dengan deburan ombak yang berpadu dengan hijaunya pemandangan alam sekitar. Di sini kamu bisa ngadem, foto-foto bahkan berselancar. Dijamin, segala kegelisahanmu akan segera luntur.

5. Kamu belum sahih ke Banyuwangi kalau belum ke Teluk Hijau (Green Bay)

Foto dari @adyoprtm

Teluk Hijau atau Green bay berada di Kabupaten Pesanggaran, tepatnya di Desa Sarongan. Untuk mencapainya kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari kota Banyuwangi dengan mengikuti jalur arah ke Pesanggaran-Sarongan-Sukamade, yang masih satu jalur dari rute ke Pantai Sukamade dan Taman Nasional Meru Betiri. Yang menarik dari tempat ini adalah kamu bisa ngadem sampai seluruh penatmu lepas. Pasir putihnya, hembasan ombaknya dan siulan angin yang bergesekan dengan dedaunan akan menjadi semacam mantra magis untuk mengajakmu menari kegirangan. Selain memiliki panorama dengan air laut hijau yang sungguh mendamaikan, Green Bay juga memiliki air terjun dengan ketinggiam 8 meter yang terkenal akan mitos bidadari dan pelangi.

6. Main air sampai lupa diri di Air Terjun Selendang Arum

Foto dari @laros87

Terletak di Dusun Sumberasih, Songgon, Banyuwangi. Air terjun yang memiliki ketinggian 20 meter ini memiliki pesona eksotis yang mendamaikan. Kerlipan batu dari sinar matahari semakin membuat Air Terjun Selendang Arum terlihat begitu dramatis. Untuk mencapainya, ada dua alternatif yang bisa kamu pilih. Pertama dari Rogojampi – Songgon – Sragi – Sumberarum. Kedua dari Desa Gendoh – Desa Sumberarum, dengan total jarak 10km. Kedua kondisi jalan tersebut sama-sama baik. Oh ya, karena ini adalah tempat wisata alam yang terus dikembangkan, jadi jangan melakukan hal yang bisa merusak ya..

7. Air Terjun Lider bisa jadi tempat pas buat kamu yang pengen lupain mantan!

Foto dari @wendysynyster10

Terletak di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Air terjun ini merupakan bagian dari kawasan Perhutani Sidomulyo, dan Bagian Unit Pengelolaan Hutan (BKPH) di Kali Setail, Kecamatan Sempu. Untuk mencapainya kamu akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam dari Kota Banyuwangi. Yang menarik dari tempat ini adalah suasana alam khas Jawa TImur yang begitu sejuk dan asri. Selain itu, di sepanjang perjalanan menuju lokasi, kamu akan disambut barisan pohon yang siap meneduhkanmu dari teriknya mentari. Dijamin, perjalananmu tak akan sia-sia.

8. Yuk, ke Air Terjun Tirto Kemanten biar segala penatmu lepas

Foto dari @diahrara9

Air terjun yang terletak di Kalibaru ini sering disebut Air Terjun Wonorejo oleh masyarakat setempat. Berada persis di lereng Gunung Raung yang dipagari tanaman kopi dan kakao di sekitarnya. Perkebunan kopi dan kakao ini memang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dan menjadi ciri khas tersendiri bagi Banyuwangi. Yang menarik dari tempat ini adalah keberadaan dua air terjun setinggi 10 meter yang dipisahkan oleh sebuah batu besar; nampak seperti sepasang pengantin. Di sini kamu bisa main air sampai lupa waktu, foto-foto, ngadem asik atau berkontemplasi dengan penuh khidmat.

9. Di Air Terjun Kampung Anyar kamu bisa dapat tiga air terjun sekaligus!

Foto dari @doublewilly

Air terjun yang berada di Dusun Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Banyuwangi ini memang menjadi salah satu destinasi favorit di Banyuwangi. Untuk mencapainya, kamu hanya butuh waktu tempuh sekitar 20 menit dari pusa Kota Banyuwangi. Yang menarik di Air Terjun Karang Anyar adalah kamu bisa menikmati keindahaan tiga air terjun sekaligus pada satu tempat. Sumber airnya berasal dari atas tebing yang memiliki nama; Sumber Jagir , Sumber Butut Ijah dan Sumber Pawon. Suasana mendamaikan akan segera kamu rasakan saat tiba di sini. Sejuknya udara yang masuk dalam dadamu akan membuat segela sesak terobati.

10. Ada tempat wisata baru nih di Banyuwangi, namanya Air terjun Kedung Angin

Foto dari @andlzr

Air terjun yang jarang terekspos ini berada di Jl. Raya Pakel Kec. Licin, Banyuwangi. Untuk sampai ke sini kamu akan diajak menempuh jalan yang membuat jantung berdebar. Namun tentu saja, setelah sampai lokasi, adrenalinmu akan kembali normal karena pesona Air Terjung Kedung Angin yang mungil tapi sungguh membius. Akses jalan bisa kamu tempuh dar Kecamatan Licin, ada pertigaan lalu belok kiri, 20 meter kemudian tanya pada penduduk sekitar letak Air Terjung Kedung Angin.

Gimana? Tertarik mengujungi tempat wisata Banyuwangi di atas? Atau ada yang kurang? Yuk, share di kolom komentar.

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.