Modal Rp. 26.000 Kamu Udah Bisa Ngetrip ke 10 Tempat Wisata Keren di Jogja

Ngadem.com – Dalam  film-film hollywood yang berkisah tentang petualangan, biasanya para tokohnya bisa langsung memutuskan untuk traveling begitu saja. Tanpa memikirkan ada uang atau tidak. Mereka dengan mudahnya mengambil keputusan besar dan mengabaikan kondisi keuangan lalu meninggalkan kehidupan mereka dalam jangka waktu tertentu. Hal itu pasti membuat kamu berdecak kagum.

Gak hanya kagum, tidak sedikit dari kamu yang bertanya-tanya dalam diri, “kapan ya aku juga bisa mengambil keputusan yang besar seperti?”. Tapi sebenarnya memutuskan traveling saat kondisi keuangan lagi rumit bukanlah hal yang besar kok. Setidaaknya tidak sebesar beban hidup yang mesti ditanggung. Hehehehe

Saat bokek melanda percayalah akan selalu ada alternatif liburan yang bisa menyelamatkanmu. Kamu bahkan bisa mengunjungi banyak tempat hanya dengan bermodalkan Rp. 26.000 aja. Kamu mesti pada pasang muka bengong tapi kepala berisikmu mengatakan,”ngimpi kale”.

Semua hal ini nyata guys. Sama nyatanya dengan ketika kamu membuka mata di pagi hari dan menyadari kalau udah sebulan gak bimbingan skripsi. Bedanya yang satu adalah kenyataan yang menjengkelkan dan yang satunya adalah kenyataa manis. So, masa sih kamu mau menolak yang manis-manis. Ok, dengan modal 26 ribu kamu udah bisa langsung cus ke 10 tempat kece di Jogja loh. Hanya di Jogja, so tunggu apalagi.

1. Udah Berapa Lama Itu Kamera Dianggurin? Yuk Mulai Jepret-Jepret Lagi. Bisa Kamu Mulai di Taman Sari

photo by @seoul_stateofmind taken at Sumur Gemuling,Taman Sari.

Kalau kamu berkunjung ke Taman Sari biasanya kamu akan masuk dari gerbang utama lalu melewati pelataran yang sejuk dan tiba di tempat pemandian. Tapi kalau kamu mengunjungi Tamansari dari arah Pasar Ngasem kamu bisa langsung cus ke spot paling kece dan hits di Taman Sari. Kekecean spot ini sudah berseliweran di media sosial.

Buat kamu yang terlalu sumpek dengan hal-hal modern yang menjejali kepalamu setiap harinya, gak ada salahnya nih datang ke Benteng Taman Sari. Lagian untuk mencapai benteng kamu gak perlu bayar sepeserpun. Kamu hanya membayar biaya parkir kendaraanmu di kawasan parkir sekitar pasar Ngasem.

Estimasi Biaya

Tiket Masuk: Gratis

Biaya Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2000

Biaya Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5000

2. Buat Kamu yang Terlampau Sakit dan Percaya Bahwa Akan Tenggelam dalam Rasa Sakit Itu Selamanya, Ada Baiknya Kamu Ke Candi Sambisari

Candi Sambisari Foto Dari @hirpaaan_

Hal paling penting yang bisa kamu pelajari dari Candi Sambisari adalah semua luka akan sembuh. Iya, kamu gak percaya? Candi Sambisari tertimbun ganasnya letusan Merapi yang diperkirakan terjadi pada abad ke 11. Ratusan bahkan mungkin ribuan tahun lamanya candi ini mendekam dalam timbunan. Sakit yang amat panjang hingga akhirnya ditemukan kembali pada tahun 1966.

Kamu masih kekeh kalau akan terluka selamanya? Sana main ke Candi Sambisari aja. Candi ini gak hanya mengajarkanmu tentang harapan tapi juga dapat menghiburmu saat kantong lagi bolong tapi butuh liburan. Why? Karena kamu tidak akan dipungut biaya sepeserpun, kamu tinggal datang, foto-foto, dan sembuhkan dirimu.

Estimasi Biaya

Tiket Masuk: Rp. 3000

Biaya Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2000

Biaya Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5000

3. Tertimbun Bukannya Dilupakan Namun Dirayakan. Mari ke Candi Abang!

photo by @chandraadrina_ taken at Candi Abang,Berbah,Sleman.

Jogja memang pusatnya wisata murah meriah. Banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dengan mudah. Mudah dari akses maupun karena murahnya biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai lokasi wisata. Misalnya Candi Abang.

Saat kamu mengunjungi Candi Abang, kamu pasti bertanya-tanya mana sih candinya? Ok, candi ini sengaja ditimbun begitu saja karena maraknya aksi pengerusakan. Jadi saat kamu kesana, kamu gak akan menemui candi. Yang ada hanya bukit hijau yang sering disama-samain dengan bukit teletubies.

Dari lokasi bukit ini kamu bisa menikmati pemandangan desa yang syahdu. Disini kamu bisa melakukan banyak hal padahal tidak mengeluarkan uang sepeserpun terkecuali untuk parkir. Kamu bisa foto-foto, olahraga, atau mungkin sekedar duduk diatas rumput hijau dan melamun. Semuanya sama menariknya.

Estimasi Biaya

Tiket Masuk: Gratis

Biaya Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2000

Biaya Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5000

4. Jika Kamu Merasa Terlampau Rindu Pada Sesuatu yang Tak Dimengerti, Ada Baiknya Berkunjung Ke Kota Gede

Kota Gede Foto dari @ @zaskiadyamecca

Kota Gede bisa jadi adalah jawaban akan rasa rindu yang takterpahamkan, rindu yang berdiam jauh di dalam diri kita. Berjalan di gang kecil yang lengang dengan suasana syahdu yang asing tapi mampu mendekatkan kita pada hal yang aneh. Seperti magic.

Begitulah kesan yang bisa kamu rasakan saat berkunjung ke Kota Gede. Bangunan-bangunan yang nampak tua, keramahan warga jadi penenang dan penghilang rasa sakit. Gak hanya itu kamu juga dapat spot foto ciamik dan mampir jajan di pasar Kota Gede. Untuk menikmati semua keeksotisan Kota Gede kamu gak butuh ongkos kok. Kamu paling hanya akan membayar biaya parkir.

Estimasi Biaya

Tiket Masuk: Gratis

Biaya Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2000

Biaya Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5000

5. Menepi Sedikit dari Jogja, Ada Green Vilage yang Bisa Membukakan Matamu Pada Pesona Lain Kota Ini

Green Village Gedangsari Foto Dari @@irhazzamil

Green Village berada tepat di sepanjang puncak Gedangsari. Puncak Gedangsari sendiri berada antara perbatasan Gunung Kidul dan Klaten. Datanglah ke sini saat sore menjelang. Menikmati senja dan melewati malam yang dalam ditengah alam yang hening dijamin akan mendinginkan isi hati dan kepalamu yang terlampau panas.

Dari Green Village kamu akan menatap Klaten dikejauhan dengan gemerlap dan jalan raya yang merayap perlahan. Green Village berada tepat di Dusun Guyangan Lor Desa Mertelu Gedangsari Kabupaten Gunung Kidul. Hanya berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Jogja. Ditambah tidak ada biaya masuk ke Green Village, kamu patut mempertimbangkan tempat ini sebagai destinasi wisata saat bokek melanda.

Estimasi Biaya

Tiket Masuk: Gratis

Biaya Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2000

Biaya Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5000

6. Belajar Mengubah Sesuatu yang Tampak Tak Berguna Menjadi Sesuatu yang Menarik di Gardu Action

Gardu Action Foto Dari @@renyendarsari

Mungkin mendengar kata belajar akan membuatmu eneg karena rasa bosan terhadap skripsi tapi untuk belajar hal yang satu ini kamu perlu melakukannya. Dijamin gak akan bikin baper.

Apa sih yang kamu pikirkan tentang sampah? Mungkin sesuatu yang menjijikan, jorok, bau, dan membahayakan. Tapi jangan salah, pemahamanmu perihal sampah bisa jadi akan berubah setelah mengunjungi Gardu Action.

Gardu Action adalah tempat keren yang ada sebagai bukti bahwa sampah tidak selamanya menjijikan. Gardu Action adalah tempat edukatif yang sangat menginspirasi untuk megelola sampah dengan bijak. Kamu bahkan bisa melihat sendiri hasil-hasil olahan sampah yang disulap menjadi pernak-pernik, ornamen asyik hingga spot foto.

Estimasi Biaya

Tiket Masuk: Rp. 5000

Biaya Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2000

Biaya Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5000

7. Kapan Terakhir Kali Kamu Berenang? Hayo Daripada Bingung Mengingatnya Mending Langsung Ke Air Terjun Lepo Deh

photo by @dedetisno taken at Air Terjun Lepo, Dlingo, Bantul.

Terkadang kesibukan dan rutinitas sehari-hari mengabaikan kita dari hal-hal kecil namun membahagiakan. Meski kantong bolong, di Jogja kamu masih bisa menikmati hal-hal kecil yang membahagiakan bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya mahal.

Air Terjun Lepo bisa menuntaskan rasa bosan dan rasa ingin berenang bebas. Kamu langsung aja berkendara dari Jogja ke Jalan Imogiri Timur menuju ke Dlingo. Si mungil ini akan membuatmu bernostalgia kembali ke masa kecil saat bermain di sungai atau kali, duuuh dibayang sudah begitu menggetarkan apalagi kalau kamu langsung cus ke sana yak.

Gak usah galau mikirin tiket masuk, meski hanya berjarak sekitar 30-45 menit perjalanan dari Kota Jogja gak lantas membuat tiket masuk ke wisata hits ini mahal. Sejauh ini biaya yang diberlakukan bersifat seikhlasnya, tapi untuk ongkos parkir kamu wajib bayar dong.

Estimasi Biaya

Tiket Masuk: Sumbangan Seikhlasnya

Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2000

Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5000

8. Mau Nyari Spot Foto Menawan yang Gak Bikin Kantong Jebol, Langsung Ke Bukit Breksi Aja

Tebing Breksi pict by @cikarahayu

Bukit Breksi adalah jawaban atas pencarianmu akan spot foto kece yang gak bikin kantong jebol. Tempat wisata yang semulanya adalah tempat pertambangan ini memang ciamik banget. Tebing batu yang menawan mempercantik jepretanmu. Gak heran yak kalau tempat ini jadi simbol kekinian di kalangan anak muda gahul Jogja.

Semua mata seolah tertawan dengan pesona Bukit Breksi. Baik tebing batunya atau pun pemandangan yang menawan ketika berada di atas bukit. Selain itu kemudahan  akses menuju lokasi ini juga membuatnya tidak pernah sepi pengunjung. Bukit Breksi adalah alternatif wisata yang bisa kamu coba saat lagi bokek.

Estimasi Biaya:

Tiket Masuk: Sumbangan Seikhlasnya

Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2000

Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5.000

9. Senja Selalu Sayang untuk Dilewatkan Begitu Saja, Lagi Bokek Tapi Mau Mantengin Senja di Spot yang Kece? Kamu Wajib Ke Candi Ijo

Sore di Candi Ijo via www.piknikdong.com

Tidak jauh dari Bukit Breksi kamu juga bisa loh menemukan tempat wisata kece lainnya. Yup, Candi Ijo adalah wisata kece yang gak boleh kamu lewatkan. Memang tidak banyak hal yang bisa kamu lewatkan tetapi melewati sore sembari mengenang masa silam lewat-lewat candi-candi yang gagah berdiri atau sekedar duduk di atas rumput dan menanti senja adalah cara termudah untuk membahagiakan diri sendiri. Candi Ijo kian menawan saat senja tiba. Ini adalah waktu terbaik kalau kamu mau motret-motret atau selfi-selfie.

Estimasi Biaya

Tiket Masuk: Gratis

Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2000

Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5.000

10. Malam di Jogja yang Bersahaja Bisa Kamu Nikmati di Nol Km

0 km via wahyusuharto93.blogspot.com

Ini adalah sajian penutup untuk petualangan kecilmu di Kota Jogja. Kalau pun sudah cukup lelah kamu sebaiknya jangan melewatkan malam begitu saja tanpa mampir ke jantungnya kota ini.

Suasana bersahaja, alunana gitar dari pengamen, dan tentunya keberadaan orang-orang lain yang tampak berbahagia adalah hal positif yang harus kamu serap untuk disimpan dalam dirimu. Lagian berada di Nol KM gak mengharuskanmu mengeluarkan banyak ongkos kok.

Estimasi Biaya

Tiket Masuk: Gratis

Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2000

Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5.000

Guys itu tadi 10 tempat kece nan murah di Jogja yang bisa kamu sambangi saat bokek. Ini kami rangkum juga total ongkosnya kalau kamu berniat mengunjungi ke-10 tempat diatas dengan menggunakan kendaraan roda dua.

  • [list icon=”fa-archive”]
    • Taman Sari :Rp. 2000
    • Candi Sambisari: Rp. 5000
    • Candi Abang: Rp. 2000
    • Kota Gede : Rp. 2000
    • Green Vilage : Rp. 2000
    • Gardu Action : Rp. 5000
    • Air Terjun Lepo : Rp. 2000
    • Bukit Breksi : Rp. 2000
    • Candi Ijo : Rp. 2000
    • 0 Km :Rp. 2000
    • Total : Rp. 26.000

    [/list]

Gimana masih gak percaya kalau modal Rp. 26.000 bisa puas-puasin diri berwisata di Jogja?

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut
Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable
Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja