in

Catat, 7 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Menggunakan Shuttle!

Ilustrasi gambar via traveloka

Ngadem.com – Ada banyak pilihan transportasi untuk pulang ke kampung halaman menjelang lebaran. Bisa menggunakan pesawat terbang, kereta api, mobil pribadi, atau naik bus. Semua jenis transportasi tersebut memiliki keunggulan tersendiri, tinggal kita sebagai penumpang yang harus pintar memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk perjalanan jarak dekat, bus bisa menjadi opsi terbaik. Selain lebih hemat ongkos, jenis bus yang tersedia juga bervariasi.

Shuttle
Ilustrasi gambar via traveloka

Shuttle bisa dibilang sebagai bus berukuran kecil yang biasa digunakan untuk rute jarak dekat, seperti Jakarta-Bandung, Tangerang-Bandung, Jakarta-Serang, dan lain sebagainya. Salah satu shuttle yang cukup populer di rute-rute tersebut adalah Xtrans. Shuttle yang satu ini kerap jadi pilihan untuk perjalanan dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya. Untuk urusan tiket, bisa pesan Xtrans lewat Traveloka.

Bepergian menggunakan shuttle di bulan-bulan biasa mungkin sedikit berbeda ketika di bulan Ramadhan atau di momen mudik. Perbedaan yang paling terasa adalah jumlah orang yang naik shuttle akan lebih banyak. Selain itu, arus lalu lintas juga padat karena banyaknya pemudik. Oleh karena itu, kamu harus pintar dalam menyiapkan diri sebelum berangkat mudik. Berikut ini beberapa tips mudik lebaran aman dan nyaman menggunakan shuttle:

Shuttle
Ilustrasi gambar via traveloka

Cari Tahu Informasi tentang Shuttle yang Akan Digunakan

Sebelum membeli tiket, alangkah lebih baiknya kumpulkan berbagai informasi terkait shuttle yang akan digunakan. Mulai dari info waktu keberangkatan, tujuan akhir, dan harga tiket. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko salah jurusan.

Selain itu, cek juga kredibilitas shuttle yang dipilih. Pastikan fasilitas yang ditawarkan memadai untuk perjalanan mudik. Apabila harus pindah bus, kamu juga cari tahu bus apa akan digunakan setelahnya. Jangan bingung ketika sampai di terminal transit.

Beli Tiket di Tempat Resmi

Jika sudah menentukan shuttle yang akan digunakan, saatnya untuk membeli tiket. Supaya lebih aman, belilah tiket di tempat resmi atau di aplikasi resmi seperti Traveloka. Selain terpercaya, membeli tiket di aplikasi Traveloka juga bisa terhindar dari calo alias tiket yang kamu beli tidak kemahalan. Di momen mudik biasanya banyak calo yang menjual tiket perjalanan dengan harga tinggi. Hal ini tentunya akan membuat biaya perjalanan menjadi bengkak.

Pastikan Jadwal Keberangkatan

Sebelum membeli tiket, pastikan jadwal yang kamu pilih adalah waktu dimana kamu sudah siap untuk berangkat. Jangan sampai ketika mendekati hari keberangkatan, kamu merubah jadwal perjalanan. Mengingat banyaknya orang yang mudik, kamu pasti akan kesulitan untuk kembali mencari jadwal perjalanan yang pas. Datanglah 30 atau 45 menit sebelum shuttle akan berangkat. Usahakan tidak datang ke pool beberapa saat sebelum waktu keberangkatan.

Bawa Barang Secukupnya

Meskipun pulang kampung, bukan berarti semua barang di perantauan dibawa pulang. Bawalah barang seperlunya ke kampung halaman. Barang yang tidak terlalu penting atau banyak makan tempat, mending ditinggal saja. Membawa barang seperlunya akan memudahkan kamu dalam perjalanan. Pergerakan kamu juga akan semakin leluasa. Selain itu, menjaganya juga tidak akan sulit.

Jangan Lupa Bawa Barang Pengusir Bosan

Ya, perjalanan di kala mudik tidaklah selancar hari-hari biasa. Ada banyak pengguna jalan yang juga hendak pergi ke kampung halaman. Peluang terjadinya macet lebih besar saat perjalanan mudik. Oleh karena itu, ketika macet kamu butuh sesuatu yang bisa menghilangkan rasa bosan di dalam shuttle. Kamu bisa membaca buku, menonton film, atau menikmati musik untuk menghilangkan rasa bosan tersebut.

Berpakaian Senyaman Mungkin dan Tidak Menggunakan Perhiasan

Ketika mudik menggunakan bus atau shuttle, hendaklah kenakan pakaian yang nyaman untuk bergerak. Meskipun di dalam bus hanya duduk diam, tetap saja butuh keleluasaan dalam bergerak, misalnya ketika tidur, naik bus, dan turun bus. Kamu akan lebih nyaman dalam bergerak ketika menggunakan pakaian yang nyaman.

Selain berpakaian nyaman, usahakan untuk tidak menggunakan perhiasan ketika dalam perjalanan. Mengenakan perhiasan saat di perjalanan hanya akan mengundang tindakan kejahatan seperti jambret atau copet. Apalagi saat di perjalanan kamu akan berhenti di tempat-tempat yang tidak kamu ketahui sebelumnya.

Ramah Selama di Perjalanan

Salah satu kelebihan menggunakan bus saat di perjalanan adalah kita akan banyak bertemu dengan orang baru. Entah itu orang yang satu shuttle dengan kita atau orang-orang yang kita temui ketika berhenti. Oleh karena itu, kamu harus pintar dalam berperilaku ketika bertemu dengan orang baru. Berperilaku baik kepada orang baru bisa menambah pergaulan kamu, bahkan tidak menutup kemungkinan dia akan menjadi partner kamu selama perjalanan.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat memutuskan mudik menggunakan shuttle. Satu lagi, jangan lupa untuk berdoa sebelum berangkat. Semoga perjalanan menuju kampung halaman bisa berjalan dengan lancar.