in

Pertama Kali ke Malaysia, Jangan Lupa Datang ke Tempat Ini

Sumber: Pexels.com/@ben-cheung-140183

Ngadem.com – Malaysia adalah salah satu negara multikultur dengan populasi yang terdiri dari berbagai etnis. Pengaruhnya ini dapat ditemukan dalam keunikan kulinernya yang kaya jenis dan rasa. Negara ini adalah tujuan yang banyak diincar untuk bepergian untuk pemula dan tidak diragukan lagi merupakan salah satu tempat terbaik untuk Anda yang ingin liburan tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

Ketika Anda datang ke sini untuk pertama kalinya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari peta kota dan transportasi umum. Anda bisa dengan mudah memperolehnya di bandara, stasiun transportasi atau resepsionis hotel tempat tinggal Anda.

Mirip dengan Indonesia, Malaysia memiliki iklim tropis karena terletak di dekat khatulistiwa. Panas dan lembap akan terasa hampir sepanjang tahun meskipun dataran tinggi terasa lebih dingin. Ingat untuk membawa pakaian yang tidak terlalu tebal sebab tempat ini adalah tempat terbaik untuk berjalan kaki. Sementara untuk jenis transportasi umum yang paling umum di sini adalah bus dan kereta.

Jika Anda adalah seorang pecinta alam, penggemar sejarah, atau pencinta kuliner, Anda pasti akan menyukai semua yang ditawarkan di Malaysia. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tempat yang wajib Anda singgahi saat berlibur di sini.

1. Kuala Lumpur

Kuala Lumpur umumnya adalah tempat pertama yang terlintas dalam pikiran setiap orang yang sedang berencana untuk mengunjungi Malaysia. Sepertinya, tidak ada tempat yang lebih ikonik di Kuala Lumpur selain Menara Kembar Petronas sebagai gedung pencakar langit yang menyimbolkan kemajuan dan kekuatan ekonomi.

Tidak hanya mendatangi dan foto-foto di Menara Kembar saja, Anda bisa mengunjungi berbagai taman yang menarik di Kuala Lumpur untuk melepas penat menikmati alam setelah seharian berjalan-jalan. Kuala Lumpur juga memiliki kuil untuk umat beragama Hindu bernama Batu Caves yang indah dengan tangga warna warni yang menjulang.

2. Penang

Penang terkenal kaya dengan tempat-tempat wisata, seperti kota George Town dan pusat kota tua yang artistik. Saat Anda menjauh dari kota, Anda dapat menemukan berbagai pantai yang indah, cocok untuk bersantai sambil menikmati matahari terbenam.

Penang Hill dan Taman Nasional Penang bisa dikunjungi untuk hiking, cocok untuk Anda para pencinta alam bebas. Di sini, Anda juga bisa menikmati pemandangan dan bertemu dengan satwa liar. Penang Botanical Garden, Kek Lok Si Temple, Penang Butterfly Farm, Snake Temple, dan Penang War Museum adalah beberapa daya tempat yang bisa Anda datangi saat menginap di pulau ini.

3. Langkawi

Terdapat sekitar 100 pulau yang membentuk Kepulauan Langkawi yang indah. Kepulauan ini menawarkan pemandangan perbukitan hijau dengan garis pantai spektakuler yang mengundang para wisatawan untuk datang menjelajahinya. Menyelam dan snorkeling adalah aktivitas yang populer di sini dan merupakan cara terbaik untuk berlibur dengan pengalaman terbaik.

Langkawi tidak memiliki transportasi umum yang berkeliling seperti di kota. Jadi, Anda harus berjalan kaki, menyewa taksi atau menyewa kendaraan roda dua untuk jalan-jalan. Tujuan pariwisata Malaysia yang satu ini memiliki beberapa destinasi menarik, seperti Air Terjun Telaga Tujuh, Crocodile Adventureland, Laman Padi, Legend Garden, Underwater World, dan Eagle Square Square.

Malaysia
Sumber: Pexels.com/@matthardy

4. Melaka

Berada tidak jauh dari Kuala Lumpur, Melaka sudah lama menjadi pusat perdagangan dan pertukaran budaya selama lebih dari 600 tahun. Begitu banyak tempat-tempat terkenal yang bisa Anda datangi saat berlibur bersama kerabat atau keluarga, seperti Kuil Cheng Hoon Teng, Tang Beng Swee Clock Tower, Porta de Santiago, Dutch Square Stadthuys, Kuil Poh San Teng, dan juga Kuil Geok Hu Keng.

Melaka juga jadi rumah untuk berbagai kuil dan tempat ibadah yang bisa Anda kunjungi saat berada di sini. Jangan sampai terlewatkan untuk membawa kamera digital favorit untuk merekam pemandangan dan tempat-tempat menarik di sini. Apabila Anda penggemar pasar malam, jangan lupa untuk mendatangi Pasar Malam Jonker Street yang dijamin tidak akan membuat Anda menyesal.

5. Kuching

Terletak di Sarawak Timur, Borneo, Kuching adalah kota terpadat dari semua kota di Malaysia. Hanya dengan berkendara selama 35 menit dari Kuching akan membawa Anda ke Desa Budaya Sarawak. Di tempat ini, Anda dapat mempelajari apa pun yang berhubungan dengan kelompok adat yang tinggal di bagian Malaysia ini. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa berwisata ke Astana, yang kini menjadi rumah resmi Gubernur Sarawak atau menjelajahi Round Tower yang dibangun stahun 1886.

Jadi, apakah Anda siap berburu pengalaman liburan yang tidak terlupakan di Malaysia?