in

Pingin Liburan tapi Low Budget? Berikut 5 Tips Traveling Hemat yang Nggak Bikin Kantong Jebol

Ngadem.com – Musim liburan. Kalau liburan, memang paling enak itu jalan-jalan ke luar kota, bahkan ke luar negeri. Tapi, kalau belum punya tabungan cukup, kira-kira masih bisa liburan nggak, ya? Emmmm… jelas bisa dong.  Ada banyak cara kok untuk liburan, meski isi dompet lagi nggak tebel-tebel banget.

Yup, liburan nggak melulu harus menguras kantong, yang penting dapat esensinya: melepas penat dari rutinitas sehari-hari. So, liburan murah ala backpacker nggak ada salahnya dicoba nih. Nah, berikut ini tips-tips traveling hemat yang nggak bikin kantong jebol. Hei, kamu yang lagi low budget, yuk merapat.

1. Tentukan destinasi liburan

tentukan lokasi liburan

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu tentukan destinasi liburannya. Setidaknya, dari jauh-jauh hari kamu sudah membuat itinerary (rencana perjalanan). Cari destinasi wisata mana yang ingin kamu kunjungi dan ingin kamu explore. Pastikan destinasi wisata tersebut memang dikenal ramah di kantong. Untuk mempermudah dan menghemat waktu pencarian destinasi wisata, kamu bisa langsung googling. Jika sudah menemukan lokasi wisata yang cocok di dompet, langsung save. Keuntungan dari membuat itinerary dari jauh-jauh hari yaitu kamu bisa menabung dulu untuk persiapan jalan-jalan nanti. Biar perjalananmu lancer jaya tanpa ada kendala.

Baca juga: 8 Tips Liburan Asyik Bersama Si Doi yang Nggak Bikin Dompet Terkuras

2. Pilih Transportasi

pilih transportasi

Tips hemat saat traveling berikutnya yaitu, pilih transfortasinya yang tepat. Hal tersebut berlaku untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan ke luar kota, luar pulau atau ke luar negeri menggunakan pesawat dengan harga tiket yang lebih ramah di kantong. sebaiknya hunting tiket ini dilakukan dari jauh-jauh hari supuya harga belum melonjak naik. Atau, bila beruntung, kamu bisa dapat tiket promo deh.

Nah, bila sudah tiba di lokasi. Jika kamu tidak ada kendaraan pribadi, ada baiknya hindari taksi online. Ya, meski taksi online di sejumlah kota besar di Tanah Air memiliki harga yang miring, bukan berarti di semua daerah atau di sejumlah negara lainnya kamu bisa mendapatkan harganya yang sama. Solusinya, kamu bisa memanfaatkan kendaraan umum, seperti bus atau angkutan umum, misalnya. Menurut para backpacker, menggunakan angkutan umum bisa jadi solusi tepat untuk menghemat pengeluaran saat traveling.

Baca juga: Weekend Tapi Bokek? So What? Selamatkan Weekend-mu Dengan Tips Berikut!

3. Tentukan Akomodasinya

menentukan akomodasi

Setelah menentukan destinasi liburan dan transportasinya, selanjutnya giliran tentukan akomodasinya. Untuk penginapan, nggak melulu harus hotel berbintang. Banyak kok hotel atau hostel yang memiliki fasilitas oke dengan harga yang bersahabat.

Sekarang ini sudah menjamur hostel nyaman dan murah di setiap sudut Indonesia. Kamu bisa googling untuk hunting hostel yang sesuai kebutuhan kamu. Selain murah, banyak hal menarik yang kamu dapatkan jika memilih hostel untuk tempat menginap. Mulai dari join kamar dengan tamu lainnya, sampai berjumpa dengan bule-bule backpaker. Lumayan banget kan buat nambah teman dan berbagai pengalaman.

Baca juga: 5 Tips Jitu Agar Helm Tetap Aman Saat Berwisata

4. Membawa Botol air mineral

botol air mineral

Kamu pasti sudah tahu kalau di sejumlah daerah atau negara tersedia kran air siap minum yang tersebar di beberapa titik tempat umum, di taman contohnya. Kamu bisa memanfaatkan air kran siap minum tersebut untuk mengisi botol air minum yang sudah kamu sediakan dari rumah. Kamu tidak perlu sungkan apalagi malu, karena disejumlah daerah atau negara, hal tersebut sudah biasa.

Hal lainnya yang jadi pertimbangan kenapa harus membawa botol air mineral dari rumah yaitu karena di lokasi wisata umumnya air mineral dibandor dengan harga yang mahal. Membeli air mineral di toko atau di tempat wisata, tentu tidak membantu kamu yang sedang ingin melakukan traveling hemat. So, buat kamu yang yuk bawa botol air minum mulai dari sekarang.

Baca juga: Ngajak Ibu Traveling Itu Keren! Tapi 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan, Yes!  

5. Hindari makan di restoran atau di pusat perbelanjaan

hindari makan di restoran

Menghindari makan di restoran atau makan di pusat perbelanjaan seperti mall jadi tips liburan murah berikutnya. Makan di tempat-tempat yang demikian itu biasanya dibandrol dengan harga yang tidak terlalu ramah di kantong. So, kamu bisa makan di warung-warung kecil. Tapi ada baiknya kamu survei dulu atau browsing dulu tempat makan yang menawarkan harga murah. Untuk penghematan, sebenarnya sangat disarankan membawa bekal di rumah, seperti roti, mie instan cup, keripik kentang, ataupun bekal lainnya yang sekiranya ringan untuk dibawa-bawa.

Baca juga: Jalan-Jalanmu ke Jogja Nggak Akan Ngeluarin Banyak Biaya Kalau Pake 7 Tips Ini

Nah, itulah 5 tips traveling hemat yang nggak bikin kantong jebol. Jika ada yang ingin menambahkan tips-tips traveling hemat selain yang sudah disebutkan di atas, silakan tambahkan di kolom komentar. Btw, selamat liburan. Tetaplah jaga kebersihan, kelestarian dan keindahan alam sekitar.

 

 

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.