in ,

Pesona Kepulauan Seribu dan Hal-hal Menarik yang ada di Dalamnya. Wow dan Epik Banget!

foto dari @razakfay

Ngadem.com Berpaling ke sisi lain wajah ibu kota. Dan, temukan surga wisata air bernama Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu terletak sekitar 45 kilometer di sebelah utara Jakarta dengan luas 11 kali dibanding luas daratan Jakarta. Mayoritas berupa perairan tentunya. Dan, memang itulah daya tarik utama kawasan ini: laut bening bak etalase.

Warga sekitar sadar, terumbu karang dan ikan hias yang dibiarkan hidup jauh lebih bermanfaat dibanding eksploitasi.

Di kawasan ini, wisatawan akan dimanjakankan oleh pesona terumbu karang, lalu lalang ikan dan keragaman biota laut dengan keindahan yang membuai. Karena perhiasan alam inilah yang mengundang para wisatawan dari berbagai daerah untuk datang.

Wisata Kepulauan Seribu selain menawarkan keindahan bawah laut, juga menawarkan pemandangan deretan pulau-pulau dengan view yang begitu menawan. Terhitung ada sekitar 342 pulau di Kepulauan Seribu, tapi hanya 11 pulau yang berpenghuni.

Nah, buat kamu yang ada rencana mengahabiskan liburan di wisata Kepulauan Seribu. Berikut ini hal-hal menarik yang bisa kamu lakukan dan kamu jumpai di Kepulauan Seribu. Simak ulasannya sampai habis ya.

pulau seribu
foto dari @kang_jidek

Baca juga:

6 Roof Top Bar Asik yang Harus Kamu Kunjungi Saat Ada di Jakarta
Taman Ismail Marzuki (TIM): Wisata Seni dan Budaya di Jakarta

Pertama, camping ceria di Pulau Pramuka dengan pesona sekitar yang sungguh memukau

Pulau Pramuka berada di tengah-tengah Kepulauan Seribu, tepatnya di Kelurahan Pulau Panggang. Pulau yang jadi pusat administratif Kepulauan Seribu ini menawarkan fasilitas yang lebih memadai dibandingkan pulau-pulau lainnya yang ada di Kepulauan Seribu.

Pulau Pramuka selain menawarkan pemandangan hamparan pantai yang memukau, juga kerap dimanfaatkan untuk berkemah atau camping, tepatnya di kawasan Semak Daun yang lokasinya berada sekitar 20 menit dari Pulau Pramuka. Di Pulau Semak Daun ini juga aman untuk berenang bagi anak-anak karena karakter airnya cenderung dangkal. Buat kamu yang tertarik camping atau berkemah di sini, per malamnya dikenakan biaya Rp35.000/orang dan sudah termasuk biaya sewa tenda dan toilet.

Kedua, menyusuri deretan pulau-pulau cantik selain Pulau Pramuka

Puas menikmati keindahan Pulau Pramuka, ada deretan pulau cantik lainnya di Kepulauan Seribu yang sayang bila kamu lewatkan begitu saja. Beberapa diantaranya, seperti: Pulau Kepala Dua dan Pulau Harapan yang merupakan dua pulau terbesar di Kepulauan Seribu, serta Pulau Ganteng Kecil dan Pulau Bulat yang merupakan gugusan pulau kecil di Kepulauan Seribu.

Karena keindahannya, beberapa pulau yang ada di kawasan Kepuluan Seribu ini juga sempat dimanfaatkan untuk setting tempat dalam sebuah film berjudul “Impian 1000 Pulau” yang akan tayang tanggal 28 oktober 2018. Nah, baut kamu yang ingin berkunjung, untuk sampai pulau-pulau tersebut, perjalanan yang kamu tempuh memakan waktu sekitar 40 menit dari kawasan Pulau Pramuka.

kepualaun seribu
foto dari @pulauharapan_id

Ketiga, menyapa Penyu-penyu lucu di Konservasi Penyu Sisik

Konservasi Penyu Sisik ini berada di kawasan Pulau Kelapa Dua. Dari Pulau Harapan, memakan waktu  sekitar 5 menit menggunakan kapal nelayan. Di sini, kamu akan dimanjakan oleh-oleh sekumpulan penyu-penyu sisik yang begitu lucu. Selain itu, dengan berada di sini, wawasan kamu tentang penyu juga jadi bertambah luas. Harap perhatikan, buat kamu yang ingin mendokumentasikannya dengan kamera, pastikan kamu tidak menggunakan flash karena mata penyu sangat sensitif terhadap cahaya.

Keempat, bermalam di Bunga Bakau: alternative penginapan di Kepulauan Seribu

Bunga Bakau ini merupakan penginapan atau homestay di Kepulauan Seribu, lebih tepatnya berada di kawasan Pulau Pramuka. Homestay satu ini bukan sekedar homestay untuk beristirahat saja, karena di homestay ini menawarkan juga beragam kegiatan menarik, seperti: memasak, snorkeling, dan aktivitas keliling pulau. Buat wisatan yang ingin bermalam di homestay atau penginapan Bunga Bakau ini, biaya yang harus dikeluarkan mulai dari harga Rp542.169/malam.

Kelima, di Kepulauan Seribu juga ada fasilitas kesehatan

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu merupakan rumah sakit satu-satunya yang berada di kawasan Kepulauan Seribu. RSUD ini terletak di depan dermaga Pulau Pramuka yang menawarkan fasilitas pertolongan pertama terutama untuk penyelam serta 2 kapal cepat sebagai sarana transportasi.

Nah, itulah beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan dan kamu jumpai di Kepulauan Seribu. So, tertarik berlibur ke Pulau Seribu? Yuk agendakan bersama orang-orang terkasihmu. Selamat liburan. Tetaplah jaga kebersihan, kelestarian dan kebersihan alam sekitar.

(foto featured dari @razakfay)

 

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.