in

10 Tempat Wisata Sumbawa dengan Pemandangan Alam Menyegarkan

foto dari @fatikharisma

Ngadem.com – Berlibur salah satu cara terbaik untuk membuat otak kembali segar selepas deadline pekerjaan yang menumpuk. Nah, tempat wisata Sumbawa bisa jadi alternatif destinasi liburanmu. Ada wisata apa saja sih di Sumbawa? banyak. Simak penjelasannya berikut ini ya.

terlihat, Sumbawa merupakan Kabupaten sekaligus Pulau terbesar di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sumbawa menawarkan wisata dengan pesona alamnya yang menggoda mata. Mulai dari wisata alam, gunung, bukit, pantai, dan masih banyak yang lainnya.

Nah, buat kamu yang sedang di Sumbawa dan butuh rekomendasi tempat wisata, berikut ini rangkum dalam 10 tempat wisata Sumbawa dengan pemandangan alam hijau nan alami, yang pasti untuk kamu kunjungi.

Baca juga:   7 Tempat Wisata Epic di Sumbawa yang Harus Masuk Bucket List-mu

1. Air Terjun Mata Jitu

air terjun mata jitu
foto dari @febrian28._

Air Terjun Mata Jitu atau Queen Waterall ini berada di kawasan Pulau Moyo, tepatnya di Dusun Oiramu, Desa Labuan Aji, Labuhan Badas, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Untuk tiket masunya jika menggunakan jasa transportasi (ojek) Rp 100.000 dan jika berjalan kaki Rp 25.000.

2. Pulau Kenawa

Pulau kenawa
foto dari @fatikharisma

Pulau Kenawa salah destinasi wisata Sumbawa yang berada di kawasan Poto Tano, Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bagi pengujung yang ingin berkunjung kesini dikenai biaya retribusi sebesar Rp Rp 50.000/orang.

3. Pantai Maluk

Pantai maluku
foto dari @barli8js

Pantai Maluk berada di Lokasi cukup tersembunyi yaitu di kawasan Distrik Jereweh, Sumbawa Barat. Nusa Tenggara Barat. Pantai ini menjadi salah satu pantai dengan ombak terbaik di dunia yang dikenal dengan sebutan Super Suck.

4. Bukit Mantar

puncak mantar
foto dari @aku_wahyou

Bukit Mantar berada di Desa Mantar, Kecamatan Poto Tano, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam sekitar yang bak “negeri di atas awan” di Bukit Manter dikenai biaya transportasi Rp50.000 per orang.

5. Pantai Kertasari

pantai kertasari
foto dari @maris.rhmdni

Pantai Kertasari berada di Desa Kertasari, ecamatan Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai pasir putih yang cantik ini dikenai biaya tiket masuk Rp15.000 per orang.

6. Pulau Paserang

pulau paserang
foto oleh @r_taufiiik

Pulau Pasaerang berada dekat dengan Pulau Kenawa, tepatnya di kawasan Poto Tano, Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bagi pengujung yang ingin berkunjung kesini dikenai biaya retribusi sebesar Rp Rp 50.000/orang.

7. Pulau Kambing

pulau kambing
foto dari @de.wa_

Pulau Kambing terletak di antara Pulau Paserang dan pulau Belang, tepatnya di kawasan Poto Tano, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Meski memiliki ukuran yang tidak seperti lainnya, namun pulau ini menawarkan lanskap pulau yang begitu menggoda mata.

8. Air Terjun Agal

air terjun agal
foto dari @wahyu_afrzl

Air Terjun Agal berada di Dusun Beru, Desa Marente, Alas, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini terdiri dari 10 tingkat dengan ketinggian antara 30 cm sampai 300 m. Untuk sampai lokasi air terjun, kamu harus menyisihkan hutan sekitar 2 jam.

9. Air Terjun Petung Mampis

Air terjun petung mampis
foto dari @arieffebryan

Air Terjun Petung Mampis atau yang juvmga dikenal air terjun Rarak Ronges berada di Desa Rarak Ronges, Kec Brang Rea, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Air terjun yang memiliki ketinggian antara 50-60 cm ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 700 mdpl, tak heran jika udara di sini cukup sejuk.

10. Air Terjun Ai Mual

Air terjun ai mual
foto dari @ariffebryan

Baca juga:  8 Tempat Wisata di NTT Ini Bisa Banget Buat Kamu Bahagia

Air terjun Ai Mual berada di Desa Bangkat Monte, Kec. Brang Rea, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan air terjun Mata Jitu karena bentuknya yang bertingkat-tingkat.

Nah, itulah rekomendasi 10 tempat wisata Sumbawa dengan pemandangan Alam Hijau nan Alami. Karena ini masih pandemi, jangan lupa untuk tetap patuh pada prokes ya teman-teman. Selamat liburan.