in ,

7 Tempat Wisata Kece di Madiun yang Bisa Kamu Kunjungi

Ngadem.com – Kota Madiun cukup terkenal karena peristiwa bersejarah bangsa ini yang banyak terjadi di sana. Selain itu, Kota Madiun jadi semacam trend bagi makanan khas bernama Brem. Rasanya yang kecut-kecut gimana gitu bisa benget buat kamu melek seharian. Masih ada lagi guys… kota yang terletak 160 km Barat dari Surabaya ini juga menyimpan pesona wisata yang sayang jika kamu lewatkan. Emangnya ada apa aja sih di kota yang juga terkenal dengan julukan Kota Gadis ini?

Yuk, cek aja di rangkuman Ngadem.com di bawah ini.

1. Seru-Seruan di Wisata Grape.

Wisata Grape Foto Dari @larasatipuspitasari

Wisata Grape berada tepat di kaki gunung Wilis atau berjarak 15 km dari kota Madiun. Udara yang sejuk dan asri menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Madiun dan sekitarnya. Lokasi wisata berada di tepi hutan jati yang dikelola oleh KPH Madiun dengan luas area sekitar 1,5 hektar.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini diantaranya bersepeda menyusuri hutan jati, hiking, panjat tebing, berkemah, hingga main air di sungai yang ada disekitar kawasan wisata. Di sekitar lokasi wisata juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti toilet, warung makan, aula pertemuan, mushola, hingga taman bermain anak-anak. Lengkapkan?

2. Main Air di Air Terjun Krecek Ndenu.

Air Terjun Krecek Ndenu Grape Madiun Foto Dari @dwibagusmartono

Air Terjun Krecek Denu berada di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Air terjun ini berada tidak jauh dari Wisata Grape. Hanya berjarak sekitar 4 km aja. Tiket masuk air terjun Krecek Ndenu hanya Rp.3.000 per orang sudah termasuk parkir. Dari pintu masuk kamu harus berjalan kaki sekitar 15 menit melewati jalan setapak berbatu tapi dijamin hal itu akan tergantikan dengan kesegaran Air Terjun Krecek Ndenu ini.

3. Masih Mau Main Air? Ke Air Terjun Banyulawe Dong.

Air Terjun Banyulawe Foto Dari @hanungmad

Air terjun Banyulawe terletak di Dusun Gligi, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Air terjun yang berada tepat di balik lereng Pegunungan Wilis ini menawarkan suasana sejuk khas pegunungan yang bakal buat kamu rileks sejadi-jadinya. Air Terjun ini sudah sering dikunjungi bahkan di sekitar kawasan air terjun juga sudah didirikan warung-warung yang menjajakan makanan. Untuk menikmati kesegaran air terjun Banyulawe, kamu cukup membayar Rp.5000 aja.

4. Sekali Lagi Main Air di Air Terjun Seweru.

Air Terjun Seweru via andriantw1964.wordpress.com

Air Terjun ini berada di lereng gunung atau tepatnya di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Air terjun Seweru juga terkenal dengan nama Air Terjun Serondo, Air Terjun Kedung Malem, dan Air Terjun Slampir. Keempatnya adalah air terjun yang sama tapi entah kenapa ada banyak nama yang dipakai untuk merujuk air terjun ini.

Jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota Madiun, berada di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian 400 m diatas permukaan air laut jadi untuk mencapai lokasi air terjun ini kamu mesti melewati jalan berbatu yang menantang. Setelah itu, kamu harus trekking sejauh 1 Km. Letihmu akan terbayar tuntas dengan panorama air terjun yang menyatu dengan perkebunan kopi warga sekitar. Jangan cemaskan tiket masuk, karena dengan Rp. 5000 kamu sudah bisa bersenang-senang.

5. Jangan Lewatkan Pesona Waduk Widas Saradan.

Waduk Widas Saradan Foto Dari @ozhu73

Waduk ini terletak di Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun atau berjarak sekitar 40 Km dari Kota Madiun dengan luas areal waduk yang mencapai 860 km. Di sini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan waduk yang dikelilingi hutan. Selian itu kamu juga bisa memancing, bermain banana boat, bahkan keliling waduk dengan perahu. Kecekan?

6. Mampir Ke Taman Wisata Umbul Dolopo Yuk.

Wisata Umbul Dolopo Madiun Foto Dari @audinadanish

Taman Wisata ini berada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Taman wisata yang sudah ada semenjak penjajahan Belanda selalu menjadi destinasi favorit warga Madiun dan sekitarnya. Taman Wisata Umbul Dolopo ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang air belerang, kebun binatang mini, pendopo, penginapan, warung, tempat bermain anak, bahkan beberapa situs sejarah juga ada di Taman Wisata ini. Lengkap, kan? Padahal tiket masuknya cuma Rp. 10.000 per orang.

7. Nyanrise di Puncak Ngliman Yuk.

Gunung Ngliman Wilis Jalur Kare Kandangan Dungus Madiun Foto Dari @hanungmad

Puncak Ngliman adalah salah satu bagian dari gugusan Gunung Wilis. Untuk mencapai Gunung Wilis sudah banyak jalur pendakian yang ditawarkan, salah satunya adalah via Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Buat kamu yang gak kuat naik gunung yang terlalu tinggi, kamu bisa kok nongki di Puncak Ngliman ini. Kalau kamu tertarik, kamu wajib melapor kepada petugas di pos Kempo yang terletak di perkebunan kopi Kandangan yak.

7 tempat wisata kece di Madiun sudah Ngadem.com rangkum buat kamu. Kira-kira kapan kamu akan mengunjunginya?

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.