in

Tips Hemat Budget Bulanan buat Anak Kost

Ngadem.com – Saat kamu memutuskan tinggal sendiri, mau tidak mau kamu harus belajar untuk bisa hidup mandiri. Namun, jauh dari orang tua bisa membuat kamu kewalahan. Kamu dituntut untuk mengatur segala halnya sendiri, termasuk dengan keuangan. Biasanya selama sebulan kamu hanya bergantung dengan budget tertentu untuk kebutuhan selama sebulan.

Namun, bukan rahasia lagi kalau anak kost cenderung kehabisan uang pada setiap akhir bulan. Nah, pada masa-masa tersebut, kamu mungkin akan mulai berharap-harap cemas ada kiriman uang atau gaji yang cepat turun. Agar kamu enggak kehabisan uang di akhir bulan, berikut ini 5 tips hemat yang bisa kamu aplikasikan. Lest check this out!

1. Masak makanan sendiri

Sering pesan antar makanan? Perlu diingat bahwa layanan pesan antar makanan mengharuskan kamu untuk membayar ongkos kirim juga, loh. Usahakan untuk mengurangi layanan pesan antar dan makan di restoran atau cafe. Saat kamu memiliki fasilitas dapur di indekos, sebaiknya manfaatkan untuk memasak sendiri. Kamu bisa pergi ke pasar tradisional untuk mendapatkan bahan-bahan yang lebih murah. Hanya dengan budget minimum saja, sudah cukup untuk makanmu setiap satu minggu.

2. Bawa Bekal ke Tempat Kerja

Salah satu hal yang paling buat bingung di siang hari biasanya adalah pilihan makan siang. Apa yang mau dimakan? Tempatnya di mana? Hal yang tidak kalah penting pastinya tentang seberapa mahal budget makan siang hari ini? Biasanya pertanyaan-pertanyaan ini yang sering muncul ketika kamu mau makan siang. Namun, dengan bekal yang kamu bawa dari rumah kamu bisa mengirit untuk biaya makan siangmu sehari-hari. Yap, pastinya dengan makanan yang sudah kamu masak sendiri, dong.

3. Jangan Beli Air Putih Kemasan

Saat ini sudah banyak dispenser yang tersedia di kantor, sekolah, dan kampus. Kamu bisa bawa tumbler atau botol minum yang ukurannya cukup besar untuk diisi ulang. Jika kamu melakukan ini dalam seharinya kamu bisa berhemat sebanyak Rp5.000 – Rp10.000 karena tidak perlu beli air mineral botol. Jika dikalkulasikan, selama satu minggu saja kamu bisa menghemat budget yang lumayan, loh. Alokasi dananya bisa dipakai untuk kebutuhan lain, misalnya untuk transportasi atau tabungan.

4. Gunakan Transportasi Umum atau Jalan Kaki

Tidak kalah penting dalam berhemat adalah pemilihan transportasi. Ini salah satu faktor yang bisa buat kamu boros. Pakai transportasi umum tidak ada salahnya, kok. Malah kamu bisa ikut berkontribusi untuk mengurangi kemacetan kalau pakai transportasi umum. Belum lagi jika jarak indekos dengan tempat bekerja terbilang dekat, kamu bisa jalan kaki saja ke kantor. Jarak kurang dari 1 kilometer, sih, hitung-hitung olahraga, deh.

5. Beli Pulsa Online

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika beli pulsa online, loh. Ya, salah satunya lewat layanan online travel agent seperti Traveloka. Ketimbang beli di gerai pulsa, kamu enggak akan dapat tawaran diskon atau cashback. Siapa, sih, yang enggak suka diskon? Enggak perlu capek ke luar rumah, kamu juga bisa langsung melakukan transaksi isi ulang atau pembayaran dalam satu langkah praktis saja. Jangan lupa untuk cek kode promosi agar kamu bisa dapat harga pulsa yang lebih murah, ya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar budget sebagai anak kost bisa tetap aman. Tidak perlu dilakukan sekaligus, tapi kamu bisa mencobanya satu persatu untuk merasakan dampak yang paling dirasa sesuai untuk mengurangi pengeluaran bulanan kamu.