in

Ini 8 Barang Wajib yang Harus Dibawa Naik Bus di Masa Pandemi

gambar via traveloka

Ngadem.com – Perjalanan darat senantiasa menjadi andalan untuk bepergian ke luar kota, terutama di masa pandemi ini. Naik bus saat bepergian memang praktis dan juga relatif ramah kantong. Kamu bisa beli tiket bus Pahala Kencana secara online, misalnya. Di tanggal keberangkatan kamu hanya perlu datang ke terminal, tunjukkan e-tiket dan langsung naik bus. Mudah kan?

Nah, bepergian naik bus di masa pandemi tentunya ada hal-hal baru yang harus kamu ketahui terutama soal penerapan protokol kesehatan demi kebaikan para penumpang dan juga staf bus.

Agar perjalanan naik bus kamu nyaman dan aman, pastikan kamu membawa 8 barang wajib untuk bepergian di masa pandemi berikut ini ya.

naik bus
gambar via traveloka

1. Masker

Masker sudah jadi barang wajib yang harus dipakai saat beraktivitas ke luar rumah, termasuk bepergian dengan kendaraan umum. Pakailah masker yang dibolehkan oleh pemerintah, seperti masker medis 3 lapis dan juga masker kain. Hindari memakai buff dan scuba yang dilarang dipakai karena efektivitasnya dalam menyaring droplet hanya 0-5 persen.

Pakailah masker saat keluar rumah menuju terminal, selama di dalam bus dan saat tiba di kota tujuan dan mengunjungi destinasi wisata di kota tersebut. Pemakaian masker berguna untuk mencegah kamu terpapar virus corona selama melakukan perjalanan.

Jangan lupa untuk membawa masker cadangan sebagai antisipasi jika masker yang kamu pakai basah terkena air atau keringat atau kotor.

2. Hand sanitizer

Selain memakai masker, rutin cuci tangan juga termasuk dalam protokol kesehatan yang harus kamu lakukan. Sebagai ganti air dan juga sabun, kamu jangan sampai lupa membawa hand sanitizer ya!

Jadi kamu bisa sering-sering membersihkan tangan dari kotoran, kuman, virus dan bakteri yang mungkin menempel. Selain itu karena bus adalah transportasi umum, ada banyak bagian-bagian bus yang dipegang oleh penumpang lainnya, seperti gagang di pintu masuk, tiang penyangga di lorong bus, kursi dan sebagainya.

Maka dari itu penting untuk selalu membawa hand sanitizer. Jadi saat kamu sudah masuk bus dan duduk di kursi, segera bersihkan tangan pakai hand sanitizer. Sering-sering menggunakannya dalam perjalanan juga tidak masalah kok!

3. Tisu basah & kering

Tisu basah penting untuk mengelap kursi, sandaran tangan atau bagian jendela agar bersih dari kotoran. Kamu juga bisa menggunakan tisu untuk mengelap tangan maupun bagian sandaran kepala di kursi yang kamu duduki. Jadi jangan lupa selipkan satu paket tisu basah kecil di dalam tas yang kamu bawa naik ke bus ya .

4. Headset

Selama perjalanan dengan bus maupun transportasi umum lainnya, disarankan untuk tidak mengobrol dengan penumpang lain. Hal ini untuk menghindari kemungkinan tertular virus dari droplet yang keluar saat berbicara.

Maka dari itu disarankan untuk membawa headset yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan lagu favorit, menonton video di Youtube, menonton film yang sudah disimpan di smartphone hingga mendengarkan podcast atau audiobook agar perjalanan tidak terasa bosan.

5. Powerbank

Meski ada bus yang menawarkan fasilitas colokan untuk charge smartphone di dalam bus, akan lebih baik jika kamu mempersiapkan diri dengan membawa powerbank sendiri dari rumah. Hal ini tentu lebih praktis dan nyaman jika smartphone kamu kehabisan baterai di tengah perjalanan.

6. Tempat minum sendiri

Jika ingin membawa bekal, pastikan kamu membawa bekal sendiri dari rumah dan tidak berbagai air minum dengan penumpang lain ya. Kecuali jika kamu pergi bersama anggota keluarga yang tinggal di satu rumah yang sama. Hal ini untuk mencegah kemungkinan tertular virus selama perjalanan.

7. Obat-obatan

Jika kamu memiliki kondisi tertentu saat naik bus, misalnya mudah mual dan pusing, jangan lupa untuk sediakan obat-obatan pribadi di dalam tas ya. Hal ini akan sangat berguna jika tiba-tiba kamu mabuk darat di tengah perjalanan.

Meski agak sedikit ribet dan harus memakai masker full selama perjalanan, namun semua ini demi melindungi kesehatan kamu kok. Yang terpenting, jangan sampai kendor melakukan protokol kesehatan saat bepergian maupun mengunjungi tempat wisata agar kita semua sehat-sehat saja. Selamat bepergian!