in

7 Tips Mengasyikan saat Menjalani Program “Jateng di Rumah Saja”

Ngadem.com – Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah mengeluarkan kebijakan baru “Jateng di Rumah Saja” selama dua hari pada tanggal 6-7 Februari 2021. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir penyebaran virus Covid-19 yang kian meresahkan.

SE Gubernur Jateng (Jawa Tengah) tersebut sudah disampaikan ke seluruh pemerintah daerah yang ada di Jawa Tengah. Namun, meski memberlakukan kebijakan dua hari di rumah saja, Ganjar tetap memberi ruang untuk sejumlah sektor tertentu.

Adapun sektor-sektor yang tetap diperbolehkan untuk beraktivitas yaitu sektor kesehatan, keuangan, perbankan, kebencanaan, energi, keamanan, konstruksi, pelayanan dasar, industri strategis, utilitas publik, dan industri.

Selain itu, sektor komunikasi dan teknologi informasi serta logistik dan kebutuhan pokok masyarakat juga diperbolehkan untuk tetap beroperasi karena dianggap sebagai objek vital.

Sementara beberapa aktivitas yang ditutup selama program “Jateng di Rumah Saja” yakni Car Free Day, toko/mall, penutupan jalan, wisata atau pusat rekreasi, pembatasan pernikahan atau hajatan (tanpa mengundang tamu), dan sejumlah aktivitas lainnya yang memancing kerumunan (seperti event, pendidikan, dll).

Ganjar menegaskan bahwa program “Jateng di Rumah Saja” ini bukanlah penerapan karantina wilayah atau lockdown. Program tersebut dilakukan untuk membangun prilaku dan kesedaran serta meningkatkan kedisiplinan masyarakat mengenai protokol kesehatan.

Ganjar juga menyampaikan bahwa program dua hari di rumah saja ini sifatnya tidak memaksa. Program ini juga tidak memiliki hukuman atau sanksi bagi masyarakat yang melanggarnya.

jateng di rumah saja
foto dari @provjateng

Baca juga: 5 Tips Dekor Ruang Kerja Selama WFH Agar Mood Tetap Terjaga

Tips Biar Nggak Bosan saat Menjalani Program “Jateng di Rumah Saja”

Nah, buat kamu yang sedang berada di Jateng dan menjalankan kebijakan program “Jateng di Rumah Saja” selama dua hari, berikut ini beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan biar nggak bosan selama dua hari di rumah saja.

1. Olahraga

Kegiatan menarik dan nggak bosenin yang bisa kamu lakukan saat dua hari di rumah saja yaitu olahraga. Kamu bisa melakukannya di halaman rumah. Bukan hanya mengusir jenuh, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga imunitas.

Olahraga yang kamu lakukan bisa dengan lari-lari kecil di halaman rumah, senam di ruang tamu atau di halaman rumah, main bulutangkis dengan anggota keluarga, dan beberapa jenis olahraga lainnya. Lakukanlah olahraga setidaknya 45 menit dalam sehari.

2. Bersih-bersih

Selain olahraga, kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan selama di rumah saja yaitu bersih-bersih. Yup, kamu mulai bisa bersih-bersih seluruh isi rumah, seperti menyapu, mengepel, menguras bak kamar mandi, mencuci piring, mencuci baju, dan membersihkan halaman rumah.

Bila perlu, kamu dekorasi ulang rumah atau kamarmu agar terlihat lebih segar dan menarik. Sehingga kamu pun semakin betah di rumah saja.

3. Memasak

Memasakan juga bisa menjadi kegiatan mengasyikan saat di rumah saja. Kamu bisa mencoba resep-resep baru dan out of the box. Semakin sering kamu memasakan, maka skill memasakanmu pun akan semakin terasah.

Jika sudah jago masak dan sudah menguasai resep masakan yang out of the box, kamu bisa memanfaatkan skill masakmu dengan membuka bisnis kuliner. Lumayan untuk pemasukan penghasilanmu di masa pandemi.

4. Nonton Film

Buat kamu yang suka nonton film, ini bisa jadi kesempatanmu untuk menghabiskan waktumu selama di rumah saja dengan menonton film di Netflix atau situs nonton film lainnya.

Ada banyak genre film menarik yang bisa kamu tonton, mulai dari film horor, romantis, action, drama, thriller, comedy, dan beberapa genre film lainnya.

Nonton serial Drama Korea (drakor) juga mengasyikan, lho.  Perlu kamu tahu, serial drakor bukan hanya menghadirkan adegan-adegan sweet yang bikin baper penonton, tapi juga ada ilmu-ilmu bermanfaat yang bisa kita jadikan pelajaran.

Contohnya serial drakor ‘Startup’ yang dibintangi oleh Suzy dan kawan-kawan. Serial drama ini menceritakan tentang orang-orang yang bekerja keras membangun bisnis dari nol hingga akhirnya meraih kesuksesan.

5. Baca Buku

Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang juga asik dilakukan untuk mengisi waktu selama di rumah saja. Banyak jenis buku yang bisa kamu baca, mulai dari cerpen, novel, buku motivasi, buku resep, buku membangun bisnis, buku biografi, buku pendidikan, dan lain sebagainya.

Membaca buku bukan hanya membuat waktu luangmu menjadi lebih berkualitas, tapi juga membuat ilmu dan wawasanmu menjadi bertambah luas.

6. Bermain Musik

Buat kamu yang hobi bermusik, kamu bisa mengisi waktu selo-mu selama di rumah saja dengan bermain musik atau bernyanyi. Jika kamu tidak memiliki alat musik, kamu bisa menggunakan sejumlah aplikasi musik untuk mengirimmu saat bernyanyi.

Mungkin kamu juga bisa mencoba untuk membuat lagu atau mengaransemen musik ciptaanmu sendiri. Jadi waktu luangmu selama di rumah saja menjadi lebih berkualitas, bukan malah rebahan saja.

7. Membuat Konten

Kamu juga bisa banget lho mengisi waktu luangmu saat dua hari di rumah saja dengan membuat konten-konten menarik dan bermanfaat, kemudian kamu bisa mengunggahnya di Instagram maupun Youtube.

Dari membuat konten tersebut, kamu bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Misal, kamu mengunggahnya di Youtube, kamu bisa memasang adsense ke dalam akun Youtube-mu.

Jika konten-kontenmu menarik, pastinya akan banyak viewers. Semakin banyak viewers, maka peluang untuk mendapat uang semakin terbuka lebar.

Nah, itulah beberapa tips kegiatan mengasyikan yang bisa kamu lakukan saat menjalani program “Jateng di Rumah Saja” yang akan berlangsung saat akhir pekan yaitu tanggal 6-7 Februari 2021.

Selamat mencoba dan Jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan, ya!