in

Pandemi Virus Corona, Ini Lho Kampung-kampung di Jogja yang Melakukan Lockdown Mandiri yang Lagi Viral

Ngadem.com – Virus Corona atau virus covid-19 masih merebak, bahkan kini hampir semua Provinsi di Indonesia sudah terpapar virus yang menyerang pernafasan ini. Sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus corona, sejumlah negara pun mulai menerapkan kebijakan lockdown.

Salah satu negara tetangga yang melakukan lockdown yaitu Malaysia. Sementara Indonesia dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19, pemerintah pusat memilih tidak melakukan lockdown tapi lebih memilih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku mulai 1 April 2020.

Penerapan lockdown ini sendiri memang tengah hangat-hangatnya diberlakukan dalam lingkup kedaerahan. Salah satu kota yang melakukan local lockdown atau isolasi wilayah yaitu kota Tegal, Jawa Tengah.

Dusun-dusun di Jogja juga sudah mulai menerpakan lockdown mandiri. Para warga memiliki inisiatif untuk memblokade atau menutup akses jalan masuk kampung sebagai upaya meminimalisir orang keluar masuk dan tentunya meminimalisir penyebaran covid-19.

Di depan blokade tersebut, warga pun memasang spanduk-spanduk yang bertuliskan “Lockdown” disertai kalimat-kalimat pendukung yang unik nan menggelitik. Nah, berikut ini potret dusun-dusun di kawasan Jogja yang melakukan lockdown mandiri sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19.Simak ya!

Baca juga: Pandemi Covid-19, Ini Daftar 36 Tempat Wisata di Jogja Tutup Sementara

Baca juga: Di Tengah Wabah Covid-19, Munculnya Sosok Mirip Ki Lurah Semar di Erupsi Gunung Merapi Pun Viral

1. Dusun Jaban, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Yogyakarta

dusun jaban

2. Desa Bulus, Tempel, Sleman, Yogyakarta

Desa bulus

3. Desa Panggeran, Pakem, Sleman, Yogyakarta

desa panggeran

4. Dusun Sukunan, Desa Banyuraden, Gamping, Sleman

dusun sukunan

5. Dusun Pringwulung, Condongcatur, Depok, Sleman

dusun pringwulung

6. Dusun Tekik, Desa Temuwuh, Kec.  Dlingo, Bantul

 

dusun tekik

7. Dusun Jongke Kidul, Desa Sendangadi, Mlati, Sleman

dusun Jongke kidul

8. Dusun Randu, Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman

 

dusun randu

Nah, itulah daftar kampung atau dusun di Jogja yang menerapkan lockdown mandiri. Selain daftar di atas, ada beberapa kampung lainnya juga yang melakukan aksi Lockdown Mandiri sebagai upaya memutus penyebaran virus Corona atau virus covid-19.

Seperti yang kita tahu, pasien virus Corona di Jogja kini sudah menyentuh angka 20 lebih. Mari kita berdoa sama-sama semoga yang sakit lekas disembuhkan, virus Corona segera hilang, dan kita semua bisa kembali beraktivitas dengan tenang. Amiin..

Btw, kampung kamu ikut lockdown mandiri juga ngga nih?

Ingat, jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan ya teman-teman.

 

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.